Widget HTML Atas

PENYEBAB KARBURATOR MOTOR BANJIR DAN CARA MENGATASINYA

Karburator motor banjir-Masalah pada sebuah motor memang banyak sekali,apalagi motor memang sudah memiliki masa pakai yang terlalu lama alias motor tua.Biasanya setelah masalah satu selesai timbul masalah lagi di bagian lagi.Dan biasanya yang menjadi masalah pada umumnya ada di bagian karburator.

Karburator sendiri merupakan salah satu komponen yang mendukung sistem pembakaran.Apabila terjadi masalah,maka tentu saja akan mengakibatkan performa mesin menjadi tidak optimal.

Masalah yang terjadi pada motor yang usianya tua biasanya di karenakan karburator banjir.Dan apabila dibiarkan terus menerus tentu saja akan membuang bahan bakar secara percuma.Karburator motor banjir sendiri sebenarnya banyak disebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhinya,untuk lebih jelasnya kita simak saja beberapa informasi di bawah ini.

CIRI-CIRI KARBURATOR MOTOR BANJIR


Sebelum anda mengetahui penyebabnya,terlebih dahulu anda harus mengetahui ciri-ciri karburator motor banjir agar anda bisa mendeteksinya apabila mengalami hal seperti ini.

  • Knalpot akan mengeluarkan bau bahan bakar
  • menyebabkan mesin susah untuk dihidupkan dan mengalami brebet.
  • Konsumsi bahan bakar menjadi boros
  • Bahan bakar menetes dari saluran ventilasi karburator

PENYEBAB KARBURATOR BANJIR


Yang menjadi salah satu penyebab karburator banjir biasanya teŕjadi masalah pada bagian pelampungnya. Fungsi dari pelampung sendiri adalah menampung bahan bakar dari tangki sekaligus menjaga agar tekanan bahan bakar tetap 1 atm.Sedangkan sistem kerjanya adalah memanfaatkan needle valve yang digerakkan oleh sebuàh pelampung.

Artinya apabila ruang pelampung kosong,maka needle valve akan terbuka sehingga bahan bakar akan turun dari tangki masuk menuju ruang pelampung.Setelah ruang pelampung ini terisi penuh maka needle valve akan menutup saluran masuk bahan bakar ke ruang pelampung.

Sehingga apabila pelampung mengalami kerusakan tentu saja bahan bakar bisa mengalir terus sehingga mengakibatkan karburator menjadi banjir.

Selain pada bagian pelampung,biasanya terjadi karena baut pembuangan yang waktu pemasangannya tidak terlalu kencang sehingga bisa menyebabkan menyebabkan karburator banjir.Cara mengatasinya pun cukup mudah sekali untuk hanya tinggal mengencangkan saja baut pembuangannya.

PENYEBAB KARBURATOR MOTOR BANJIR DAN CARA MENGATASINYA


CARA MENGATASI KARBURATOR MOTOR BANJIR


Cara mengatasi karburator motor banjir yaitu

  • Lakukan penengecekkan dibagian pelampungnya
  • Apabila kondisi pelampungnya masih bagus,lakukan penyetelan pada bagian needle valve

PENYEBAB KARBURATOR MOTOR BANJIR DAN CARA MENGATASINYA
  • Perhatikan pada saat melakukan penyetelan,lakukan secara perlahan-lahan hingga permukaannya rata dan tidak terjadi kebocoran.
  • Apabila telah selesai pasang kembali seperti semula.


PENYEBAB KARBURATOR MOTOR BANJIR DAN CARA MENGATASINYA


Perlu anda ketahui juga bahwa setelah anda mengendari sepeda motor alangkah baiknya anda segera menutup keran bahan bakar untuk menghindari karburator motor banjir.

Demikian beberapa informasi mengenai penyebab karburtor motor banjir dan cara mengatasinya,semoga bisa membantu anda dalam mengatasi masalah karburator yang terjadi pada motor anda,sekaligus menambah wawasan pengetahuan untuk anda.


salam,antonkevas.com👍👍


antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com