Widget HTML Atas

4 PENYEBAB REFLEKTOR LAMPU MELELEH [INGAT]

Lampu merupakan salah satu bagian dari sebuah kendaraan,berfungsi untuk menerangi didalam / sedang melakukan perjalanan (khususnya di malam hari ).Namun dengan seiringnya waktu,lampu sebuah kendaraan wajib dinyalakan setiap kali kita berkendara.

Dan tentang penggunaan lampu utama tertuang dalam Pasal 107 undang-undang N0 22 tahun 2009 ''UU LLAJ'' yang berbunyi:

  1. Pengemudi kendaraan bermotor wajib menyalakan lampu utama kendaraan bermotor yang digunakan di jalan pada malam hari pada kondisi tertentu
  2. Pengemudi sepeda motor selain mematuhi ketentuan sebagaiman dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari

Akibat dari perundangan tersebut secara langsung akan membuat sepeda motor akan menyalakan lampu utamanya setiap kali digunakan.Tentu saja hal ini bisa mengakibatkan salah satu komponen penerangan lampu akan mengalami masalah baik di bagian saklar,bohlam maupun pada bagian reflektornya sendiri.

Yang menjadi salah satu pokok permasalahan yang akan kita bahas adalah penyebab reflektor lampu meleleh.Kejadian reflektor lampu meleleh tentu saja pernah dialami oleh salah satu teman atau bahkan anda sendiri yang mengalaminya.


4 PENYEBAB REFLEKTOR LAMPU MELELEH [INGAT]


PENYEBAB REFLEKTOR LAMPU MELELEH

Ada yang menjadi penyebab yang akan membuat reflektor lampu akan mengalami meleleh.

1.MENGGUNAKAN BOHLAM LAMPU YANG TIDAK SESUAI STANDART PABRIK

Banyak sekali para pemilik melakukan pergantian lampu standartnya dengan lampu after market,dengan alasan agar nyala lampu lebih terang.Namun yang terjadi malah sebaliknya,timbul masalah reflektor lampu meleleh akibat panas lampu bohlam after market lebih tinggi.

Lakukan pergantian bohlam lampu sesuai standart yang dianjurkan saja,selain komponen mika lampu tidak cepat rusak juga akan membuat masa pakai aki lebih awet.Juga bagaimana caramengatasi lampu depan mati.

2.KACA MIKA REFLEKTOR TERTUTUP BARANG

Kebiasaan para pemiliki kendaraan memasang sticker transparan pada mika lampu justru akan membuat proses pendinginan suhu pada reflektor menjadi terhalangi ketika motor anda di matikan setelah di pakai.

Akibatnya sirkulasi udara sebagai media untuk mendinginkan tidak bekerja dengan optimal.Sebaiknya biarkan mika reflektor lampu motor anda sesuai standart yang dianjurkan saja,jangan memodifikasi dengan menambah stiker transparan.

3.TERDAPAT PENGHALANG PADA SAAT MEMANASKAN MOTOR

Lakukan pemanasan motor pada area yang terbuka,area yang dimaksud adalah area yang ada didepan lampu utama tidak terhalangi seperti tembok,pohon atau sebagainya.

Karena apabila terhalangi,tentu saja cahaya lampu motor akan dipantulkan kembali ke arah lampu dan suhu pada reflektor motor akan meningkat sehingga reflektor bisa meleleh.

4.MELAKUKAN KEBIASAN MEMBERSIHKAN MIKA REFLEKTOR KETIKA MEMANASKAN MOTOR

Memanaskan motor memang sebuah hal baik untuk dilakukan,namun ada hal yang tidak boleh anda lakukan ketika memanaskan sambil membersihkan mika reflektor lampu.

Karena tindakan seperti ini justru akan menutupi mika reflektor dan apabila dalam kondisi yang cukup lama akan membuat suhu pada reflektor akan naik.Hal inilah yang bisa menjadi penyebab reflektor lampu meleleh.

CARA MEMPERBAIKI REFLEKTOR MELELEH

Apabila kondisi reflektor lampu meleleh,tentu saja anda harus segera melakukan tindakan perbaikan agar tidak terjadi kerusakan yang berdampak pada komponen pedukung lainnya.

Langkah-langkah dalam memperbaiki reflektor

1.Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

Beberapa yang perlu disiapkan antara lain
  • obeng
  • tang
  • solasi 
  • gunting
  • kabel 
  • bohlam baru
2.BUKA KAP LAMPU PADA MOTOR

Pastikan motor anda dalam keadaan mati,kemudian buka kap lampu motor dengan menggunakan obeng yang telah disiapkan.Lepaskan bohlam lampu dari fiting lampu.

3.PROSES PERBAIKAN

Setelah kap lampu terbuka,maka akan terlihat bebrapa kabel yang terhubung ke arah ke fiting lampu.Pastikan dan cek apakah ada kabel yang mengalami konslet,biasanya kabel tersebut akan berwarna hitam gosong.Potong kabel yang terbakar tersebut ganti dengan kabel yang baru dan tutup dengan isolasi.

4.LAKUKAN PERGANTIAN REFLEKTOR 

Kerusakan reflektor yang terlalu parah tentu langkah yang paling tepat adalah mengganti dengan reflektor yang baru.Namun apabila tidak terlalu parah anda tetap bisa menggunakannya.Lakukan pergantian bohlam bila diketahui dalam keadaan putus.

Pastikan juga kabel-kabel yang mendukung dalam keadaan aman,untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Dengan memngetahui penyebab reflektor lampu meleleh dan cara memperbaikinya,diharapkan akan memudahkan dalam melakukan perawatan motor kesayangan anda.


salam,👍👍
antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "4 PENYEBAB REFLEKTOR LAMPU MELELEH [INGAT]"