Widget HTML Atas

11 Penyebab Motor Mati Mendadak Saat Mesin Panas Serta Solusinya

Pernah mengalami tiba-tiba mesin motor anda panas dan mati/mogok?pasti anda merasa kesal dibuatnya,apalagi lagi berboncengan dengan sang pacar.Tentu saja akan bertambah panik lagi ketika anda tidak tahu penyebabnya dan ditambah lagi tidak ada bengkel motor yang terdekat.

Alhasil perasaan kesal bercampur aduk,sambil anda mendorong motor mencari bengkel motor yang masih buka.Penyebab motor mati mendadak saat mesin panas terdapat beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya.

OLeh karena itu antonkevas.com telah merangkum beberapa hal yang menjadi sumber penyebabnya,sehingga bisa sedikit membantu anda apabila mengalami hal seperti ini.


11 Penyebab Motor Mati Mendadak Saat Mesin Panas Serta Solusinya





            Penyebab Motor Mati Saat Mesin Panas

Motor mati mendadak secara umumnya penyebabnya bisa diakibatkan karena busi motor yang mati atau kehabisan bahan bakar serta beberapa penyebab yang lain.Nah dibawah ini adalah beberapa yang biasanya menjadi seumber penyebabnya:

    1.Kehabisan Bahan Bakar

Kejadian seperti ini sering sekali kita jumpai ketika kita sedang mengendarai sepeda motor.Hal ini bisa disebabkan karena indikator bahan bakar pada motor anda mati atau rusak.

Atau bisa saja anda sendiri yang menunda-nunda untuk mengisi bahan bakar,padahal anda sendiri sudah tahu bahwa bahan bakar yang berada di tangki sudah mau habis.

Tindakan seperti ini bisa berbahaya,apalagi bagi anda yang menggunakan motor yang berbasis injeksi.Hal ini akan memicu kerusakan pada pompa bahan bakarnya.

    2.Menggunakan Bahan Bakar Oktan Rendah

Menggunakan bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah,tentu akan memicu timbulnya kerak dibagian head silinder.Kerak yang timbul adalah akibat tidak terbakar dengan sempurnanya bahan bakar.Jadi pastikan anda menggunakan sesuai bahan bakar yang dianjurkan oleh pabrikan merk motor anda.

    3.Busi Kotor Sehingga Menyebabkan Busi Menjadi Mati

Busi yang kotor tentu saja akan menimbulkan motor anda menjadi brebet.Untuk mengeceknya anda harus membuka busi dan melakukan pengujian.Anda bisa melakukan pengujian dengan memasangkan busi di cop,kemudian dekatkan dengan body/massa sambil melakukan starter motor anda.Apabila nyala percikan api busi biru berarti busi dalam kondisi baik,namun apabila nyala busi berwarna merah tanda busi anda kotor.Anda bisa membersihkan atau mengganti dengan busi yang baru.

    4.Kabel Busi atu Cop Busi Bermasalah

Tanpa kita sadari kabel busi atau cop busi sendiri bisa mengalami kerusakan,maka hal ini akan membuat busi tidak dapat mengeluarkan percikan api sehingga motor akan mati.

    5.Karburator Motor anda Kotor

Anda tidak pernah atau bahkan jarang sekali melakukan perawatan pada bagian karburator.Tentu saja karburator pada motor anda menjadi kotor terutama dibagian main jet bisa terjadi mampet.Bila hal ini terjadi makan bahan bakar tidak akan mengalir dan ujung-ujungnya motor menjadi mati mendadak.

    6.Filter Udara Kotor

Filter udara yang sudah terlalu lama tanpa dilakukan pembersihan bahkan penggantian bisa mengakibatkan kotoran akan masuk ke dalam karburator sehingga menyebabkan motor menjadi mogok.

    7.Koil  dan Pulser Mengalami Masalah

Selain busi menjadi penyebabnya ternyata di bagian koil dan pulser bisa menjadi pemicunya.Hal ini biasanya terlihat dengan jelas apabila mesin mengalami panas motor akan susah sekali dinyalakan kembali dan biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama.

    8.Overheat pada Mesin

Anda terlalu memaksakan memacu motor anda terlalu lama,sehingga bisa membuat sirkulasi oli menjadi kurang optimal dan terjadi penyumbatan di saluran oilnya.Apabila hal ini terjadi maka piston dan ring menjadi macet dan mesin akan berhenti mendadak.

    9.Setingan Klep Tidak Tepat

Penyebab mesin menjadi panas bisa juga disebabkan setingan klep yang kurang pas.Jika setelan klep terlalu rapat biasanya akaselari motor akan berkuarang dan mesin akan cepat sekali panas.Oleh sebab itu alangkah baiknya melakukan setelan klep sesuai aturan yang dianjurkan sehingga tidak mempengaruhi kinerja mesin.

   10 .Ventilasi Tangki Tersumbat

Pada tutup tangki biasanya terdapat sebuah celah kecil,celah kecil tersebut berguna sebagai ventilator.Jika ventilator ini mampet maka tidak terjadi pertukaran udara dan bahan bakar pun tidak akan mengalir.

    11.Tidak Pernah Melakukan Service Rutin

Pentingnya melakukan service secara rutin adalah untuk menghindari terjadinya kerusakan pada mesin motor anda.Perlu anda ketahui bahwa melakukan service rutin adalah wajib hukumnya.Anda bisa melakukan perawatan minimal 2 bulan sekali.

        Cara Mengatasi Motor Mati Mendadak

Motor mati secara mendadak bisa saja terjadi pada motor matic,misal saja motor vario 110 mesin mati secara mendadak dan berikut adalah tips cara mengatasi motor vario 110 mati secara mendadak yang bisa sobat lakukan.

1.Pastikan tangki Bahan Bakar selalu terisi dan Gunakan oktan tinggi

Hal ini sebetulnya sering diabaikan oleh pengendara sepeda motor dan bahkan sampai habis terlebih dahulu baru mengisi kembali bahan bakarnya.Gunakan oktan yang tinggi sehingga pembakaran menjadi lebih sempurna dan tidak menimbulkan sisa pembakaran.Selain itu pastikan ada tidaknya kedipan lampu mil,apabila ada baca dan lakukan anasila apakah harus dilakukan dengan tindakan cara reset ecu (bila mesin vario sudah menggunakan sistem inejksi ).

2.Cek Percikan Listrik di Koil

Langkah pertama yang anda bisa lakukan adalah dengan melakukan pengujian kabel koil dan busi apakah mengalir aliran listriknya.Apabila diketahui busi atau koil yang bermasalah anda bisa langsung segera menggantinya.Dan apabila anda merasa bingung bisa meminta bantuan bengkel atau teknisi.

3.Periksa kondisi Karburator/injektor beserta filter udara Secara Rutin

Anda bisa melakukan pembersihan karburator beserta filter udara secara rutin minimal 2 bulan sekali.Dan jangan lupa juga melakukan service dibagian lainnya seperti tips ganti oli motor dan cara membersihkan karburator motor.

4.Seting Setelan Klep sesuai Standart Pabrik

Lakukan penyetelan setelan klep secara ulang,jangan terlu rapat dan jangan pula terlalu renggang.Gunakan ukuran sesuai standart pabrikan merk motor yang anda pakai.Lakukan penyetelan ketika mesin dalam kondisi dingin.

5.Pastikan Lubang Ventilasi Tangki dalam keadaan Bersih

Gunakan alat bantu kompresor untuk membantu memastikan ventilasi pada tutup tangki bersih.Agar tidak ada kotoran yang menempel dan mengakibatkan terjadi penyumbatan.

Demikian 11 penyebab motor mati mendadak saat mesin panas beserta solusinya,semoga bisa membantu dan meringankan masalah yang terjadi pada motor anda.Lakukanlah service secara rutin agar hal ini tidak terjadi pada motor anda.



salam,antonkevas.com👍👍


antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "11 Penyebab Motor Mati Mendadak Saat Mesin Panas Serta Solusinya"