Widget HTML Atas

Cara Gampang Mengatasi Injektor Yang Mampet

Laju perkembangan tekhnologi saat ini juga sudah merambah didunia otomotif,yakni adanya perubahan dari sistem karburator beralih ke sistem injeksi.Sistem injeksi sendiri membuat pencampuran bahan bakar dan udara menjadi lebih sempurna sehingga mengakibatkan pembakaran menjadi lebih maksimal.Namun akan menjadi hal yang berbeda apabila terjadi injektor mengalami mampet.

Injektor sendiri berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar,sehingga apabila tersumbat maka suplai bahan bakar menjadi berkurang.Tentu saja ada penyebabnya yaitu terjadi penyumbatan di bagian lubang injektor.Penyumbatan pada injektor biasanya disebabkan oleh beberapa hal yaitu:

  • Karat pada injektor
  • Timbal akibat jarang dilakukan perawatan
  • Kotoran dari bahan bakar

Cara Gampang Mengatasi Injektor Yang Mampet


Untuk mengatasi masalah tersumbatnya injektor sebenarnya sangat gampang sekali.Bahkan tindakan mengatasi hal ini bisa dilakukan dirumah tanpa harus membawa ke bengkel terdekat.

Berikut adalah beberapa trik yang bisa anda lakukan,antara lain:

1.Dengan cara di injek dan disemprot

Yaitu dengan menggunakan cairan khusus yang mampu menghilangkan kotoran tanpa merusak komponen injektor itu sendiri.Namun apabila terdapat kotoran yang susah sekali dibersihkan,bisa dengan melakukan penyemprotan dengan bantuan kompresor.

2.Dengan cara menusuk - nusuk dibagian lubang

Cara ini terbilang sangat ampuh,namun ada sisi negatifnya yaitu pemakaian bahan bakar menjadi lebih boros.Caranya sangat gampang sekali anda tetap menggunakan cairan khusus yang biasanya digunakan untuk membersihkan dan gunakan alat bantu jarum untuk menusuk dibagian lubangnya.


Cara Gampang Mengatasi Injektor Yang Mampet


Gunakan jarum yang besarnya sama dengan diameter lubang injektor,langkah ini untuk mengantisipasi bahan bakar agar tidak menjadi boros.

Semua langkah diatas dilakukan dengan melihat secara langsung ke injektor dan juga melakukan pengujian injektor dalam menyemprot.Selain itu untuk mengecek dibagian fuel pump,sedangkan untuk melakukan perbaikan fuel pump bisa di lihat pada Cara Memperbaiki Pompa Bahan Bakar Pada Motor Injeksi.

Kedua cara diatas bisa menjadi salah satu solusi anda dalam mengatasi injektor yang mampet.Selain itu anda juga tidak akan mengeluarkan biaya yang lebih.Namun bagi anda yang tidak paham dunia perbengkelan sama sekali,alangkah lebih baik meminta bantuan ke bengkel terdekat saja.


Salam,antonkevas.com👍👍



antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Cara Gampang Mengatasi Injektor Yang Mampet"