Widget HTML Atas

Cara Memperbaiki Pompa Bahan Bakar Pada Motor injeksi

 Apakah yang dimaksud pompa bahan bakar?
Pompa bahan bakar atau yang biasa juga disebut fuel pump yaitu salah satu komponen yang terdapat didalam sebuah kendaraan yang berfungsi memompa bahan bakar dari tangki bahan bakar.

Komponen ini biasanya terdapat pada motor yang sudah menggunakan sistem injeksi.Cara kerja pompa bahan bakar ini yakni ketika kontak dalam keadaan ON,maka pompa akan langsung bekerja dan biasanya ditandai dengan bunyi berdengung.

Dan dari tangki motor tersebut bahan bakar akan disalurkan lewat selang bahan bakar menuju injektor.Nah dari injektor inilah bahan bakar akan dikabutkan,maka ketika starter motor anda di nyalakan maka motor akan langsung menyala.

Oleh karena itu pompa bahan bakar merupakan salah satu alat yang cukup vital perannya dan tentu saja akan menimbulkan masalah apabila di bagian ini mengalami kerusakan.

Cara Memperbaiki Pompa Bahan Bakar

Sebelum melakukan perbaikan,tentu saja kita harus mengetahui masalah penyebabnya terlebih dahulu.Berikut biasanya yang menjadi ciri -ciri fuel pump mengalami kerusakan:

1.Tekanan fuel pump dibawah standart

Untuk memastikan bahwa tekanan pompa dibawah standart,biasanya di gunakan sebuah alat bantu yang diberi nama Presure gauge.Untuk pompa bahan bakar yang standart tekanannya berkisar di angka 270 - 310 kpa.Jadi apabila diukur menggunakan presure gauge,angkanya dibawah tekanan standart berarti fuel pump dalam kondisi rusak.

2.Presure Regulator rusak

Presure regulator atau yang biasa dikenal dengan nama Rotak.Komponen ini dapat juga disebut dengan mesin pompa ( dalam istilahnya ).

Apabila terjadi kerusakan dibagian presure regulator,solusi yang baik dilakukan penggantian secara lengkap yaitu 1 set fuel pump.Namun berhubung harganya lumayan mahal,biasanya para mekanik hanya mengganti di bagian rotaknya saja.Alasan ekonomis menjadi pertimbangannya karena harganya tentu lebih murah.

Penggantian dengan cara ini banyak diberlakukan pada semua motor injeksi,jadi tidak sulit untuk mencari komponen rotak tersebut.Namun tentu saja anda harus benar-benar selektif dalam memilih merk,karena bisa saja rotak yang anda beli spesifikasinya dibawah standart yang dianjurkan.

Langkah - langkah yang dilakukan

  • Untuk semua motor matic yang sudah menggunakan injeksi cara yang di lakukan hampir sama walaupun ada beberapa yang berbeda.
  • Siapkan beberapa alat yang di butuhkan yakni : obeng (+),obeng (-) serta kunci T10 mm
  • Buka penutup atau cover tangki dengan menggunakan obeng (+) dan lepaskan.
  • Apabila cover tangki sudah terbuka,maka akan terlihat pompa bahan bakar biasanya berwarna putih.
Cara Memperbaiki Pompa Bahan Bakar Pada Motor injeksi


  • Lepas soket kabel yang menuju ke fuel pump dengan cara sedikit menekan dibagian tengah soket tersebut,kemudian tariklah keluar.
  • Lalu lepaskan juga selang bahan bakar,yaitu cukup dengan menekan bagian yang berwarna hijau muda
  • Selanjutnya melepas fuel pump dengan mencopot ke 4 baut dengan kunci T10.Keluarkan dengan hati-hati karena biasanya akan menabrak dibagian tangkinya.
Cara Memperbaiki Pompa Bahan Bakar Pada Motor injeksi


  • Setelah terlepas,lepaskan ke 4 kabel kecil .Perhatikan warna kabelnya agar pemasangannya tidak terbalik.






Cara Memperbaiki Pompa Bahan Bakar Pada Motor injeksi

  • Buka cover penutup rotak dengan menggunakan obeng (-)

Cara Memperbaiki Pompa Bahan Bakar Pada Motor injeksi



  • Pasang rotak yang baru,pastikan kabel kecilnya terpasang dengan benar dan pasang kembali seperti semula.
Cara Memperbaiki Pompa Bahan Bakar Pada Motor injeksi



  • Ukur dengan presure gauge tekanannaya.
Cara Memperbaiki Pompa Bahan Bakar Pada Motor injeksi



  • SELESAI.
Demikian cara memperbaiki pompa bahan bakar pada motor injeksi dengan mudah.Semoga bisa membantu menyelesaikan masalah pada motor anda.

salam,antonkevas.com👍👍


antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Cara Memperbaiki Pompa Bahan Bakar Pada Motor injeksi"