Widget HTML Atas

7 Perilaku Buruk Yang Membuat Mobil Cepat Rusak

Mobil untuk saat ini sudah tidak menjadi barang mewah lagi,itu terlihat dari banyaknya pemilik kendaraan baru(mobil)baik didaerah pedesaan maupun kota.Namun bagi sobat yang ingin membeli mobil baik baru maupun bekas,sebaiknya mengetahui terlebih dahulu 7 perilaku buruk yang membuat mobil cepat rusak.

7 Perilaku Buruk Yang Membuat Mobil Cepat Rusak


Karena seperti yang sobat ketahui bahwa merawat sebuah mobil tidaklah segampang merawat motor.Apabila terjadi kerusakan komponen di bagian mobil,tentu saja harga spare partnya lebih mahal 2-3 x lipat harga spare part motor.

Jadi sayang sekali bukan????

Oleh karena itu,kita simak saja beberapa perilaku buruk yang membuat mobil cepat rusak dibawah ini.

1.JARANG MELAKUKAN SERVICE SECARA RUTIN

Performa dari sebuah mobil memang ditentukan oleh banyak faktor,salah satunya adalah mesin mobil itu sendiri.Namun apabila beberapa perawatan seperti ganti oli,pembersihan karburator mobil jarang dan bahkan sama sekali tidak dilakukan tentu saja akan membuat performa mesin menjadi menurun dan rusak.

2.KURANG MEMPERHATIKAN KONDISI BAN

Walaupun komponen ban tidak memiliki perawatan yang cukup ekstra,namun pada kenyataannya ban mampu mempengaruhi performa sebuah mobil.Dan apabila kondisi ban yang sudah tidak layak pakai masih saja dipergunakan,bisa saja malah akan mengakibatkan terjadinya ban slip dan kecelakaan.

3.MENGINJAK PEDAL GAS SECARA MENDADAK

Dengan menginjak pedal gas secara mendadak atau spontan bisa membuat mesin bekerja dengan ekstra keras dalam waktu sekejap.Apabila hal ini sering sekali sobat lakukan,maka akan membuat beberapa komponen didalam mesin menjadi cepat rusak.Disamping itu juga konsumsi pemakaian bahan bakar minyak akan menjadi lebih boros.

4.SERING MELAKUKAN REM SECARA MENDADAK

Selain menginjak pedal gas secara mendadak,perilaku melalukan rem secara mendadak juga sangat tidak dianjurkan sama sekali.Apabila sobat terus-terusan melakukan tindakan seperti ini maka akan mempercepat usia kampas rem menjadi cepat habis.Melajulah dengan kecepatan yang stabil dan lakukan pengereman dari jarak yang cukup jauh dari titik pemberhentian.

5.SERING MENGGUNAKAN GIGI NETRAL DI JALAN MENURUN

Mengapa hal ini sangat tdak diperbolehkan?? akan berpotensi terjadinya slip sehingga akan membahayakan bagi si pengemudi serta penumpang yang ada didalamnya.Karena jika menggunakan gigi netral pada saat menurun,mobil akan melaju dengan cepat.Maka akan mengakibatkan kesulitan dalam melakukan rem dan juga akan kesulitan dalam mengendalikan kendaraan.Perlu diingat ketika dalam menurun tetap menggunakan gigi terendah.

6.SERING MENAHAN KOPLING PADA SAAT KONDISI MACET

Bagi sobat yang bertempat tinggal dan bahkan bekerja di wilayah perkotaan pasti sudah tidak asing lagi dengan kemacetan.Bahkan untuk menempuh jarak yang lumayan dekat saja membutuhkan waktu 1-2 jam.Bayangkan saja berapa kali sobat menginjak kopling atau bahkan menahannya sampai waktu yang cukup lama.Imbas dari kejadian tersebut akan membuat kampas kopling menjadi cepat habis.

7.SERING LUPA MEMATIKAN LAMPU KABIN

Lampu kabin yang menyala secara terus menerus  tentu saja membutuhkan aliran listrik didalamnya.Hal ini akan membuat tenaga cadangan aki menjadi habis.Karena aliran cadangan listriknya digunakan secara terus menerus tanpa diimbangi dengan pengisian daya aki.

Demikian 7 perilaku buruk yang membuat mesin mobil cepat rusak.Ingat jangan pernah lakukan 7 hal tersebut agar mesin mobil sobat tetap awet serta nyaman untuk dikendarai.

Sebagai rekomendasi supaya mesin tetap awet lakukan seperti di bawah ini.

  • Mengganti oli mesin secara rutin berkala


antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "7 Perilaku Buruk Yang Membuat Mobil Cepat Rusak"