Widget HTML Atas

Advertisements

9 CARA MEMBERSIHKAN RADIATOR MOBIL DENGAN MUDAH

Cara membersihkan radiator mobil-Sebagai bagian dari alat transportasi massal di kalangan masyarakat tanah air tentu saja mobil menjadi pilihan no 1.Mobil yang memiliki kabin yang luas dan memiliki karakter mesin yang awet menjadi pilihan para pemilik kendaraan.Tentu menjadi hal yang tidak mudah bagi anda yang tidak tahu cara merawat mesin mobil yang baik dan benar.

Kalau terus menerus mengandalkan tenaga bengkel tentu saja akan menambah masalah keuangan anda.Mungkin bagi orang yang berduit melakukan perawatan dibengkel bukanlah suatu hal yang sulit dilakukan,namun beda halnya dengan orang yang pas berkecukupan saja tentu akan memutar akalnya.Baca juga Cara Menambal Radiator Mobil Bocor

Dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan tips cara membersihkan radiator mobil dengan mudah yang tentu saja pas bagi anda yang suka melakukan perawatan mobil secara mandiri tanpa harus mengandalkan tenaga bengkel.Membersihkan radiator mobil sendiri bukanlah suatu hal yang sulit dilakukan secara mandiri di rumah.

Sebelum melakukan cara pembersihan anda juga harus mengetahui bagian-bagian dari radiator terlebih dahulu.Radiator terdiri dari 3 bagian yaitu upper tank,lower tank dan core tank.Radiator sendiri menggunakan cairan khusus seperti radiator collant,air ini memiliki nilai kandungan yang cocok sehingga mengurangi kandungan kerak dibanding dengan air biasa.Oke kalau begitu kita simak saja cara membersihkan radiator mobil dengan mudah berikut ini 👇👇


9 CARA MEMBERSIHKAN RADIATOR DENGAN MUDAH


CARA MEMBERSIHKAN RADIATOR MOBIL


1. Cara membersihkan radiator mobil dengan deterjen

Pertama-tama, kuras lebih dulu air yang ada pada radiator. Caranya dengan membuka tutup serta keran yang ada di bagian bawah radiator mobil. 

Setelah semua air terkuras, isi kembali radiator dengan air bersih. Campurkan deterjen ke dalam air tersebut. Jangan lupa untuk tutup kembali keran radiator agar airnya tidak keluar. 

Nyalakan mesin, tunggu sampai termostat terbuka. Kemudian, jika sudah terbuka, buanglah air yang sudah dicampurkan deterjen dari radiator. Lakukan langkah ini secara berulang sampai warna air menjadi jernih. 

2. Membersihkan radiator mobil dengan cuka

Selain dengan deterjen, kamu juga bisa memanfaatkan cuka untuk membersihkan radiator mobil yang sudah kotor. Sama seperti dengan deterjen, pertama-tama kamu harus lebih dulu menguras air pada radiator.

Setelah itu, isi tangki radiator dengan air bersih. Tapi, cukup isi air setengah tangki saja. Setengahnya lagi diisi dengan satu galon cuka putih yang berukuran kurang lebih 4,5 liter. 

Tutup kembali radiator dan nyalakan mesin, lalu tunggu sampai termostat terbuka. Biarkan air cuka di dalam radiator hingga satu malam. Kemudian, air cuka tersebut bisa dikeluarkan kembali. 

3. Cara membersihkan radiator mobil dengan coca-cola

Ada juga cara cuci radiator mobil menggunakan minuman bersoda seperti coca-cola. Coca-cola cocok untuk membersihkan radiator yang sudah berkarat. 

Penggunaan coca-cola bisa dilakukan untuk membersihkan radiator mobil tanpa bongkar. Kamu cukup membuka tutup radiator, menguras air di dalamnya, kemudian mengisi tangki radiator dengan coca-cola.

Nyalakan mesin hingga termostat terbuka, lalu buang kembali air coca-cola yang ada di dalam tangki tersebut setelah selesai dibersihkan. 

4. Cara membersihkan radiator mobil dengan sitrun

Jika ingin cara yang lebih alami, ada juga cara membersihkan kerak radiator mobil dengan menggunakan sitrun. Sitrun sendiri merupakan serbuk asam sitrat yang berasal tanaman atau buah yang sejenis jeruk.

Cara Menguras Radiator Mobil

1.PERSIAPKAN PERALATAN YANG DIBUTUHKAN

Sebelum melakukan cara membersihan radiator mobil tentu saja kita harus mempersiapkan alat dan bahan yang nantinya akan dibutuhkan dalam proses pembersihan radiator.Bahan yang perlu dipersiapkan yaitu air bersih,collant radiator dan air radiator biasa.Hal ini biasanya banyak diabaikan oleh kebanyakkan orang hanya langsung bongkar saja.

2.BUKA KAP DAN TUTUP RADIATOR

Cara membersihkan radiator mobil yang pertama adalah anda harus membuka kap mesin mobil terlebih dahulu.Kemudian buka tutup radiator terlebih dahulu dan pastikan mesin mobil dalam keadaan mati.Jangan sekali-kali membuka tutup radiator ketika mesin dalam kondisi panas karena itu sangat berbahaya sekali.

3.MENGURAS AIR RADIATOR

Anda bisa menguras air radiator dengan membuka kran yang ada dibawah tangki radiator,apabila anda sulit menenmukannya bisa dengan melalui selang,tentu anda harus melepas selang yang menuju ke mesin dahulu.Pastikan air didalam tangki radiator benar-benar kosong.

4.BERSIHKAN SELANG AIR RADIATOR

Jangan lupa pula untuk membersihkan selang air radiator dengan melakukan penyemprotan ke arah selang sehingga kotoran akan ikut terbuang.Karena selang air yang kotor bisa menimbulkan kerak didalam mesin mobil.

5.BERSIHKAN BAGIAN CORE RADIATOR

Bagian core tank atau juga disebut dengan bagian inti radiator,pembersihannya dengan melakukan pengisian air di radiator.Dan pastikan air yang keluar dalam keadaan bersih tidak ada kotoran.Kita harus benar teliti dalam menggunakan air untuk mengisi di radiator,sebaiknya menggunakan air galon bila tidak ada collant radiator.Jangan menggunakan air sumur karena seperti yang anda ketahui bahwa air sumur bisa mengandung kandungan kapur yang nanti akan menimbulkan kerak.

6.HIDUPKAN MESIN UNTUK MENGURAS AIR RADIATOR

Pada saat keluar air sudah benar bersih maka cara pembersihan radiator yaitu dengan menghidupkan mesin tentu saja setelah tutup tangki sudah terpasang kembali.Panaskan mesin hingga sekitar 15 menit,tunggu hingga termostat naik ke posisi tengah.Pastikan keluaran air radiator bersih dan lancar dan tidak membawa kotoran.Jika sudah kosong matikan mesin dan tunggu hingga mesin kembali dalam kondisi dingin.

7.LAKUKAN BERULANG KALI AGAR BENAR-BENAR BERSIH

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal anda harus mengulangi beberapakali.Jika hanya asal-asalan maka sama saja dengan membuang waktu anda tanpa mendapatkan hasil yang maksimal.Tujuannaya agar air mengalami sirkulasi dan air sisa cairan pembersih ikut keluar.

8.TUTUP KRAN DAN PASANG KEMBALI SELANG RADIATOR

Jika tanki dan selang air sudah dalam keadaan bersih langkah selanjutnya dengan memasang kran dan selang air ke mesin.Kemudian isi tangki radiator secara penuh dan usahakan dicampur dengan collant radiator.Agar air yang mengalir ke mesin jauh lebih baik dan bisa bertahan lama serta mencegah timbulnya kerak.

9.PASTIKAN RADIATOR BEKERJA DENGAN SEMPURNA

Setelah semua langkah diatas sudah dilakukan,langkah selanjutnya pastikan semuanya sudah terpasang pada kondisi yang seprti semula.Lakukan pengecekkan semua bagian yang berhubungan dengan radiator.Hidupkan mesin sebentar untuk memastikan sirkulasi air bekerja dengan baik,dan matikan sebentar mesin dan periksa kondisi air radiator dengan membuka tutupnya.


Cara membersihkan radiator mobil dengan mudah sekali untuk dilakukan sehingga kita mengeluarkan uang untuk membawanya ke bengkel.Lakukan pembersihan secara rutin agar kerak yang ada didalam radiator akan menghilang,tentu performa mesin juga akan selalu terjaga.Lakukan pembersihan setiap 6 bulan sekali.Selain itu juga anda harus mengetahui Cara Merawat Mesin Mobil yang benar.Semoga cara membersihkan raduator mobil dengan mudah diatas bisa bermanfaat bagi anda yang ingin radiator mobilnya selalu terjaga kualitasnya.


antonkevas.com👍
antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
close
Advertisements