Widget HTML Atas

8 Penyakit Yamaha Nmax Serta Cara Mengatasinya

Motor Yamaha Nmax

Selain memiliki fitur canggih yang disematkan pada motor yamaha nmax,sebaiknya sobat juga mengetahui beberapa permasalahan yang biasa terjadi pada motor ini.Dan selengkapnya sudah disajikan secara lengkap oleh antonkevas.com di dalam artikel 8 penyakit yamaha nmax serta cara mengatasinya.Terlebih lagi bagi sobat yang ingin membeli motor nmax second.Hal ini bertujuan agar sobat mengerti dan lebih siap apabila memiliki motor yamaha nmax.

8 Penyakit Yamaha Nmax Serta Cara Mengatasinya


BEBERAPA PENYAKIT YAMAHA NMAX SERTA CARA MENGATASINYA

Berikut adalah yang biasanya terjadi pada maxi scooter matic ini:

1.STANG KEMUDI SERING BERGETAR

Getaran yang sering timbul biasanya terjadi pada awal tarikan ketika baru mulai berjalan.Kondisi seperti ini bisa disebabkan oleh baut Engine Mounting yang mengalami kendor.Cara mengatasinya cukup dengan melakukan penegencangan baut tersebut.Namun bila kenyataannya baut engine mounting tidak terjadi kendor,sobat bisa menggunakan alternativ yang lain yakni seperti penambahan jalu pada stang.

2.TENSIONER DALAM KONDISI LEMAH

Fungsi tensioner adalah untuk menekan rantai keteng.Tensioner yang lemah tentu saja akan menimbulkan suara kasar dibagian mesin Nmax.Apabila hal ini dibiarkan terlalu lama bisa menimbulkan efek masalah yang lebih berat di bagian mesin.Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membawa ke bengkel resmi dan menggantinya dengan tensioner yang baru.Untuk harganya bisa ditebus dengan 135 ribu saja namun bila untuk motor yang baru dan masih memiliki garansi hal seperti ini gratis sepertinya.

3.SPRING TENSIONER RUSAK

Untuk memastikan komponen ini rusak,sebaiknya sobat mengetahui dahulu gejalanya.Dan gejala biasanya terjadi suara berisik ketika rpm motor mencapai 1500 - 9000 rpm.Langkah yang sebaiknya sobat lakukan adalah dengan membawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pergantian part tersebut.Namun bila sobat sudah melakukan pergantian tensioner masalah ini sudah pasti teratasi.

4.NOISE IDLING

Gejalanya sama persis dengan yang terjadi pada spring tensioner,tetapi suara mesin akan berisik pada 1500-4000 rpm saja.Dan ketika lebih dari rpm 4000 suaranya menjadi tenang.Untuk melakukan pengecekkan soabt bisa menggunakan obeng panjang untuk melakukannya.

Selain itu melakukan pengecekkan dibagian v-belt,starter clutch,pulley,bearing arm serta bearing camshaft wajib sobat lakukan.Hal ini untuk memastikan semua komponen dalam keadaan baik.

5.SETTINGAN KLEP

Setelan klep yang terlalu longgar akan membuat suara mesin menjadi lebih berisik.Lakukan penyetelan ulang atau bisa juga dengan mengecek kondisi komponen yang berkaitan dengan klep apakah ada bagian yang sudah aus.Apabila da segera ganti saja agar tidak merembet ke mana-mana.

6.BEARING TRANSMISI

Kondisi bearing transmisi yang sudah aus akan terasa sekali ketika motor sedang berjalan dan biasanya juga disertai suara berisik di bagian gear box belakang.Untuk mengatasinya segera lakukan pergantian bearing transmisi agar tidak menggerus ke bagian gear box.

7.TARIKAN MOTOR BERAT

Banyak faktor yang membuat tarikan motor menjadi berat mulai dari filter udara kotor,roller aus,ijektor mampet dan penyakit lainnya yang berkaitan dengan ECU.Bila ECU rusak,cek kode eror yamaha terlebih dahulu untuk mencari tahu letak permasalahannya.

8.CVT BERGETAR

Banyaknya debu atau kotoran yang menumpuk didalam CVT akan membuat masalah.Oleh sebab itu sangat disarankan untuk melakukan pembersihan CVT dan melakukan pergantian v-belt lengkap beserta roller di 8000 km(pembersihan) dan 24000 km untuk pergantiannya.Untuk cara penggantian v-belt sendiri caranya cukup mudah,tutorial lengkap bisa sobat lihat di Cara mudah ganti v-belt motor matic.

Demikian beberapa permasalah pada motor yamaha nmax second yang di rangkum dalam 8 penyakit yamaha nmax serta cara mengatasinya.Diharapakan setelah sobat membaca artikel inimasalah pada motor sobat bisa teratasi.




antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "8 Penyakit Yamaha Nmax Serta Cara Mengatasinya"