Widget HTML Atas

Hoax atau Fakta Membiarkan Tangki Kosong Membuat Fuel pump Cepat Rusak

 Setiap kendaraan baik sepeda motor bebek/ motor matic maupun mobil hukumnya wajib untuk mengisi bahan bakar.Karena motor maupun mobil pasti tidak akan bisa digunakan apalagi untuk jarak yang jauh.Namun pada kenyataannya banyak sekali pemilik yang mengisi tangki bahan bakarnya menunggu habis terlebih dahulu.Nah apakah Hoax atau fakta membiarkan tangki kosong membuat fuel pump cepat rusak??

Menurut bapak Endro Sutarno selaku Technical Division PT AHM,dengan sering membiarkan tangki dalam keadaan kosong bisa mengakibatkan fuel pump menjadi rusak.Karena dengan membiarkan tangki dalam keadaan kosong,fuel pump akan bekerja menghisap kotoran bahkan karat sehingga cepat rusak.

Untuk lebih jelasnya antonkevas telah menyiapkan beberapa informasi akibat membiarkan tangki dalam keadaan kosong,antara lain sebagai berikut:

1.Timbulnya Endapan Kotoran

Hoax atau Fakta Membiarkan Tangki Kosong Membuat Fuel pump Cepat Rusak


Terlalu sering membiarkan tangki dalam keadaan kosong dapat memicu adanya kotoran yang mengendap.Dan hal ini akan membuat saluran bahan bakar menjadi terhalang.Jadi ketika tangki dalam keadaan kosong,fuel pump akan bekerja menghisap bahan bakar beserta endapan kotoran sehingga terjadi masalah pada fel pump dan rusak.

2.Tangki Berkarat

Hoax atau Fakta Membiarkan Tangki Kosong Membuat Fuel pump Cepat Rusak


Selain timbulnya endapan kotoran,membiarkan tangki dalam keadaan kosong bisa memicu tangki motor berkarat.Karat pada tangki adalah akibat uap atau udara yang berubah menjadi titik-titik air.

3.Fuel pump Mengalami Kerusakkan

Hoax atau Fakta Membiarkan Tangki Kosong Membuat Fuel pump Cepat Rusak


Apabila tangki sering dalam keadaan kosong,maka fuel pump lama kelamaan akan mengalami panas.Akibat panas inilah yang memicu fuel pump menjadi cepat rusak.Perlu sobat ketahui bahwa sifat bahan bakar juga bisa mendinginkan fuel pump.Untuk meminimalisir hal inintidak terjadi,pastikan mengisi ulang bahan bakar ketika tersisa minimal 2 liter.

4.Memicu Kerusakkan di Bagian Lain

Hoax atau Fakta Membiarkan Tangki Kosong Membuat Fuel pump Cepat Rusak


Tak bisa di pungkiri bahwa fuel pump yang rusak dapat memicu komponen bagian lainnya seperti injektor.Injektor biasanya akan mengalami mampet atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.Untuk mengatasi injektor yang mampet,sobat bisa melihat artikel cara mengatasi injektor mampet secara gampang.

5.Bahan bakar Menjadi Boros

Hoax atau Fakta Membiarkan Tangki Kosong Membuat Fuel pump Cepat Rusak


Dengan membiarkan tangki dalam keadaan hampir kosong,malah akan membuat bahan bakar menjadi lebih boros.Hal ini karena bahan bakar akan cepat menguap,akibat banyaknya ruang dalam tangki tersebut.

Untuk menghindari akibat diatas,tentunya sobat jangan terlalu sering membiarkan tangki dalam keadaan kosong terlalu lama.Karena apabila fuel pump rusak,tentu saja biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit apalagi bila menjalar ke bagian yang lain.

Demikian informasi mengenai hoax atau fakta membiarkan tangki kosong membuat fuel pump cepat rusak,semoga dengan membaca artkel diatas kebiasaan sobat membiarkan tangki dalam keadaan kosong bisa di hindari.Dan jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan agar  kendaraan selalu dalam kondisi prima.

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Hoax atau Fakta Membiarkan Tangki Kosong Membuat Fuel pump Cepat Rusak"