Widget HTML Atas

4 Alternatif Cara Membuat Lampu Motor Terang Seperti Mobil

 Berkendara di malam hari dengan kondisi lampu kurang terang memang sangat menyebalkan sekali.Apalagi dengan kondisi jalan yang kurang mulus tentu saja harus ekstra hati-hati.Oleh sebab itu banyak para pemilik memikirkan beberapa alternatif cara membuat lampu motor terang seperti mobil.

Membuat lampu motor terang seperti mobil,bisa di lakukan pada motor yang menggunakan bohlam lampu biasa sedangkan untuk yang sudah menggunakan lampu LED mampu memberikan penerangan yang sangat terang.

Bagi sobat yang lampu motornya masih menggunakan bohlam lampu biasa,bisa mengikuti penjelasan antonkevas di bawah ini.

4 Alternatif Cara Membuat Lampu Motor Terang Seperti Mobil

Penyebab Lampu Motor Kurang Terang

Sebelum sobat melakukan eksperimen pada lampu motor,alangkah baiknya bila sobat melakukan pemeriksaan terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab lampu motor kuarang terang.

1.Masa Usia Bohlam Sudah Cukup Lama

Tentu saja faktor ini tak bisa di pungkiri,karena umur pakai bohlam semakin lama maka kinerja bohlam tersebut juga akan mengalami penurunan.jadi sangat wajar apabila nyala bohlam menjadi kurang terang.

2.Rangkaian Kabel Mengalami Masalah

Faktor ini bisa sangat komplex karena dalam setiap rangkaian kabel pasti terdapat beberapa komponen pendukung seperti sambungan kabel,soket lampu terminal dan sebagainya.Bila dalam.satu rangkaian terdapat banyak sambungan kabel atau terminal dibagian lampu dalam kondisi berkerak tentu saja akan membuat hambatan sehingga bohlam lampu tidak menyala dengan terang.

3.Kiprok dalam kondisi Lemah

Bisa jadi terjadi masalah pada bagian kiprok,karena tegangan yang berasal dari kiprok mengalir dengan lemah ke bagian lampu.Karena kiprok sudah tidak dapat menyuplai tegangan stabil.Untuk memperkuat dugaan ini,sobat bisa melakukan pengecekkan kiprok terlbih dahulu atau bisa mengenali dengan ciri-ciri kiprok mati.

Cara Membuat Lampu Motor Terang Seperti Mobil

Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa sobat lakukan:

  • Mengganti bohlam lampu biasa dengan lampu LED
Lampu LED sendiri sudah terbukti mampu memberikan cahaya terang yang melebihi bohlam lampu halogen.Selain itu lampu LED mempunyai masa usia yang lebih awet dan juga irit dalam penggunaan aliran listrik.Saat ini ada 12 merk lampu LED yang paling banyak di cari oleh konsumen.

  • Mengganti dengan kiprok vespa
kiprok ini mampu mengkonversi daya menjadi lebih tinggi.Tetapi sobat harus jeli,karena menggunakan daya yang cukup tinggi juga akan membuat aki motor cepat mengalami drop.

  • Memasang Relay dan menghubungkan langsung ke bagian lampu
Sobat sudah tahu belum?? Fungsi relay adalah untuk menjembatani antara arus listrik dengan beban secara langsung.Dengan menggunakan komponen ini,maka arus listrik akan mengalami peningkatan.
  • Menghubungkan Arus aki motor langsung menuju bagian lampu
Lampu motor akan menyala dengan terang ketika RPM motor sobat dalam keadaan naik.Sayangnya ada yang menjadi kelemahannya yakni ketika motor dalam RPM rendah maka cahaya lampu alan meredup.
Perlu sobat ingat-ingat bahwa tegangan listrik yang mengalir ke bagian lampu cukup besar maka potensi bohlam mati akan menjadi lebih tinggi.

Itulah 4 alternatif cara membuat lampu motor terang seperti mobil.Semoga dengan membaca artikel diatas,masalah lampu redup pada motor saudara akan teratasi.

Selamat mencoba,,,

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "4 Alternatif Cara Membuat Lampu Motor Terang Seperti Mobil "