Widget HTML Atas

Cara Memperbaiki Sensor Ckp Vario 110 Dengan Ckp Pcx

Masalah kerusakan pada motor Honda Vario 110 Fi yang sering terjadi adalah kerusakan atau eror di bagian sensor ckp.Maka pada kesempatan kali ini bang antonkevas,akan sedikit berbagi informasi cara memperbaiki sensor ckp vario 110 fi rusak.

Ketika motor vario 110 sobat tiba-tiba mengalami masalah dan ditandai kedipan lampu indikator,berarti telah terjadi kerusakan pada salah satu bagian sensor dari motor tersebut.Apabila hal ini terjadi,sebagai pemilik sobat tidak perlu langsung merasa panik dan sebaiknya coba melakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu.Dan apakah mengalami gejala yang sama seperti dibawah ini.

Cara Memperbaiki Sensor Ckp Vario 110 Dengan Ckp Pcx


Gejala Sensor CKP Rusak

Ada beberapa gejala yang menandakan bahwa sensor ckp rusak pada motor vario 110 fi,antara lain:

  • Motor akan susah sekali untuk dihidupkan,baik dengan melakukan starter maupun dengan kickstarter
  • Muncul kedipan lampu indikator 5 kali panjang dan 2 kali pendek ( kode 52 )
  • Motor dengan tiba-tiba mengalami mati mesin  
                              Cek 6 penyebab chrankshaf position sensor rusak

Cara Memperbaiki Sensor CKP Vario 110 Fi 

Hal berikut yang sebaiknya sobat lakukan

1.Memeriksa Jalur Kabel sensor Ckp vario 110

Dengan memastikan dan melakukan pengecekan secar detail jalur kabel yang menuju sensor ckp,untuk lebih menyakinkan bahwa tidak ada kabel yang mengalami terkelupas rusak.

Kabel yang terkelupas akan mampu mengakibatkan konsleting,karena banyak temuan dari beberapa bengkel motor menemukan kasus seperti ini.Sobat bisa melakukan pemeriksaan jalur kelistrikan dengan menggunakan avometer.

2.Memeriksa Bagian Soket Sensor Ckp vario 110

Langkah pertama untuk memeriksa soket adalah dengan melakukan pembongkaran dibagian spul motor vario 110 tersebut.Karena letak dari sensor ckp ini menempel dibagian spul.

Kondisi soket sensor ckp yang kotor bisa saja,menjadi salah satu akibat munculnya kode mil 52 pada vario 110.Pastikan juga bagian dari body sensor apakah ada yang mengalami terbakar/gosong.Apabila ada,berarti telah terjadi kerusakan didalam sensor ckp tersebut.Namun bila ternyata tidak ada,cukup bersihkan dan pasang kembali seperti semula.

3. Lakukan Reset Ecu

Untuk meghapus data eror yang telah tersimpan dibagian ecu,sebaiknya melakukan reset ecu bisa menjadi pilihan tepat.Cara reset ecu bisa sobat simak caranya di artikel bang antonkevas sebelumnya.

4.Mengganti Sensor Ckp

Walaupun sensor ckp dan spul motor saling menempel,ternyata kedua komponen ini mempunyai soket berbeda.Jadi bisa hanya dengan mengganti dibagian sensornya saja.

Namun apabila dalam mencari part sensor ckp cukup sulit,sobat bisa mengaplikan sensor ckp Honda Pcx 150.Karena sama-sama memiliki soket kaki empat,hanya berbeda pada baut penahan ckp.Sedangkan untuk soketnya,gunakan soket asli vario 110 dengan cara memotong serta menyesuaikan jalurnya.

Maka hasilnya ketika kontak diposisi ON maka bisa langsung distarter dengan mudah dan lancar serta tarikan menjadi lebih responsif.

Sensor ckp vario 110

Berikut adalah beberapa harga yang berada dipasaran mengenai komponen sensor ckp vario 110.

  • Sensor ckp pulser sensor spul spoll spull motor vario 110 led k46 - Rp 388.000
  • SENSOR CKP SPULL PCX 150 VARIO 110 FI VARIO 110 ESP ORIGINAL - Rp 399.900
  • spull set sensor pulser CKP ACG kaki 4 original part honda fi new vario 110 K46 asli ori - Rp 625.000
  • sensor ckp spull stater acg fi honda new esp vario 110 K46 led kaki 4 original part - Rp 485.000

Sensor ckp vario 150

Berikut adalah beberapa harga yang berada dipasaran mengenai komponen sensor ckp vario 150.

  • Sensor ckp vario 150 kaki 3 - Rp 135.000
  • Sensor ckp starter vario 125 150 led - Rp 140.000
  • Sensor agc starter pulser magnet ckp kaki 3 original - Rp 365.000

Demikia informasi mengenai cara memperbaiki sensor ckp vario 110 dengan ckp Pcx,semoga bisa membantu mengatasi permasalahan yang terjadi pada motor vario 110 kesayangan anda.

Salam Gas Puol,,

antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Cara Memperbaiki Sensor Ckp Vario 110 Dengan Ckp Pcx"