Widget HTML Atas

6 Point Penyebab Sensor Crankshaft Rusak

 Setelah pada artikel sebelumnya telah membahas mengenai fungsi crankshaf position sensor,untuk pembahasan kali ini antonkevas.com akan membagikan informasi mengenai penyebab sensor crankshaf rusak.

Penyebab sensor crankshaf rusak ada beberapa hal  yang menjadi pemicunya,dan imbasnya akan mempengaruhi performa mesin kesayangan sobat.

Misalnya terjadi kedipan MIL pada motor beat atau motor vario 125 old kesayangan sobat,maka lampu indikator akan menunjukkan kode kedipan 52.Bagi sobat yang belum paham arti kode angka tersebut dapat melihat pada cara reset ecu honda.

Maka dapat dipastikan penyebab sensor ckp beat rusak/ ckp vario 125 old rusak adalah adanya masalah pada area kabel atau konsleting soket atau dapat diartikan jalur kabel dari ckp yang mengalami masalah.Biasanya pada throtle body dan kabel diatas crankase.

Gejala sensor ckp rusak pada umumnya bisa dirasakan oleh pemilik kendaraan sendiri,karena pasti akan timbul masalah ketika sobat akan atau sedang menggunakan kendaraan.

6 Point Penyebab Sensor Crankshaft Rusak


Berikut adalah gejala penyebab sensor crankshaf rusak:

1.Mesin akan susah dinyalakan 

Tentu saja hal ini berpengaruh sekali,karena sensor ckp memiliki peranan penting dalam proses starting.Hal ini dikarenakan data yang dikirim oleh sensor ckp yang rusak tidak dapat diproses oleh ECU.

2.Mesin Tiba-tiba sering Mati

Karena pada dasarnya sensor ckp ini bekerja dengan memanfaatkan sistem elektromagnetic sehingga biasanya berbentuk lilitan.Sedangkan lilitan sendiri tentu akan mengalami masalah karena terpengaruh dari suhu temperature disekitarnya.

Dan apabila terjadi penghambatan pada lilitan tersebut maka akan sensor ckp juga akan mengalami kerusakan dan memberikan efek terhadap mesin.

3.Lampu indikator MIL menyala

Ketika sensor ckp mengalami eror maka kejadian ini akan terekam oleh perangkat ECU sehingga ECU akan memberikan sinyal dengan menyalakan lampu indikator pada speedometer atau dashboard motor sobat.

4.Akselerasi mesin mengalami masalah

Gejala yang pasti sobat rasakan yaitu akselarasi yang mengalami penurunan atau drop.Hal ini disebabkan oleh ECU yang tidak dapat menangkap sinyal kecepatan engine mesin yang tangkap sensor ckp.

5.Getaran pada mesin ketika idling bahkan misrifing

Akibat dari sensor ckp yang tidak dapat bekerja,maka bagian ECU juga tidak dapat membaca dengan pasti kapan waktu injeksi dan kapan waktu terjadinya pengapian.

6.Bahan bakar mesin menjadi boros

Hal ini berkaitan dengan komponen injeksi yang bekerja secara tidak tepat.Alhasil komposisi bahan bakar menjadi boros,karen injeksi seharusnya sudah berhenti menyemprotkan bahan bakar malah masih terus bekerja.

Setelah tahu beberapa gejala penyebab sensor ckp rusak,sebaiknya sobat melakukan beberapa pemeriksaan untuk menyakinkan bahwa sensor ckp benar-benar rusak.

Berikut beberapa yang sobat bisa lakukan:

  • Memeriksa tegangan output sensor ckp dengan menggunakan alat bantu multitester.
  • Memeriksa tegangan reverensi sensor ckp
  • Melakukan pemeriksaan  terminal ground massa.

Demikian 6 point penyebab sensor ckp rusak yang pada umumnya terjadi,semoga setelah sobat mengetahuinya maka akan lebih memperhatikan dan sekaligus melakukan perawatan di bagian mesin pada khususnya.





antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

No comments for "6 Point Penyebab Sensor Crankshaft Rusak"