Widget HTML Atas

6 Jenis Helm Motor Beserta Fungsinya

Ada beberapa jenis helm motor yang beredar dipasaran saat ini.Dan bahkan harganya pun bervariasi mulai dari 100 ribu sampai dengan belasan juta.Nah jenis helm motor apa sajakah yang beredar di Indonesia? Yuks simak selengkapnya dalam beberapa jenis helm motor beserta fungsinya berikut ini.

Saat sekarang ini ada 9 rekomendasi helm motor terbaik 2021 yang bisa menjadi referensi sobat ketika akan membeli helm motor.Namun tentu saja harus terlebih dahulu memilih helm motor yang sesuai kebutuhan sobat sekarang ini.

6 Jenis Helm Motor Beserta Fungsinya


Dan cara memilih helm motor seperti apa yang wajib sobat lakukan.Yang pertama sobat lakukan antara lain:

  • Pilih helm motor dengan label SNI atau DOT
  • Pastikan ukuran helm,pas dengan ukuran kepala sobat
  • Pilih tali strap yang kuat
  • Dan yang terakhir pilihlah sesuai dengan kebutuhan sobat saat ini.

Untuk jenis helm motor dapat ditentukan dengan aspek yang terakhir yaitu memilih helm sesuai dengan kebutuhan.Dapat diartikan bahwa helm tersebut apakah akan digunakan dalam sehari-hari atau untuk event tertentu seperti balap motor.Tanpa panjang lebar kita simak saja jenis helm motor dibawah ini.

JENIS HELM MOTOR BESERTA FUNGSINYA

1. SHORTY HELMET / HELM BATOK

Disebut dengan helm batok,karena bentuknya mirip dengan belahan tempurung kelapa ( batok ).Namun untuk saat ini sudah sangat jarang ditemui para pengendara yang menggunakan helm ini.

6 Jenis Helm Motor Beserta Fungsinya


Fungsi dari helm batok adalah melindungi sisi kepala bagian atas saja.Bentuknya memang sederhana,namun untuk menghindari polusi udara sebaiknya gunakan masker atau buff.

2.HALF FACE HELMET

Mayoritas pengguna sepeda motor menggunakan jenis helm ini.Memiliki ciri khas dengan bagian depan lebih lebar sehingga mampu memberikan proteksi lebih di bagian sisi kepala.

6 Jenis Helm Motor Beserta Fungsinya


Selain itu di bagian kaca penutupnya,ada beberapa model yang sudah menerapkan double visor.Jika ingin menggunakan helm ini untuk sehari-hari jangan lupa untuk memilih bahan yang lebih kuat.

3.OPEN FACE HELMET

6 Jenis Helm Motor Beserta Fungsinya


Sesuai dengan namanya,helm ini didesain tanpa kaca penutup.Namun apabila akan diberi kaca penutup sifatnya plug in.Di akhir belakangan ini,jenis helm seperti ini sedang menjadi trends.Sangat cocok dipakai dengan motor clasic baik motor bebek maupun motor matic.

4.FULL FACE HELMET

6 Jenis Helm Motor Beserta Fungsinya


Helm dengan jenis full face,sangat cocok bagi sobat yang menginginkan sisi keamanan yang lebih.untuk full face banyak dipakai diarena balap motor.Namun dengan berjalanya waktu seperti masa sekarang ini,banyak pemilik motor laki yang menggunakannya untuk sehari-hari.

5.MODULAR HELMET

6 Jenis Helm Motor Beserta Fungsinya


Untuk modular helmet,akan membuat pengendara dipermudah apakah ingin menggunakan jenis full face maupun jenis hall face.Biasanya terdapat tuas yang digunakan untuk melakukan perubahan dari full face ke half face atau sebaliknya.

 Namun perlu sobat ingat,jangan lakukan pergantian mode ketika sepeda motor sedang berjalan,karena dibutuhkan kedua tangan untuk melakukannya.Sebaiknya menepilah terlebih dahulu.

6.CROSS HELMET

6 Jenis Helm Motor Beserta Fungsinya


Bukan hanya untuk dipakai dilintasan berlumpur saja,banyak anak-anak muda sekarang yang menggunakan di jalan beraspal.Helm jenis cross ini memberikan perlindungan yang sangat lebih.Tips jika ingin menggunakan helm cross,lebih baik jika sobat menyesuaikan dengan warna motor trail yang sobat pakai.

Nah itulah jenis helm motor beserta fungsinya yang bisa menjadi sebuah referensi bagi sobat semuanya.Jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan ketika berada di jalan raya.

Salam Gas Puoll,,

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "6 Jenis Helm Motor Beserta Fungsinya"