Widget HTML Atas

5 Kelebihan dan Kekurangan Stroke Up Motor Harian

 Dalam memodifikasi sepeda motor menjadi lebih kencang,pasti akan memunculkan efek domino bagi motor dan si pemiliknya.Seperti yang terjadi ketika melakukan bore up,porting polish maupun stroke up.Simak selengkapnya dalam kelebihan dan kekurangan stroke up motor harian.

Setelah pada postingan antonkevas yang sebelumnya membahas 5 efek negatif porting polish yang wajib sobat ketahui.Sobat juga harus mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan melakukan stroke up.

Karena baik melakukan bore up,porting polish maupun stroke up akan menjadikan spesifikasi mesin menjadi tidak sesuai standart pabrikan lagi.Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya.

5 Kelebihan dan Kekurangan Stroke Up Motor Harian


KELEBIHAN STROKE UP 

Ada 6 Cara Stroke up Grand yang bisa sobat lakukan dan beberapa kelebihan stroke up seperti informasi dibawah ini.

1. Kompresi Padat

Dengan melakukan perubahan pada panjang langkah sebuah piston,dari ukuran yang pendek berubah menjadi lebih panjang maka kompresi sebuah mesin juga akan menjadi lebih padat.

2.Torsi Meningkat

Kompresi yang padat dan rapat akan membuat torsi sebuah mesin juga akan ikut meningkat.Disamping itu juga,kecepatan motor akan menjadi lebih cepat dibanding dengan kecepatan mesin standart.Hal ini tak lepas dari efek stroke up yang juga  meningkatkan kapasitas cc sebuah mesin.

3.Mesin Menjadi Lebih Agresif

Perubahan dibagian sektor mesin dari standart menjadi kapasitas yang lebih besar isinya,maka akan membuat karakter dari mesin tersebut juga akan mengalami perubahan.Dampak biasanya terasa pada akselerasi yang lebih galak atau agresif.
Simak juga  Rumus Porting Motor.

4.BBM Menjadi Lebih Irit

Stroke up akan memberikan putaran mesin menjadi lebih rendah akibatnya bahan bakar akan menjadi lebih irit.Karena dengan posisi langkah menjadi lebih panjang,maka piston akan lebih banyak menghisap dan sekaligus memanpatkan udara sehingga torsi akan meningkat sejak mesin di RPM bawah.

5.Tidak Merubah Piston,klep  dan blok silinder

Tanpa melakukan perubahan pada bagian piston,klep serta blok silinder sudah membuat kapasitas mesin menjadi lebih meningkat.Apalagi akselerasi dan putaran mesin di RPM bawah menjadi lebih agresif.Hal ini akan membuat joki pengendara menjadi lebih bersemangat memacu kendaraannya.

KEKURANGAN STROKE UP

Berikut adalah beberapa yang menjadi kekurangan dari melakukan stroke up.

1.Getaran Mesin

Proses perubahan posisi big end akan membuat kruk as berputar dengan kondisi kurang stabil sehingga memunculkan getaran ketika mesin dinyalakan.Hal ini biasanya dikerjakan oleh tukang bubut yang belum berpengalaman.

2.Suhu Mesin Cepat Sekali Panas

Dengan kondisi klep,piston dan blog silinder dalam keadaan standart,akan membuat tidak seimbang.Karena mesin yang sudah dilakukan stroke up akan membuat torsi dan tenaga menjadi lebih meningkat.Tidak seimbang inilah yang akan membuat suhu mesin cepat sekali panas.

3.Perawatan Insentif

Mesin yang sudah standart lagi,tentu harus dilakukan perawatan dengan ekstra dan juga rutin.Karena apabila kurang dalam melakukan perawatan biasanya mesin akan cepat jebol.Apalagi untuk mesin yang sudah tidak standart,suhu mesinnya akan cepat sekali panas.Dan kalau dibiarkan bisa berakibat mesin motor menjadi macet.

4.Biaya Yang Cukup Mahal

Karena harus dilakukan oleh tukang yang sudah berpengalaman dan ahli,mulai dari mekanik dan tukang bubut maka biaya yang harus dikeluarkan tidaklah murah.Apalagi proses dalam melakukan stroke up cukup rumit dan membutuhkan ketelitian serta kecerdasan dari pihak mekanik atau tukang bubut.

Itulah kelebihan dan kekeurangan stroke up motor harian yang sebaiknya sobat ketahui.Apabila sobat ingin melakukan stroke up pastikan terlebih dahulu keuangan anda harus benar-benar cukup.Serta jangan malas untuk selalu melakukan perawatan,terutama dibagian mesin.

Salam Gas Puoll,,




antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "5 Kelebihan dan Kekurangan Stroke Up Motor Harian"