Widget HTML Atas

Simak 5 Efek Negatif Porting Polish Yang Wajib Sobat Ketahui

 Melakukan tindakan porting polish pada sebuah motor,baik sepeda motor bebek,motor matic maupun motor sport pasti akan memunculkan dampak bagi kendaraan maupun pemiliknya.Oleh sebab itu kenali dan simak 5 efek negatif porting polish motor yang wajib sobat ketahui.

Simak 5 Efek Negatif Porting Polish Yang Wajib Sobat Ketahui


Banyak para mekanik atau bengkel melakukan tindakan porting maupun polish untuk meningkatkan kecepatan motor standart menjadi lebih cepat lagi.Untuk melakukan tekhnik porting sebuah motor tidak boleh dilakukan secara asal-asalan,semua itu membutuhkan perhitungan yang tepat.

Simak => Rumus Porting Motor Yang wajib sobat ketahui

Namun sebelum mengetahui efek negatif dari porting polish,silahkan simak terlebih dahulu ulasan berikut ini.

PORTING MOTOR ADALAH ??

Porting motor adalah sebuah metode pembentukan ulang sebuah saluran masuk dan buang sebuah mesin yang di bentuk sesuai dengan keinginan para mekanik.

Agar asupan bahan bakar menjadi lebih lancar serta pelepasan gas buang menjadi lebih loss.Sehingga performa mesin menjadi lebih meningkat.

POLISH MOTOR ADALAH ??

Sedangkan arti Polish adalah metode menghaluskan permukaan di bagian lubang hisap serta lubang buang seperti menghilangkan lapisan kulit jeruk.Walaupun sebenarnya cara ini bisa dikatakan dengan proses porting.

Untuk proses polish dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian agar tidak terjadi proses over alus sehingga turbulensi menjadi lebih kecil.

EFEK POSITIF PORTING POLISH

Dengan menggunakan metode porting polish yang tepat,maka performa mesin menjadi lebih meningkat dan lain sebagainya.Berikut efek positifnya:

  • Menjadikan tarikan atau akselerasi lebih responsif meningkat
  • Memiliki mesin yang berkarakter sesuai dengan keinginan penggunanya
  • Aliran udara menjadi lebih lancar
  • Performa mesin mengalami peningkatan

EFEK NEGATIF PORTING POLISH

Berikut adalah efek negatif yang dihasilkan dari metode porting polish.

1.BBM Menjadi Lebih Boros

Dengan melakukan pembentukan ulang dibagian IN dan OUT,maka menjadikan diameter kedua bagian tersebut menjadi lebih besar.Maka dengan kondisi Intake yang lebih besar mengakibatkan konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih besar atau boros.Hal ini untuk menyesuaikan kebutuhan ruang bakar agar menghasilkan tenaga yang besar.Baca Konsumsi BBM PCX

Efek borosnya bahan bakar minyak tidak mungkin dapat dihindari sehingga akan membuat biaya pengeluaran bbm menjadi lebih banyak.

2.Membuat Mesin Motor Tidak Standart

Proses porting polish dibagian mesin sepeda motor akan membuat kondisi mesin menjadi tidak standart lagi.Maka ketika sobat ingin merubah ke mesin standart lagi,maka di wajibkan mengganti dengan mesin standart baru.

Dan apabila sepeda motor masih memiliki masa garansi mesin,dapat dipastikan akan tidak berlaku lagi.Karena syarat garansi sebuah mesin biasanya harus dalam keadaan standart.

3.Performa Motor Turun

Akibat dalam melakukan proses porting polish tidak menggunakan rumus porting motor,maka akan mengakibatkan performa mesin malah menurun.Hal ini akibat lubang IN dan OUT terlalu OVER,sehingga aliran gas menjadi berkurang serta nafas motor menjadi lebih pendek.Coba lakukan cara lain misalnya dengan melakukan tips bore up motor.

4. Head Silinder Gembos

Proses porting polish dibagian silinder blok,bisa mengakibatkan silinder head menjadi bocor.Biasanya ditandai dengan merembesnya oli dan ikut keluar terbakar pada lubang exhaust.Dan akan keluar melalui knalpot dengan ditandai dengan asap putih.

Baca juga Rumus cara menghitung lebar squish

5.Harus Menggunakan BBM Oktan Tinggi

Selain pemakaian bbm menjadi lebih boros,penggunaan bbm dengan oktan tinggi sangat diperlukan untuk mendukung proses pembakaran di ruang bakar.Karena motor yang sudah dilakukan modifikasi porting polish menghasilkan kompresi yang cukup besar,jadi untuk bbm dengan oktan rendah pembakaran diruang bakar kurang sempurna.

Demikian 5 efek negatif porting polish yang wajib sobat ketahui.Semoga informasi diatas bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat.

Salam Gas Puoll,,





antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Simak 5 Efek Negatif Porting Polish Yang Wajib Sobat Ketahui"