Widget HTML Atas

Cara Mudah Cek Fuel pump Injeksi Honda Tidak Dengung

 Untuk motor generasi Honda terbaru,baik motor bebek maupun motor matic sudah beralih menggunakan sistem injeksi.Untuk motor injeksi sendiri sudah tidak menggunakan karburator lagi sebagai penyemprot / pengabut bahan bakar tetapi sudah menggunakan injektor.

Sedangkan injektor tidak akan mampu bekerja apabila tidak ada dukungan dari fuel pump.Jadi fungsi fuel pump adalah memompa bahan bakar dari tangki kemudian diteruskan ke injektor.

Cara Mudah Cek Fuel pump Injeksi Honda Tidak Dengung


Kapan fuel pump bekerja?? Fuel pump mulai bekerja ketika kontak motor Honda sobat diposisikan pada posisi ON.Dan biasanya akan terdengar suara dengaung lirih.

Namun untuk motor generasi Honda (  Beat Fi series ) apabila terdapat fuel pump tidak dengung ketika kontak motor di posisi ON,jangan langsung memvonis terlebih masalahnya ada dibagian fuel pump.Karena bisa saja kabel jalur fuel pump (+) dan (-) mengalami kerusakkan.Nah untuk memudahkan dalam melakukan pengecekkan kabel fuel pump,berikut tutorialnya.

Simak juga Cara Mengatasi Sensor ckp 

Cara Cek Fuel pump Tidak Dengung

Berikut adalah pengecekkan kabel jalur yang menghubungkan dari Ecu ke bagian soket fuel pump.

Bahan dan Alat

1.Tespen DC lengkap dengan kabel

2.Peniti atau jarum

Langkah - langkah Pengecekkan

  • Step pertama yang sobat lakukan adalah melepat soket yang berada di bagian fuel pump motor tersebut.
  • Kemudian siapkan kabel tespen dc yang akan digunakan untuk mengecek sinyal (+) dan (-)
  • Pertama cek terlebih dahulu kabel soket hitam garis putih ( sinyal + ).Selanjutnya kabel tespen kita jepitkan pada bagian kutub (-) aki terlebih dahulu.
  • Kemudian soket kabel hitam garis putih,dibagian soketnya kita tusuk menggunakan peniti atau karum.Tujuannya agar memudahkann ujung tespen melakukan pengecekman.
  • Kontak motor kemudian diposisikan pada posisi ON.Apabila tespen menyala berarti sinyal (+) kabel fuel pump aman.
  • Untuk meyakinkan apakah sinyal (+) ada,putar kontak pada ON - OFF secara berulang.
  • Selanjutnya dengan melakukan pengecekkan sinyal (-) yaitu pada kabel coklat garis hitam.Pindahkan posisi kabel tespen,dibagian kutub (+) pada aki motor.
  • Sebagai catatan: Untuk sinyal (-) yang BENAR,ketika kotak motor di posisi ON dan tespen sudah tersambung pada kabel coklat garis hitam.Lampu tespen akan menyala dalam kurun waktu kurang lebih 3 detik sajaJ
Jika memang ternyata tidak terjadi masalah pada jalur atau soket kabel fuel pump,berarti masalahnya ada dibagian fuel pump itu sendiri.Dan untuk cara mengatasi fuel pump motor bermasalah bisa sobat lihat di https://bit.ly/30WVFUP
Atau sobat bisa mencarinya di artikel antonkevas sebelumnya.

Demikian informasi cara mudah cek fuel pump injeksi Honda tidak dengung.Semoga bisa bermanfaat bagi anda semuanya.

Salam Gas Puoll,,

antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Cara Mudah Cek Fuel pump Injeksi Honda Tidak Dengung"