Widget HTML Atas

Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok

Jika Anda mengalami kejadian yang tidak diinginkan dengan mobil kesayangan. Salah satunya, mobil yang tidak mau menyala alias mogok saat dihidupkan seperti biasa. Jika masalah ini terjadi, Anda perlu mengetahui cara menghidup mobil mogok di jalan agar bisa jalan kembali.

Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok


Penyebab Mobil Mogok di Jalan

Penyebab mobil mogok di jalan arteri maupun mogok di tol bermacam-macam, bisa terletak di bagian mesin atau komponen mobil lainnya. Masalah pada transmisi mobil, rem blong, roda as, dan lain-lain pun jadi penyebab mobil bisa mogok. Namun, penyebab mobil mogok yang paling utama adalah aki yang sudah habis.

Kondisi mobil mogok memang menyusahkan, apalagi saat Anda sedang mengejar jadwal penting. Akibatnya, rencana yang disusun terpaksa berantakan karena masalah ini.

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab mobil mogok di jalan arteri maupun mobil mogok di tol.

1.Kondisi Aki Mobil Bermasalah

Penyebab mobil mogok yang paling sering adalah karena kondisi aki mobil yang bermasalah.Aki sendiri mempunyai peranan yang sangat penting sebab fungsi aki adalah sebagai penyuplai arus listrik yang akan menghidupkan mesin.Maka ketika aki mobil bermasalah tentu akan membuat mobil susah untuk di hidupkan.

Kondisi aki mobil yang rusak juga akan memicu bagian atau komponen lain menjadi bermasalah.Sehingga ketika mobil sedang berjalan tiba-tiba mengalami mogok.Lihat Bagaimana Cara Merawat Aki Mobil Dengan Benar

2.Alternator Rusak

Sebenarnya tidak hanya aki mobil saja yang menjadi salah satu penyebab mobil mogok di jalan,ternyata ada komponen listrik lain yaitu Alternator.Walaupun tak populer seperti Aki,Alternator mempunyai fungsi sebagai penyalur listrik ke bagian aki.

Jadi ketika komponen ini mengalami masalah tentu akan membuat kinerja aki juga bermasalah.Bahkan ketika anda sedang melaju di tol,mobil tiba-tiba mogok.

3.Dinamo Starter

Dinamo starter merupakan komponen yang berfungsi memutarkan mesin pertama kali.Walaupun kerusakan pada komponen dinamo starter sangat minim sekali tetapi bisa saja komponen ini menjadi salah satu penyebabnya.

Rusaknya komponen motor starter biasanya karena usia dan masa pemakaian.Apalagi trends saat ini banyak anak-anak muda yang memiliki mobil retro klasik sebagai mobil transportasi utamanya.Maka tidak heran jika kadang kita melihat mobil tua yang mogok di pinggir jalan.

4.Karburator Mobil Kotor

Tak berbeda jauh dengan sepeda motor,masalah mobil mogok di jalan tol juga bisa di karenakan karburator mobil kotor.Karburator mobil mempunyai fungsi sebagai tempat bercampurnya udara dan bahan bakar sebelum di kirim ke bagian mesin.Ketika karburator mobil dalam keadaan kotor maka karburator tidak bekerja secara optimal.

Untuk mengatasi hal seperti ini,sebenarnya cukup mudah dan gampang.Namun bagi anda yang masih kebingungan dalam mengatasi masalah karburator,ikuti saja caranya dalam Cara Membersihkan Karburator Mobil Sendiri Dengan Mudah

5.Overheat

Panas berlebih atau overheat bisa juga terjadi pada mesin mobil anda.Hal ini biasanya di karenakan mobil melaju terus menerus tanpa berhenti.Contohnya saja anda melaju di jalan tol,bahkan dengan kecepatan tinggi tanpa pernah berhenti di rest area selama berjam-jam.Akibatnya mobil mogok di tol dan anda merasa panik sendiri.

Mesin pada sebuah mobil memiliki batas toleransi suhu tersendiri,jika batas toleransi suhu panas tersebut terlewati maka akan menimbulkan mesin mengalami overheat dan mobil mengalami mogok.Salah satu penyebab,biasanya anda tidak rutin mengecek air pada radiator mobil.

Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan

Apabila anda mengalami mobil mogok di jalan,ada beberapa tindakan yang bisa sobat lakukan.Berikut cara memperlakukan mobil mogok di jalan:

1.Arahkan Mobil Ke Bahu Jalan atau Pinggir Jalan

Agar tidak mengganggu arus lalu lintas di jalan raya maupun di tol,pastikan pinggirkan mobil anda ke bahu jalan.Ketika sudah ada tanda-tanda mobil anda mengalami masalah,bisa dengan meminggirkan pada saat menyetir.Namun apabila mobil tiba-tiba berhenti,sobat bisa meminta bantuan orang lain untuk membantu mendorong ke pinggir jalan.Posisi mobil yang berada di pinggir jalan akan mengurangi kemacetan dan tidak mengganggu kendaraan lain saat proses perbaikan.

2.Nyalakan Lampu Hazard

Lampu hazard berfungsi memberi tanda bahwa kendaraan dalam keadaan darurat sekaligus memberi tanda kepada pengemudi lain untuk berhati-hati ketika melewati mobil mogok di jalan tersebut.

3.Cek Malfunction Indicator Light

Lampu indikator pada dashboard mobil biasanya akan menyala ketika mobil mengalami masalah.Lihat tanda malfunction indicator light apa yang menyala dan periksalah kemungkinan komponen yang mengalami kerusakkan.Untuk mempermudah anda harus memahami dan mengerti 7 Malfunction Indicator Light pada setiap kendaraan.

Cara Menghidupkan Mobil Mogok di Tol

Apa saja cara starter mobil yang bisa dilakukan sendiri agar mobil kembali menyala? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Cek Komponen Kabel Kelistrikan

Pertama, memeriksa seluruh sambungan kabel arus listrik, termasuk sekringnya. Harus memastikan tidak ada kabel yang kendor di bagian starter dan aki, karena inilah penyebab utama mobil mogok. 

Jika ada yang kesalahan di komponen tersebut, cukup mengencangkan terminal aki yang kendor. Pemeriksaan kabel positif yang menghubungkan aki pun dilakukan untuk memastikan sambungan kabel sudah aman.

2. Hilangkan Korosi

Bagian kutub aki kerap mengalami korosi berwarna putih akibat pemakaian yang terlalu sering. Akibatnya, mobil jadi susah di-starter. Meski dianggap wajar, tidak ada salahnya membersihkan korosi tersebut. Pembersihannya menggunakan sikat gigi, kemudian akan mengecek apakah mobil bisa dinyalakan kembali.

3. Jumper Mobil

Langkah ini dilakukan apabila dua cara di atas kurang efektif. Jumper aki menjadi pilihan cara menyalakan mobil mogok yang ampuh dan tidak membutuhkan waktu lama. Anda membutuhkan satu aki yang penuh untuk proses jumper ini.

Pertama, hubungkan kabel jumper aki sesuai posisinya, kemudian dibiarkan selama beberapa saat. Setelah selesai, mobil pun dinyalakan. Apabila berhasil, cukup melepaskan kabel jumper secara berurutan agar tidak terjadi bahaya.

4. Mendorong Mobil

Langkah ini sering menjadi pilihan untuk men-starter mobil mogok. Sayangnya, cara ini hanya bisa dilakukan untuk mobil bertransmisi manual. Jangan lakukan langkah ini pada mobil bertransmisi otomatis.

Mendorong mobil yang dilakukan pun tidak boleh sembarangan, melainkan ada aturannya.

  • Pertama harus memastikan jarak di depan mobil cukup kosong agar terhindar dari tabrakan jika menyala.
  • Kunci kontak dipasang pada posisi ON.
  • Transmisi mobil dimasukkan ke gigi 2.
  • Disini Anda perlu dibantu oleh teman. Sekarang menekan dan menahan pedal kopling sambil mulai mendorong mobil. Teman anda cukup membantu mendorongnya.

Jika mobil sudah menyala cukup kencang, anda bisa melepas pedal kopling, kemudian menekan pedal gas sampai mesin mobil kembali hidup.

Saat mesinnya berhasil hidup, pedal kopling diinjak sedalam mungkin, kemudian rem ditekan secara perlahan agar mobil berhenti melaju.

Berbagai cara starter mobil mogok di atas memang berhasil membuat kendaraan Anda kembali menyala. Namun, bukan berarti akar penyebab mobil mogok sudah diatasi.

Cara Mencegah Mobil Mogok

Berbagai macam cara bisa sobat lakukan untuk mencegah mobil mogok di jalan.Beberapa hal yang bisa sobat lakukan adalah sebagai berikut:

1.Lakukan Service Mobil Secara Rutin

Melakukan pengecekan mobil secara rutin tentu membuat pengemudi berkendara dengan nyaman.Perawatan rutin semua komponen mobil bisa di lakukan pada bengkel kepercayaan anda maupun bengkel resmi terdekat.Mulai dari mengganti oli mesin mobil maupun melakukan tune up.

2.Selalu Panaskan Mesin Sebelum Digunakan

Pastikan jangan lupa untuk selalu panaskan mesin sebelum digunakan.Hal ini di lakukan agar mesin dalam keadaan optimal ketika di ajak berkendara.Walaupun mobil jarang digunakan,anda tetap rutin untuk memanaskan mesin untuk menjaga performanya.

3.Selalu Cek Kondisi Bahan Bakar

Mengetahui kondisi ketersedian bahan bakar menjadi hal yang wajib dan mutlak.Jangan sampai mobil yang sobat kendarai mengalami mogok di jalan karena kekurangan bahan bakar.

4.Memiliki Nomor Bengkel Langganan

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan ketika berkendara,salah satunya mobil mogok di tol.Jadi sobat akan dengan mudah meminta bantuan pada saat mobil dalam keadaan darurat.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mobil mogok walaupun mobil mogok bisa juga dikarena sebab lain seperti mobil mogok karena kehabisan air radiator.Setidaknya dengan sobat mengetahui informasi diatas akan membuat anda lebih nyaman,aman dan tidak panik apabila mengalami mobil mogok.

Salam Gass Puoll,,

antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog

Tidak ada komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok"