Widget HTML Atas

Advertisements

Cara Menghitung Roller Motor Matic

Cara Menghitung Roller Motor Matic

 

Ukuran roller motor matic sebenarnya sudah ditentukan sejak awal oleh pabrikan motor matic yang melakukan perakitan.Semua sudah dilakukan sesuai dengan riset dan pengujian secara spesifik.Bahkan cara menghitung roller motor matic dilakukan oleh para insinyur handal.


Lantas sebenarnya apabsich fungsi roller pada motor matic?? Fungsi roller pada motor matic adalah sebagai pengatur kesimbangan antara diameter besar dan kecil pulley yang bergerak mengikuti putaran mesin.Pada umumnya komponen roller terletak di bagian belakang,tepatnya di bagian cvt motor.

Roller matic terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi dan dengan ukuran yang sangat akurat.Maka tidak heran jika spare part original pabrikan kualitasnya tiada tandingan.

Walaupun begitu,dunia otomotif khususnya sepeda motor tentu belum afdol jika tidak melakukan modifikasi motor.Oleh karena itu antonkevas akan membagikan informasi seputar roller motor matic.

Cara Menghitung Roller Motor Matic


Ukuran berat roller sangat berpengaruh sekali dengan performa motor matic tersebut yakni tergantung dari variable ukuran roller matic yang digunakan.Maka wajar saja jika akselerasi maupun top speed sepeda motor matic sulit didapatkan secara bersamaan.Maka wajar saja jika banyak yang menggunakan merk roller racing terbaik pada motor maticnya.

Namun untuk harga merk roller racing sendiri jauh lebih mahal di banding harga roller matic bawaan.Oleh sebab itu sobat bisa memilih antara akselerasi atau top speed.

Untuk sobat yang berada di daerah yang sering terkena macet,cara menghitung roller motor matic yang cocok untuk digunakan adalah dengan memilih akselerasi.Untuk mendapatkan akselerasi,alangkah lebih baik jika sobat menggunakan ukuran bobot roller lebih ringan.

Untuk roller bawaan motor matic biasanya memiliki ukuran berat roller sebesar 13 gram.Jadi sobat dapat menggunakan roller dengan ukuran bobot 12 gram atau 1 gram lebih ringan dari bobot standart.

Sedangkan bagi sobat yang sering melakukan perjalanan jauh,cara menghitung roller motor matic adalah dengan menambah ukuran berat roller 1 gram.Atau bisa menggunakan ukuran roller matic 14 gram.Karena untuk perjalanan jauh atau touring yang hanya dibutuhkan adalah top speed motor matic anda.

Ukuran Roller Matic Motor Standart


Sebagai panduan sobat dalam melakukan pergantian roller matic,berikut adalah daftar ukuran roller motor matic semua motor:

Ukuran Roller Matic Honda

MERK

UKURAN BERAT ROLLER

Honda Beat  Fi

 

Honda Vario

 

Honda Beat Fi eSP

 

Honda Beat Karbu         

 

Honda Vario 150 ESP

 

Honda Scoopy Fi     

 

Honda Vario Techno     

 

Honda Vario 125 ESP     

 

Honda X-ADV  

 

Honda PCX        

 

Honda Spacy PGM-FI   

 

Honda Spacy x 

13 Gram

 

13 Gram

 

15 Gram

 

12 Gram

 

18 Gram

 

13 Gram

 

13 Gram

 

15 Gram

 

20 Gram

 

18 Gram

 

13 Gram

 

15 Gram

Ukuran Roller Matic Yamaha

MERK

UKURAN BERAT ROLLER

Yamaha Xride  

 

Yamaha Aerox 155         

 

Yamaha NMAX

 

Yamaha Xride 125          

 

Yamaha Mio Sporty CW

 

Yamaha Mio Sporty

 

Yamaha Aerox 155         

 

Yamaha Xeon RC            

 

Yamaha Fino    

 

Yamaha NMAX

 

Yamaha Mio J  

 

Yamaha Xeon RC            

 

Yamaha Fino    

 

Yamaha Xeon  

 

Yamaha Xride 125          

 

Yamaha Xride  

 

Yamaha Mio GT              

 

Yamaha Mio M3             

 

Yamaha Mio Smile         

 

Yamaha Nouvo

 

Yamaha Soul GT              

 

Yamaha Mio Soul                             

8 Gram

 

13 Gram

 

13 Gram

 

10 Gram

 

11 Gram

 

10 Gram

 

13 Gram

 

9,5 Gram

 

 10,5 Gram

 

13 Gram

 

9,5 Gram

 

9,5 Gram

 

10,5 Gram

 

10 Gram

 

10 Gram

 

8 Gram

 

9,5 Gram

 

10 Gram

 

10,5 Gram

 

11 Gram

 

9,5 Gram

 

10,5 Gram

Ukuran Roller Matic Suzuki

MERK

UKURAN BERAT ROLLER

Suzuki Nex II    

 

Suzuki Nex        

 

Suzuki Spin 125

 

Suzuki Skywave              

 

Suzuki Sky Drive             

 

Suzuki Hayate  

 

Suzuki Skywave

10 Gram

 

12 Gram

 

10 Gram

 

12 Gram

 

15 Gram

 

15 Gram

 

15 Gram

Cara Merawat Roller Motor Matic


Agar kinerja roller pada motor matic anda selalu terjaga,sebaiknya juga melakukan perawatan dan pembersihan bagian roller secara berkala.Selain itu juga sobat bisa melakukan pengecekan juga di bagian kampas ganda maupun bagian cvt.Serta pastikan juga kondisi vanbelt masih dalam kondisi yang bagus.

3 Hal Penting Dalam Memilih Per CVT


Beberapa faktor di bawah ini wajib sobat perhatikan selain cara menghitung ukuran roller juga wajib memperhatikan cara memilih per cvt yang tepat,antara lain:

1.Ukuran  atau Spesifikasi Sesuai Mesin

Pastikan ukuran atau spesifikasi per cvt yang sobat pilih sudah sesuai dengan kebutuhan mesin skutek .Jangan asal memilih model  baik ukuran terlalu besar ataupun ukuran yang terlalu kecil.Ukuran yang tidak pas tentu akan mempengaruhi kinerja mesin.Idealnya pilih sesuai dengan ukuran standart atau sedikit diatas standart agar hasilnya maksimal.Hindari memilih ukuran yang oversize,karena ukuran yang terlalu besar mesin akan bekerja dengan ekstra keras.

2.Pilih Ukuran atau Spesifikasi Kekerasan Yang Tepat

Kekerasan per mempengaruhi akselerasi dan top speed motor matic kamu. Per CVT yang lebih keras akan membuat akselerasi lebih lambat namun sebaliknya akan membuat top speed lebih mudah tercapai, begitu juga sebaliknya.

3.Merk Per CVT Yang Tepat

Pilih merk per CVT yang ternama dan terpercaya. Merk per CVT yang bagus biasanya terbuat dari bahan yang berkualitas dan awet.

Demikian informasi mengenai cara menghitung roller motor matic,semoga dengan informasi diatas mampu berguna dan bermanfaat bagi sobat semuanya.

Salam Gass Puoll,,



antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog

Tidak ada komentar untuk "Cara Menghitung Roller Motor Matic"

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
close
Advertisements