Widget HTML Atas

BEBERAPA HAL PENYEBAB AC MOBIL TIDAK DINGIN

Beberapa Hal Penyebab Ac Mobil Tidak Dingin-Melakukan perjalanan yang lumayan jauh secara bersama-sama tentu saja menjadi hal yang sangat menyenangkan sekali.Namun semua itu berubah menjadi hal yang tidak seperti yang diharapkan ketika mobil yang anda tumpangi mengalami kejadian Ac mobil tidak dingin.Apalagi melakukan perjalanan dengan sinar matahari yang cukup panas.

Banyak sekali cerita seperti ini yang terjadi,mungkin bisa jadi karena pemilik kendaraan kurang memperhatikan,jadi hanya asal pakai saja tanpa melakukan perawatan.Kejadian Ac mobil tidak dingin dipengaruhi oleh beberapa komponen pada mobil anda yang mengalami kerusakan.Bila anda belum mengetahuinya,berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan Ac mobil tidak dingin.




BEBERAPA PENYEBAB AC MOBIL TIDAK DINGIN

1.FREON HABIS





Dalam suatu system pada Ac,freon berfungsi sebagai pendingin dan apabila kehabisan freon maka sirkulasi udara yang keluar tanpa hawa dingin hanya angin saja.Untuk mengatasi hal tersebut biasanya dengan mengisi kembali freon Ac mobil anda.


2.KOMPRESOR TIDAK BERPUTAR KARENA V-BELT PUTUS




V-belt tugasnya menggerakkan pully putaran mesin dengan kompresor Ac sehingga apabila putus maka kompresor Ac tidak berputar.Dengan demikian maka Ac mobil menjadi tidak dingin.Segera ganti v-belt baru dengan kualitas yang bagus untuk mengatasinya.


3.MESIN MENGALAMI OVERHEATING




Suhu mesin yang panas bisa mengakibatkan mesin mengalami overheat,biasanya dikarenakan mobil menempuh perjalanan yang cukup panjang tanpa ada jeda waktu untuk beristirahat.Untuk mengantisipasi anda prlu melakukan perawatan rutin seperti mengganti oli mesin,Cara merawat mesin mobil yang benar dan melakukan pergantian spare part yang memicu overheating.


4.MAGNETIC CLUTCH DAN THERMISTOR RUSAK




Komponen magnetic clucth ini menempel pada kompresor dan biasanya mengalami kerusakan di bagian gulungan spool magnetnya disebabkan karena konsleting maupun masa usia pemakaian.Sedangkan thermistor bekerja untuk mengirimkan sinyal ke kompresor untuk berhenti bekerja,maka bisa dibayangkan jika thermistor rusak maka kompresor akan bekerja terus sehingga menyebabkan evaporator beku.Evaporator yang beku ini yang menimbulkan Ac mobil menjadi tidak dingin.

5.EVAPORATOR KOTOR 




Kotoran yang menempel pada evaporator menyebabkan udara yang didistribusikan akan terhalangi dan juga udara yang keluar menjadi tidak bersih.Dan juga penyumbatan pada evaporator juga akan menghambat udara yang keluar dari blower maka sistem sirkulasi pada Ac akan terganggu.Sebaiknya anda melakukan pengurasan pada evaporator dengan meminta bantuan bengkel Ac terdekat.

6.SEKERING AC PUTUS

Terjadi konsleting pada kabel yang berkaitan dengan kompresor tentu saja dengan cepat sekering akan meresponnya dengan ditandai putusnya sekering.Periksa kabel yang berhubungan dengan komponen kompresor pastikan semua dalam kondisi yang bagus.

7.PUTARAN EXTRA FAN YANG TIDAK OPTIMAL




Perputaran extra fan yang kurang maksimal akan meyebabkan proses kondensasi pada kondensor mengalami hambatan sehingga Ac mobil akan menjadi tidak dingin.Ganti saja dengan yang baru untuk mendapatkan extra fan yang bekerja secara sempuran.

8.KONDESOR KOTOR




Kotoran atau debu yang menempel akan menjadi hambatan untuk kondensor bekerja,bersihkan secara rutin dan juga jaga interior mobil karena letak kondensor biasanya dibelakang atau depan grill.

Dan sebetulnya masih ada beberapa hal yang lain yang sepertinya sih sepele,yaitu kaca film mobil.Kaca film mobil biasanya terjadi pada mobil lawas yang tidak mampu menahan sinar ultra violet.Biasanya terjadi pada mobil keluaran dibawah tahun 2000.Maka denganmengganti kaca mobil yang berkualitas bagus menjadi salah satu pilihan yang dapat diandalkan.Baca Cara Menambal Radiator Mobil Bocor

Demikian beberapa hal penyebab Ac mobil tidak dingin,pastikan selalu melakukan perawatan service Ac secara berkala agar anda bisa mendeteksi bagian mana yang menjadi penyebab secara dini dapat diatasi.Gunakan Ac mobil seperlunya saja karena penggunaan yang secara kontinyus malah menyebabkan kinerja Ac menjadi menurun.



antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com