Widget HTML Atas

Advertisements

SELAIN DINAMO STARTER MOTOR,ADA PENYEBAB LAIN MOTOR NGGAK MAU NYALA

Selain Dinamo Starter Motor,ada Penyebab Lain Motor Nggak Mau Nyala-Menyalakan motor dijaman sekarang ini memang hal yang paling gampang.Apalagi motor anda keluaran pabrikan model terbaru tinggal dipencet dikit motor langsung nyala.

Yang membuat beda ketika kita naik motor,udah pencet tombol starter ternyata motor gak mau menyala.Terpaksa kita harus engkol kick starter baru motor mulai menyala.Pernah ngalamin hal seperti ini nggak??Kalau iya berati motor anda mengalami masalah yang berhubungan dengan dinamo starter motor anda.

Bagi anda yang mengalami masalah seperti diatas,anda tak perlu kuatir karena beberapa informasi dibawah ini akan membahas beberapa penyebab motor gak mau menyala ketika distarter.Baca juga Cara Mengatasi Remote Keyles Vario 150 Hilang

PENYEBAB MOTOR GAK MAU NYALA

1.DINAMO STARTER



SELAIN DINAMO STARTER MOTOR,ADA PENYEBAB LAIN MOTOR NGGAK MAU NYALA




Komponen ini bisa juga menyebabkan motor ngak mau menyala ketika tombol starter dipencet,karena tidak mau berputar dinamonya.
Tapi untuk masalah di dinamo starter sendiri jarang sekali di temukan karena dinamo starter sendiri sudah dirancang dengan durability (daya tahan) yang cukup tinggi.Dan yang biasanya mengalami masalah yaitu pada brush (arang) yang mengalami keausan atau arang kumparannya mengalami konsleting.

Bila terjadi masalah seperti ini solusinya adalah dengan mengganti dengan brush yang baru dan harganya dipasaran cukup murah sekitar Rp 25.000.
Untuk pengerjaannya dapat dilakukan sendiri,namun apabila anda tidak suka hal yang ribet bisa meminta bantuan bengkel terdekat.

2.BENDIK MOTOR



SELAIN DINAMO STARTER MOTOR,ADA PENYEBAB LAIN MOTOR NGGAK MAU NYALA




Bendik bertugas memicu aliran listrik dari aki yang akan diumpankan ke dinamo starter.Apabila komponen ini terjadi kerusakan maka tidak akan tersalurkannya aliran listrik ke dinamo starter.Biasanya memiliki ciri berbunyi cetak-cetak apabila mengalami kerusukan.

Untuk memastikan bendik rusak,bisa dengan langsung menjumper langsung dengan cara menghubungkan tangkai obeng dikedua terminal bendik.Apabila mesin motor bisa menyala berarti bendik motor rusak.

Apabila anda ingin mengganti dengan bendik yang baru,biasanya dijual dengan harga Rp 40.000 untuk originalnya dan juga tergantung jenis motornya.

3.AKI MOTOR SOAK



SELAIN DINAMO STARTER MOTOR,ADA PENYEBAB LAIN MOTOR NGGAK MAU NYAL




Aki yang soak bisa menjadi salah satu penyebabnya,karena sudah tidak mampu lagi menyuplai aliran listrik ketika kontak motor dihidupkan.Anda bisa mengeceknya dengan membunyikan klakson maupun menghidupkan lampu sein,apabila tidak berbunyi dan menyala berarti dapat dipastikan aki motor soak.

Yang menyebabkan aki menjadi soak biasanya faktor usia pemakaian dan bisa juga kurangnya perawatan pada aki.Apabila sudah dilakukan penyetruman namun aki tetap tidak bisa menyuplai aliran listrik sebaik ganti aki dengan yang baru.

4.SWITCH STARTER



SELAIN DINAMO STARTER MOTOR,ADA PENYEBAB LAIN MOTOR NGGAK MAU NYALA




Kondisi switch starter yang kotor bisa mengakibat kondisi bekerja dengan maksimal.Biasanya dikarenakan lempengan dibalik mekanisme switch starter sudah tertutupi debu/kotoran.Untuk mengatasinya anda bisa membersihkan dengan mengamplas bagian yang kotor.

Demikian beberapa penyebab lain yang mengkibatkan motor nggak mau nyala ketika distarter.Dengan mengikuti langkak-langkah diatas secara berurutan tentu masalah yang anda hadapi pasti akan terselesaikan.Pastikan juga untuk merawat bagian lain seperti Cara Stel Klep motor dengan mudah agar mesin motor anda tetap terjaga.


antonkevas.com👍
antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
close
Advertisements