Widget HTML Atas

Advertisements

CARA MUDAH MEMPERBAIKI KLAKSON MOTOR YANG RUSAK

Cara mudah memperbaiki klakson motor yang rusak-Klakson merupakan salah satu komponen pada sebuah kendaraan,namun sering sekali diabaikan perawatannya.Memang sangat jarang  terjadi masalah,mungkin itu yang menjadi salah satu penyebab para pemilik jarang sekali melakukan perawatan.

Namun apabila ketika akan digunakan,kadang kita menemui klakson tidak berbunyi ketika tombol klakson dipencet.Tentu saja kita akan merasa was-was,apalagi saat berkendara dijalan raya.

Tak jarang juga terjadi beberapa kasus kecelakaan yang ditimbulkan,akibat pengendara tidak memberikan tanda peringatan kepada para penyebrang jalan atau pengendara lain yang berakibat fatal.Baca Cara Mengatasi Remote Keyles Vario 150 Hilang

Oleh karena itu,antonkevas.com akan membagikan beberapa cara mudah memperbaiki klakson motor yang rusak atau yang hanya berbunyi lirih.

CARA MUDAH MEMPERBAIKI KLAKSON MOTOR YANG RUSAK


Suara Klakson Motor Bermasalah ??

Berikut adalah 3 hal yang perlu sobat perhatikan ketika suara klakson motor mengalami masalah:

1.BAUT PENGATUR PLAT KLAKSON KENDOR

Terjadinya baut klakson yang kendor bisa disebabkan oleh getaran atau goncangan yang terus menerus pada motor anda.Dan ketika baut pengatur plat klakson kendor tentu saja akan berakibat klakson berbunyi sangat lirih atau bahkan tidak berbunyi sama sekali.Ini terjadi akibat getaran ( vibrasi ) 2 metal didalam klakson tidak menghasilkan frekuensi yang benar.

2. METAL KONTAKTOR KOTOR/AUS

Kontaktor berfungsi menyalurkan arus listrik sehingga apabila kontaktor ini kotor atau aus bisa berakibat arus tidak akan sampai ke klakson.Kontaktor ini kotor atau aus bisa karena masa usia pakai kendaraan yang sudah lama sekali dan bisa juga akibat dari percikan bunga api ketika kontak motor anda dihidupkan.

3.KAWAT INDUKSI PADA KLAKSON LEMAH

Walaupun sangat jarang terjadi di bagian ini,namun bisa saja terjadi.Mungkin karena diakibatkan pernah dibongkar pada bagian klakson sehingga lapisan kawat terkelupas.

Selain melakukan pengecekan dibagian tersebut,jangan lupa juga melakukan pengecekan dibagian lainnya,seperti di bawah ini :

  • CEK PADA BAGIAN AKI
  • CEK PADA BAGIAN KABEL KLAKSON
  • CEK PADA BAGIAN SAKLAR KLAKSON

Setelah anda mengetahui beberapa penyebabnya,tentu segera lakukan perbaikan agar klakson dapat digunakan kembali.Simak Selain Dinamo Starter ada Penyebab lain motor tidak mau menyala

Saklar Klakson Motor

Fungsi dari saklar klakson motor adalah  alat komunikasi antar kendaraan. Lebih dari itu, klakson merupakan salah satu fitur keselamatan, yang berguna untuk meminimalkan potensi risiko berkendara.

LANGKAH PERBAIKAN KLAKSON MOTOR YANG RUSAK


1.Langkah yang pertama anda lakukan adalah dengan melepaskan klakson dari dudukannya

2.Selanjutnya lakukan pengecekan dibagian plat pengatur klakson,apabila ditemukan ternyata baut tersebut kendor lakukan pengencangan.

3.Posisikan kontak sepeda motor anda dalam kondisi ON,untuk mengetahui apakah ada arus listrik yang masuk ke dalam klakson.Apabila tidak ada indikasi arus listrik yang masuk,berarti anda harus melakukan pembongkaran pada klakson.

4.Setelah klakson dibongkar,check terlebih dahulu kontaktornya.Apabila terlihat hangus dan memutih lakukan pembersihan dengan menggunakan amplas.Setelah itu pasangkan kembali seperti semula.

5.Lakukan dengan menghidupkan kontak kembali dan menekan tombol klakson,apabila terjadi getaran berarti penyebab klakson tidak berbunyi adalah karena kotor.

6.Jangan lupa untuk mengatur kekencangan bunyi klakson dengan memutar baut pengatur ke kanan atau kiri sampai pas.

Klason Motor Terbaik

1. Klakson Keong Bosch Evolution
2. Klakson Keong Hella Blue Twintone
3. Klakson Denso Disk Fullpower Tone Waterproof
4. Klakson Keong Fiamm AM80S
5. Klakson Keong STEBEL
6. Klakson Keong Denso Power Tone
7. Klakson Keong Flosser
8. Klakson Keong Hella Chrome Twin Tone
9. Klakson Disc Hella Supertone
10. Klakson Keong FER TwinTone

Cara Pemasangan Relay Klakson Motor

Berikut adalah komponen pendukungnya:

  • Socket relay dan terminal konektor
  • relay bosch 4 kaki
  • kotak sekring dan terminal konektor
  • sekring 10 ampere
  • kabel tebal 5 mm
  • Terminal Ring 10mm

Untuk sistem pemasangannya sendiri menggunakan dua macam sistem pelistrikan untuk klakson, yaitu yang dikontrol oleh tegangan negatif dan tegangan positif. Pada bagian bawah relay terdapat beberapa kode nomor untuk menandakan pemasangan rangkaian kabel seperti nomor 30, 85, 86, dan 87.

CARA MUDAH MEMPERBAIKI KLAKSON MOTOR YANG RUSAK


Negative Trigger

Sistem yang dikontrol oleh tegangan negatif biasanya menggunakan 2 kabel, satu kabel untuk ke positif dan satu lagi ke saklar pengontrol.

Begini cara memasangnya:

  • Pasang kabel bagian ujung relay yang bernomor 30 diarahkan ke bagian positif aki (Wajib menggunakan kabel yang tebal dikarenakan langsung dari aki motor).
  • Pasang kabel bagian ujung relay yang bernomor 87 diarahkan ke bagian positif klakson (Penggunaan kabel nya bisa menggunakan yang tebal atau pun yang sedang).
  • Pasang kabel pada bagian ujung relay dengan nomor 85 yang diarahkan ke bagian kabel klakson (A).
  • Pasang kabel pada bagian ujung relay bernomor 86 yang diarahkan langsung ke bagian kabel klakson (B).
  • Pasang ujung kabel relay pada nomer 85 dan 86 yang polaritas nya bisa di bolak balik.



Positive Trigger

Sistem yang dikontrol oleh tegangan positif biasanya menggunakan satu kabel saja dari saklar pengontrol. Kabel satunya lagi mengambil negatif dari ground atau body.

Begini cara memasangnya:

  • Pasang kabel pada bagian ujung relay no 30 mengarah ke positif aki (kabel wajib tebal karenaa langsung dari aki)
  • Pasang pada bagian ujung relay no 87 mengarah ke positif klakson (kabel tebal ataupun sedang).
  • Pasang pada bagian ujung relay no 85 mengarah ke kabel klakson A
  • Pasang pada bagian ujung relay no 86 dihubungkan ke bagian body motor (ground/negatif)


Demikian cara mudah memperbaiki klakson yang rusak,sangat mudah sekali dilakukan sendiri dirumah tanpa harus membawa ke bengkel.Dan perlu anda perhatikan juga apabila memang sudah tidak bisa dilakukan penyetelan lakukan pergantian saja.Anda bisa membeli dengan harga yang cukup murah sekitar 20 ribu saja di toko sparepart terdekat.


Salam,antonkevas.com







antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog

Tidak ada komentar untuk "CARA MUDAH MEMPERBAIKI KLAKSON MOTOR YANG RUSAK"

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
close
Advertisements