Widget HTML Atas

CARA MUDAH MEMPERBAIKI KLAKSON MOTOR YANG RUSAK

Cara mudah memperbaiki klakson motor yang rusak-Klakson merupakan salah satu komponen pada sebuah kendaraan,namun sering sekali diabaikan perawatannya.Memang sangat jarang  terjadi masalah,mungkin itu yang menjadi salah satu penyebab para pemilik jarang sekali melakukan perawatan.

Namun apabila ketika akan digunakan,kadang kita menemui klakson tidak berbunyi ketika tombol klakson dipencet.Tentu saja kita akan merasa was-was,apalagi saat berkendara dijalan raya.

Tak jarang juga terjadi beberapa kasus kecelakaan yang ditimbulkan,akibat pengendara tidak memberikan tanda peringatan kepada para penyebrang jalan atau pengendara lain yang berakibat fatal.Baca Cara Mengatasi Remote Keyles Vario 150 Hilang

Oleh karena itu,antonkevas.com akan membagikan beberapa cara mudah memperbaiki klakson motor yang rusak atau yang hanya berbunyi lirih.

CARA MUDAH MEMPERBAIKI KLAKSON MOTOR YANG RUSAK


BEBERAPA PENYEBAB KLAKSON TIDAK BERBUNYI


1.BAUT PENGATUR PLAT KLAKSON KENDOR

Terjadinya baut klakson yang kendor bisa disebabkan oleh getaran atau goncangan yang terus menerus pada motor anda.Dan ketika baut pengatur plat klakson kendor tentu saja akan berakibat klakson berbunyi sangat lirih atau bahkan tidak berbunyi sama sekali.Ini terjadi akibat getaran ( vibrasi ) 2 metal didalam klakson tidak menghasilkan frekuensi yang benar.

2. METAL KONTAKTOR KOTOR/AUS

Kontaktor berfungsi menyalurkan arus listrik sehingga apabila kontaktor ini kotor atau aus bisa berakibat arus tidak akan sampai ke klakson.Kontaktor ini kotor atau aus bisa karena masa usia pakai kendaraan yang sudah lama sekali dan bisa juga akibat dari percikan bunga api ketika kontak motor anda dihidupkan.

3.KAWAT INDUKSI PADA KLAKSON LEMAH

Walaupun sangat jarang terjadi di bagian ini,namun bisa saja terjadi.Mungkin karena diakibatkan pernah dibongkar pada bagian klakson sehingga lapisan kawat terkelupas.

Selain melakukan pengecekan dibagian tersebut,jangan lupa juga melakukan pengecekan dibagian lainnya,seperti di bawah ini :

  • CEK PADA BAGIAN AKI
  • CEK PADA BAGIAN KABEL KLAKSON
  • CEK PADA BAGIAN SAKLAR KLAKSON

Setelah anda mengetahui beberapa penyebabnya,tentu segera lakukan perbaikan agar klakson dapat digunakan kembali.Simak Selain Dinamo Starter ada Penyebab lain motor tidak mau menyala

LANGKAH PERBAIKAN KLAKSON MOTOR YANG RUSAK


1.Langkah yang pertama anda lakukan adalah dengan melepaskan klakson dari dudukannya

2.Selanjutnya lakukan pengecekan dibagian plat pengatur klakson,apabila ditemukan ternyata baut tersebut kendor lakukan pengencangan.

3.Posisikan kontak sepeda motor anda dalam kondisi ON,untuk mengetahui apakah ada arus listrik yang masuk ke dalam klakson.Apabila tidak ada indikasi arus listrik yang masuk,berarti anda harus melakukan pembongkaran pada klakson.

4.Setelah klakson dibongkar,check terlebih dahulu kontaktornya.Apabila terlihat hangus dan memutih lakukan pembersihan dengan menggunakan amplas.Setelah itu pasangkan kembali seperti semula.

5.Lakukan dengan menghidupkan kontak kembali dan menekan tombol klakson,apabila terjadi getaran berarti penyebab klakson tidak berbunyi adalah karena kotor.

6.Jangan lupa untuk mengatur kekencangan bunyi klakson dengan memutar baut pengatur ke kanan atau kiri sampai pas.

Demikian cara mudah memperbaiki klakson yang rusak,sangat mudah sekali dilakukan sendiri dirumah tanpa harus membawa ke bengkel.Dan perlu anda perhatikan juga apabila memang sudah tidak bisa dilakukan penyetelan lakukan pergantian saja.Anda bisa membeli dengan harga yang cukup murah sekitar 20 ribu saja di toko sparepart terdekat.


Salam,antonkevas.com







antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "CARA MUDAH MEMPERBAIKI KLAKSON MOTOR YANG RUSAK"