Widget HTML Atas

Cara Mudah Mencari TOP kompresi Pada Motor

Bagi anda yang sudah terbiasa atau sudah memiliki pengalaman dalam mengotak-atik sebuah mesin sepeda motor tentu saja sudah tak asing lagi dengan istilah TOP kompresi.Top kompresi adalah posisi dimana piston berada dititik puncak atau TMA (Titik Mati Atas ),sedangkan kompresi dapat diartikan dengan hasil pemadatan atau hasil pencampuran bahan bakar dan udara.Hasil pemadatan tersebut akan dibakar oleh percikan api dari busi sehingga menghasilkan tenaga.

TOP kompresi sendiri selalu dilakukan dalam setiap melakukan perawatan dibagian mesin seperti:

  • Dalam mengatur ulang kerenggangan klep atau katub
  • Penggantian rantai keteng
  • Melakukan belah mesin dibagian head maupun total
Dan apabila TOP kompresi ini diabaikan biasanya pasti akan terjadi kerusakan dibagian lain seperti:
  1. Batang klep menjadi bengkok akibat benturan dengan piston
  2. Kepala piston akan mengalami pecah akibat berbenturan dengan klep
  3. Patahnya stang piston,imbas dari pecahnya piston
  4. Hilangnya tenaga dan mesin akan mengalami rusak parah
Sedangkan bagi anda yang belum paham dan mengerti dengan benar tentang cara mencari titik TOP kompresi tak usah merasa khawatir.Dibawah ini antonkevas.com telah merangkum cara yang mudah dalam mencari titik TOP kompresi.

CARA MUDAH MENCARI TOP KOMPRESI

Banyaknya jenis kendaraan bermotor tentu saja akan menimbulkan berbagai macam jenis bentuk mesin yang berbeda namun tetap mempunyai tujuan yang sama.

Sebagai conto saja,untuk motor type bebek yang banyak sekali digunakan oleh kalangan masyarakat,berikut langkah-langkahnya:


  1. Langkah yang pertama yang dilakukan adalah membuka tutup klep bagian atas bawah serta membuka tutup blog magnet dibagian samping serta lubang pengintai tanda T pada magnet.Dan jangan lupa juga untuk membuka tutup pada timing gear head silinder.
  2. Ambilah kunci T14 atau bisa juga menggunakan kunci shock sesuai mur yang ada dipengunci mangnet.
  3. Putar magnet sesuai dengan arah yang berlawanan jarum jam,sambil mengamati bagian pelatuk atau rocker arm.
  4. Apabila tanda T pada lubang pengintai sudah pas dengan tanda dibagian timing gear bagian head,namun yang bergerak menekan adalah pelatuk klep bagian bawah (buang) berarti masih dalam kondisi TOP BUANG.
  5. Lakukan putaran lagi sampai tanda T pada lubang pengintai magnet sama dengan tanda timing dibagian gear head silinder,namun pelatuk yang bergerak dibagian atas (isap) berarti mesin sudah dalam kondisi TOP KOMPRESI.


Perlu anda ketahui bahwa ketika terjadi TOP kompresi maupun TOP buang kedua klep menutup.

Sangat mudah sekali bukan,kuncinya adalah anda harus teliti dalam mengamati perputaran magnet dan pelatuk mana yang bergerak ( bisa sambil dengan meraba dengan tangan ).

Dan ketika anda ingin melakukan penyetelan ulang pada klep,bisa dilakukan ketikan mesin pada TOP BUANG dan TOP KOMPRESI.Hal ini dilakukan agar celah kerenggangan klep menjadi seperti standart semula sehingga kinerja mesin menjadi lebih optimal.Cara menyetelnya bisa melihat di cara stel klep motor 4-tak dengan mudah.

Demikianlah cara mudah mencari TOP kompresi pada motor,sangat simple sekali dan mudah dilakukan sendiri.Untuk mengingatkan kembali bahwa TOP kompresi adalah ketika piston berada di puncak (TMA),selamat mencoba.

salam,antonkevas.com👍👍

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

No comments for "Cara Mudah Mencari TOP kompresi Pada Motor"