Widget HTML Atas

Ciri-Ciri Pembakaran Sempurna Pada Busi

Memiliki sebuah sepeda motor yang bertenaga namun juga tidak boros dalam pemakaian bahan bakar tentu menjadi dambaan setiap pemilik.Tentu saja semua itu tak lepas dari efek pembakaran busi yang sempurna.Namun banyak juga akibat dari iritnya pemakaian bahan bakar malah membuat mesin menjadi berkendala.

Sehingga munculah tekhnologi sistem injeksi yang diaplikasikan pada sebuah kendaraan.Sistem ini bekerja mencampur bahan bakar dan udara yang sudah diprogram secara tepat sehingga akan membuat takaran yang pas dan pembakaran pada busi menjadi sempurna.

Bagi yang belum menggunakan sistem injeksi atau karburator bisa menghasilkan pembakaran sempurna asalkan pencampuran bahan bakar dan udara sesuai.Untuk mengetahui pembakaran sempurna dapat dilihat pada warna busi yang dihasilkan.Warna coklat atau merah bata menandakan bahwa pembakaran pada mesin motor anda berlangsung dengan sempurna.

Bagi anda yang belum mengetahui,berikut warna busi yang telah antonkevas.com rangkumkan.

Ciri Pembakaran Pada Busi

Secara umum pembakaran pada busi dibedakan menjadi 3 macam warna,yaitu;

1.Elektroda Busi berwarna Coklat

Ciri-Ciri Pembakaran Sempurna Pada Busi


Warna coklat yang terdapat di ujung elektroda busi menandakan bahwa pembakaran didalam mesin tersebut berlangsung dengan sempurna.Warna pembakaran sempurna pada busi ini beragam,namun umumnya berwarna coklat seperti teh.

2.Elektroda Busi berwarna Hitam Pekat

Ciri-Ciri Pembakaran Sempurna Pada Busi


Warna hitam pekat pada ujung elektroda busi menandakan adanya kelebihan bahan bakar.Maka hal ini bisa dikatakan campuran bensinlebih banyak dari udara sehingga pembakarannya menjadi kurang sempurna.

Pada hal ini pembakaran seperti ini biasanya ditandai asap knalpot berbau bahan bakar dan kadang mengeluarkan asap hitam.Memang dengan borosnya bahan bakar membuat mesin menjadi lebih powerfull,namun efeknya membuat busi menjadi cepat mati,lebih boros serta akselerasi menjadi lebih berat.

3.Elektroda Busi berwarna Putih

Ciri-Ciri Pembakaran Sempurna Pada Busi


Warna putih pada ujung elektroda busi menandakan campuran bensin yang kurang dari kadar normalnya.Kondisi seperti ini membuat bahan bakar yang masuk ke ruang bakar menjadi lebih sedikit.

Akibatnya dari hal tersebut mesin akan susah dihidupkan serta mesin gampang mati.Selain itu juga mesin akan cepat panas,tenaga juga menurun dan juga akan berdampak pada komponen lain pada mesin.

4.Elektroda Busi berwarna Hitam Basah Oli

Ciri-Ciri Pembakaran Sempurna Pada Busi


Apabila hal seperti ini terjadi pada motor kesayangan anda,berarti terjadi kerusakkan pada bagian liner piston atau ring piston dalam kondisi rusak.Akibatnya oli akan masuk ke ruang pembakaran dan kompresi akan menjadi hilang serta lama-kelamaan mesin akan mati total (karena kapasitas oli menurun ).

Itulah beberapa warna yang biasanya terdapat di ujung elektroda busi,jadi untuk melihat bahwa mesin motor anda melakukan pembakaran sempurna harus memastikan warna busi motor anda berwarna coklat (merah bata ).

Namun apabila warna elektroda busi anda berwarna putih serta hitam (tidak basah oli ) berarti anda harus melakukan beberapa hal antara lain;
  • Apabila motor anda masih menggunakan karburator,tentu saja anda harus mengatur kembali campuran udara dan bahan bakar yakni dengan mengganti ukuran pilot jet atau main jet.Untuk ukuran pilot maupun main jet terdapat beberapa variasi ukuran yakni ukuran lebih besar untuk memperbesar pasokan bahan bakar dan ukuran yang lebih kecil untuk memperirit pasokan bahan bakar.
  • Sedangkan untuk motor yang sudah menggunakan sistem injeksi,anda bisa dengan melakukan reset ulang dibagian ECU / ECM.Dengan mereset ECU tentu saja akan membuat sistem injeksi pada motor anda seperti motor yang baru keluar dari pabriknya.Apabila anda bingung cara reset ECU bisa dilihat pada Reset ECU Motor Injeksi Honda 100 Work.
  • Dan bila anda menjumpai busi yang berwarna putih anda harus memeriksa beberapa bagian seperti selang bahan bakar,fuel pump atau bagian injektor yang mengalami penyumbatan.
Demikian ciri-ciri pembakaran sempurna pada busi,semoga bisa menambah wawasan dan langkah apa yang harus dilakukan apabila pembakaran mesin motor anda kurang sempurna.Selain itu lakukan perawatan secara berkala rutin untuk mencegah hal buruk sehingga motor anda selalu dalam kondisi prima.Serta jangan lupa untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai kadar oktanya karena hal ini mempengaruhi pembakaran mesin.

salam,antonkevas 👍👍

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Ciri-Ciri Pembakaran Sempurna Pada Busi"