Widget HTML Atas

8 Tips Aman Berkendara Saat Musim Penghujan

Tips Aman Berkendara saat Musim Penghujan-Memasuki musim penghujan yang sebentar lagi tiba,tentu saja sobat harus mempersiapkan beberapa perlengkapan tambahan ketika berkendara.Hal ini bertujuan agar sobat berkendara dengan aman dan selamat sampai tujuan.

Genangan air hujan bisa saja membuat jalan menjadi licin dan efek air hujan juga bisa menyebabkan jalan menjadi berlubang.Oleh sebab itu tips aman berkendara saat musim penghujan sangat diperlukan sekali.

Apabila sobat menggunakan sepeda motor sebagai alat tranportasi utama,8 tips aman berkendara saat hujan dibawah ini bisa sobat terapkan.

8 Tips Aman Berkendara Saat Musim Penghujan


TIPS AMAN BERKENDARA SAAT HUJAN

1.PERIKSA KONDISI BAN

Kondisi ban yang sudah gundul tentu saja akan berbahaya sekali ketika melewati aspal yang licin.Tingkat kecelakaan lalu lintas akibat kondisi ban yang sudah tidak layak pakai masih sangat cukup lumayan.

Selain kondisi luar ban,tekanan angin juga memerlukan perhatian.Karena kondisi ban yang kempes atau terlalu keras bisa menjadikan ban sulit menapak di aspal yang licin.Pelajari juga penyebab masalah ban lainnya seperti penyebab ban habis sebelah.

2.PASTIKAN KONDISI LAMPU PENERANGAN MOTOR BAIK

Hujan yang cukup deras,akan membuat pandangan mata ke depan menjadi berkurang.Kondisi yang seperti ini sangat berbahaya sekali,karena sobat tidak melihat dengan jelas kondisi jalan atau kondisi lalu lintas yang ada didepan.

Oleh karena itu,lampu penerangan pada motor  menjadi tanda bahwa ada kendaran yang saat ini berada didepan.Apabila kondisi bohlam lampu motor dalam kondisi mati,segera lakukan pergantian saja.

Pastikan dalam proses penggantian lampu,gunakan lampu yang original sesuai yang direkomendasikan pabrikan motor yang sobat pakai.Bisa juga dengan mengganti lampu LED agar lampu motor sobat lebih awet.

3.PASTIKAN KONDISI MESIN DALAM KONDISI BAIK

Kondisi mesin yang buruk bisa saja bertambah parah dan mogok akibat terkena air hujan.Curah air hujan yang sangat lebat bisa saja masuk dan terbawa kedalam karburator dan menyebabkan motor menjadi macet.

Untuk mencegah hal tersebut pastikan semua cover body sobat terpasang semua dengan benar,tak terkecuali juga bagian filter udara.Karena biasanya air masuk melalui filter udara yang terbuka (khususnya untuk motor bebek).Sedangkan untuk motor matic pasti ditandai dengan nyala kode mild yang perlu dilakukan Reset ECU.

4.JAGA JARAK DAN KECEPATAN

Pandangan mata yang terhalang oleh air hujan membuat penglihatan menjadi sedikit agak kabur.Alangkah baiknya jika sobat tetap menjaga jarak 2 - 3 meter untuk menghindari apabila kendaraan yang didepan melakukan rem mendadak.

Selain itu pastikan anda mengurangi kecepatan,karena dengan sobat mengurangi kecepatan maka resiko terjadinya kecelakaan menjadi lebih kecil.

5.JAGA EMOSI KETIKA BERKENDARA

Berkendara dengan kecepatan yang cukup lumayan cepat tanpa memperhatikan kendaraan yang berada didekatnya,kadang saja bisa menimbulkan pengendara saling bersenggolan.

Hal seperti ini biasanya akan memicu emosi bahkan bisa saja terjadi adu mulut sampai baku hantam.Oleh karena itu penting menjaga emosi,agar sobat berkendara dengan aman dan nyaman.

6.PASTIKAN RUTE JALAN YANG AKAN DI LALUI

Dengan mengetahui rute jalan yang akan dilalui,membuat pengendara mengetahui dengan persis kondisi jalan.Hal ini akan meminimalisir resiko terjadinya celaka.

7.GUNAKAN ALAS KAKI ANTI SLIP

Selain untuk melindungi kaki dari guyuran air hujan,alas kaki ini juga membantu sobat ketika sedang memberhentikan kendaraan.Bayangkan saja bila alas kaki ini licin,tentu saja akN membuat pijakan kaki menjadi tidak kokoh dan roboh.

8.JANGAN SERING MENEROBOS GENANGAN AIR

Jalan yang terdapat genangan air,menandakan bahwa kondisi jalan tersebut berlubang.Akan berbahaya sekali apabila pengendara menerobos genangan air tersebut.Maka sebaiknya hindari saja genangan air yang berada di jalur perjalanan sobat.

Semoga dengan mengetahui 8 tips aman berkendara saat musim penghujan,bisa membuat sobat berkendara secara aman dan nyaman serta selamat sampai tujuan dari berangkat sampai kembali ke tujuan.

antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "8 Tips Aman Berkendara Saat Musim Penghujan"