Widget HTML Atas

Advertisements

Beberapa Penyebab Ecu motor Injeksi Rusak

 Tekhnologi yang maju saat ini sudah merambah hampir disemua bidang,tak terkecuali juga sudah merambah ke dunia otomotif yakni dengan hadirnya tekhnologi injeksi.Sistem tekhnologi injeksi ini bekerja menggantikan sistem dari karburator.Tentu saja sistem injeksi ini tak bisa bekerja dengan sendirinya,oleh karena itu semua telah diatur dengan sempurna oleh perangkat yang dinamakan dengan ECU.Oleh sebab itu penting untuk mengetahui ciri-ciri motor ecu rusak.

ECU pada motor injeksi memiliki fungsi yang sangat kompleks sekali,kalau diibaratkan dalam tubuh manusia ia adalah sebuah otak.Otak yang sudah terkomputerisasi dan terpasang di setiap motor injeksi.

Bila komponen ECU motor ini mengalami kerusakkan maka otomatis motor pasti mengalami masalah dan berakhir dengan sepeda motor tidak mau menyala alias mogok.

Pada kesempatan ini,antonkevas akan memberikan beberapa informasi mengenai beberapa penyebab ecu/ecm mengalami kerusakan.Namun sebelum sobat mengetahui lebih banyak tentang penyebabnya,tentu sobat harus memahami terlebih dahulu fungsi dari komponen ECU tersebut.

Beberapa Penyebab Ecu motor Injeksi Rusak


FUNGSI ECU PADA MOTOR INJEKSI & CIRI CIRI ECU MOTOR RUSAK

Berikut fungsi komponen ECU pada umumnya:

  • Mengatur posisi atau timming pembukaan katup sesuai dengan kondisi mesin saat bekerja
  • Memberikan signal atau tanda ketika kendaraan mengalami masalah
  • Mengatur timming pengapian busi
  • Mengatur volume serta bukaan gas pada sistem injektor
  • Membaca kecepatan mesin


Ciri-ciri ECU motor rusak

Beberapa ciri-ciri ECU (Electronic Control Unit) motor yang rusak antara lain:


1.Mesin tidak bisa dihidupkan: ECU yang rusak dapat menyebabkan mesin tidak dapat dihidupkan karena sinyal kontrol sistem bahan bakar dan pengapian yang dikendalikan oleh ECU tidak berfungsi dengan benar.

2.Mesin sulit dihidupkan: ECU rusak dapat menyebabkan mesin sulit dihidupkan karena sinyal kontrol sistem bahan bakar dan pengapian yang dikendalikan oleh ECU tidak stabil.Bahkan busi tidak menyemburkan api.

3.Performa mesin menurun: ECU bermasalah dapat mempengaruhi kinerja mesin dan menyebabkan performanya menurun seperti kurang tenaga atau akselerasi yang lambat.

4.Konsumsi bahan bakar meningkat: ECU rusak dapat mengakibatkan mesin menjadi lebih boros bahan bakar karena sinyal kontrol sistem bahan bakar yang tidak stabil.

5.Lampu indikatir Check Engine terus menyala: ECU rusak dapat membuat lampu Check Engine di dasbor menyala untuk memberi tahu pengemudi bahwa ada masalah dengan sistem pengendalian mesin.

6.Kendaraan kehilangan tenaga: ECU rusak dapat menyebabkan kendaraan kehilangan tenaga saat digunakan dan bisa berdampak pada kemampuan kendaraan untuk menempuh jarak yang lebih jauh.

7.Gangguan pada sistem sensor/ kerusakan sensor: ECU bermasalah juga dapat mempengaruhi sistem sensor yang terhubung ke mesin dan mengakibatkan gangguan atau kesalahan pada pembacaan sensor.


PENYEBAB ECU MOTOR INJEKSI RUSAK

1.MASA USIA PEMAKAIAN YANG CUKUP LAMA

wajar saja apabila hal ini terjadi,karena umur pemakaian yang sudah terlalu lama akan membuat komponen pasti mengalami kerusakkan,tak terkecuali juga pada bagian ECU.

2.SALAH DALAM MELAKUKAN PERBAIKAN

Bagi sobat yang masih awam dalam dunia perbaikkan motor kadang-kadang sering melakukan tindakkan perbaikkan sendiri tanpa di temani mekanik.Bukannya untung malah buntung karena tindakan sepele yang sobat lakukan malah membuat masalah yang lebih besar,jadi sebaiknya pasrahkan saja pada mekanik kepercayaan langganan sobat.

3.MELAKUKAN MODIFIKASI DI BAGIAN KELISTRIKKAN

Pemasangan atau penambahan perangkat yang berhubungan dengan sistem kelistrikan pada motor yang sudah menggunakan sistem ECU bisa mengakibatkan kondisi aki menjadi drop.Tindakkan ini tentu saja berpengaruh dan bisa menjadi penyebab ECU mengalami masalah.Dan ketika posisi kunci kontak ON maka lampu mil akan menyala maka kemungkinan besar ecu mengalami masalah.

4.TERJADI KONSLETING 

Rusaknya salah satu sensor yang terpasang dan tidak ada proses perbaikkan dengan segera tentu saja akan merembet ke bagian sensor yang lain.Karena sistem sensor pada motor saling berkaitan satu sama lain sehingga ECU tidak dapat membaca data yang dikirimkan dan terjadilah eror program maka terjadilah konsleting.

5.PERGANTIAN SPARE PART YANG TIDAK TEPAT

Proses pergantian pada perangkat sensor yang mengalami masalah,harus dipastikan dengan jenis dan type spare part yang sama dengan kondisi originalnya.Karena spare part dengan kualitas yang kurang bagus tentu saja tidak dapat bekerja dengan maksimal.Bahkan umumnya lebih cepat mengalami kerusakkan dan bisa menimbulkan masalah baru pada ECU.

6.TERJADI HAL YANG TIDAK DIINGINKAN

Yang dimaskud adalah kerusakan ECU terjadi karena tindakan kecelakaan seperti terjatuh dan terbentur benda keras.Dan salah satu bencana musiman yang sering terjadi yakni banjir yang mengakibatkan motor terendam.Sehingga air akan masuk ke fuel pump dan pompa bahan bakar malah memompa air bukan bahan bakar.

CARA MENGATASI ECU RUSAK / Cara Memperbaiki Ecu Motor yang Rusak

Cara yang paling tepat adalah dengan menggantinya dengan ECU yang baru.Pastikan sobat membeli sesuai dengan type dan jenis ECU yang sama.Agar tidak terjadi kekeliruan dan malah mengakibatkan spare part ECU tidak cocok.Usahakan sobat membeli dengan kualitas yang sama dengan standart pabrikkan atau orisinil.

Demikianlah informasi mengenai beberapa penyebab ecu motor injeksi rusak,semoga dengan membaca artikel diatas bisa menambah lagi pengetahuan sobat.






antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog

Tidak ada komentar untuk "Beberapa Penyebab Ecu motor Injeksi Rusak"

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
close
Advertisements