Widget HTML Atas

Cara Menghitung CC Motor Yang Wajib Sobat Ketahui

Bagi anak motor tentu saja harus mengetahui beberapa istilah yang sering dibicarakan didunia perbengkelan khususnya untuk dunia sepeda motor.Ada istilah yang dinamakan dengan bore up dan stroke up.Untuk melakukan langkah tersebut,tentu saja sobat harus  paham terlebih dahulu cara menghitung cc motor.

Istilah CC tersebut adalah singkatan dari centimeter cubic.Kenapa harus CC??karena didalam sebuah mesin kendaraan terdapat volume ruang bakar.Maka untuk mempermudah dalam penyampaian maka disebut dengan cc.

Volume atau cc ruang bakar setiap sepeda motor tentu saja banyak yang berbeda,mulai dari 100 cc sampai dengan 1000 cc bahkan lebih.Semakin besar nilai cc ang dihasilkan maka semakin besar pula tenaga atau kapasitas ang akan dikelaurkan sebuah mesin.Oleh karena itu banak sekali para sobat biker yang melakukan modifikasi motornya dengan Bore up dan stroke up.

Bore up adalah suatu perubahan atau memodifikasi yang bertujuan untuk menaikkan kapsistas mesin,yakni biasanya dengan melakukan pergantian piston standart dengan piston yang memiliki ukuran lebih besar.Sedangkan stroke up adalah proses menaikkan langkah piston dengan mengganti pen stroker standart dengan pen stroke lainnya. 

CARA MENGHITUNG CC MOTOR

Cara menghitung cc sebuah motor ternyata caranya sangat mudah dan gampang sekali,yuks simak saja secara lengkap.

1.CARA MENGHITUNG CC MOTOR 2 TAK

Perhatikan gambar dibawah ini

Cara Menghitung CC Motor Yang Wajib Sobat Ketahui


apabila Diameter piston sebuah  motor sebut saja motor Yamaha FIZR adalah 53 mm.Dan Langkah dari silinder motor tersebut adalah 52 mm.

Cara Menghitung CC Motor Yang Wajib Sobat Ketahui


Maka RUMUS  CC = 3,14 X D X D X L : 4000

                                    = 3,14 X 53 X 53 X 52 : 4000

                                    = 114,6 jadi dibulatkan menjadi 115 cc

Sedangkan untuk motor 4 tak tak jauh berbeda caranya.

2.CARA MENGHITUNG CC MOTOR 4 TAK

Misal telah diketahui diameter motor diatas (gambar piston) adalah 53 mm maka jari-jarinya adalah 26,5 mm.Dan untuk langkahnya adalah 52 mm( gambar silinder blok).

Maka RUMUS CC = 3,14 X JARI" X JARI" X L : 1000

                                    = 3,14 X 26,5 X 26,5 X 52 : 1000

                                    = 114,66 jadi dibulatkan menjadi 115 CC.

Demikian cara menghitung cc motor yang wajib sobat ketahui,semoga bisa menambah ilmu pengetahuan sobat didunia perbengkelan motor.Dan semoga bisa membantu sobat yang ingin melakukan penambahan cc pada motornya.






 

antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk " Cara Menghitung CC Motor Yang Wajib Sobat Ketahui"