Widget HTML Atas

8 Point Penyebab Mobil Turun Mesin

 Mobil untuk saat ini sudah tidak lagi menjadi sebuah barang yang mewah,karena sudah banyak sekali dijumpai diberbagai pelosok.Mungkin salah satu yang menjadi pemiliknya adalah sobat sendiri.Nah sebagai pemilik kendaraan mobil,sobat pasti pernah mendengar istilah turun mesin.Oleh sebab penting sekali untuk mengetahui 8 point penyebab mobil turun mesin.

Masalah mobil mengalami turun mesin bisa disebabkan oleh banyak hal dan semua itu juga tergantung dari si pemilik dalam merawat mesin mobil yang benar.Maka tidak heran bila peranan dalam merawat mobil yang benar akan menghindari kerusakan yang berakibat mobil mengalami turun mesin.

8 Point Penyebab Mobil Turun Mesin


APA SIH TURUN MESIN?

Turun mesin adalah sebuah proses pelepasan dan disertai dengan pembongkaran mesin dari sebuah kendaraan yang bertujuan untuk melakukan pemeriksaan dan juga perbaikkan.Dalam pemeriksaan dan perbaikkan biasanya dilakukan secara menyeluruh dan sangat detail agar masalah yang menjadi penyebabnya teratasi dengan vaid dan tepat.Dan dilakukan oleh para mekanik yang sudah ahli dibidangnya.

PENYEBAB MOBIL TURUN MESIN

Faktor yang menjadi penyebab mobil mengalami kerusakan yang cukup hebat dibagian mesin dan diharuskan untuk dilakukan perbaikkan secara menyeluruh bisa sobat simak penjelasannya dibawah ini.

1.Mobil Mengalami Overheating

Overheating adalah panas yang cukup berlebihan yang mengakibatkan mesin mobil sobat menjadi mogok. Dampak dari terjadinya overheating bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian head silinder dan piston didalam silinder blok mengalami masalah serta kerusakkan lainnya.Perhatikan panel temperatur mobil sobat,ketika dalam perjalanan pelan suhu temperatur naik dengan cepat berarti ada masalah dibagian mesin.Jangan biarkan atau sepelekan hal tersebut karena dampaknya akan lebih banyak lagi.

2.Sistem Pelumasan Yang Sangat Buruk

Pelumasan pada mesin memiliki peranan yang sangat penting yaitu untuk menjaga agar komponen didalam mesin tidak terjadi gesekan.Apabila pelumasan mesin dalam keadaan yang buruk atau tidak bekerja dengan baik makan akan mengakibatkan terjadinya gesekkan antar komponen.

Bila hal ini terjadi secara terus menerus akibatnya akan terjadi kerusakan dibagian komponen dan mengakibatkan kinerja mesin menjadi tidak bekerja secara maksimal dan mobil mengalami turun mesin.

Perhatikan dashboard indikator oli pada mobil sobat,apabila selalu terus menyala berati telah terjadi masalah.Perhatikan batas waktu yang tepat untuk ganti oli mesin mobil,agar sirkulasi pelumasan selalu tetap terjaga dengan baik.

3.Kehabisan Air Radiator

Jumlah air yang sangat sedikit didalam radiator bisa menjadi salah satu penyebab turun mesin pada mobil.Karena fungsi dari radiator juga membantu agar kondisi suhu pada mesin selalu terjaga.Apabila hal ini terjadi bisa saja terjadi kerusakan dibagian slinder mesin mobil tersebut dan mobil akan mengalami kerusakkan.Kebiasaan kehabisan air radiator banyak terjadi,karena lalainya pemilik dalam melakukan pengontrolan radiator.

4.Head Silinder Berkarat

Kondisi dibagian head silinder yang mengalami karat,dan membuat beberapa titik lubang yang mampu membuat oli masuk kedalam saluran air dan begitupun sebaliknya air masuk ke dalam ruang kompresi.Bercampurnya air dengan oli akan mengakibatkan air didalam radiator menjadi berminyak,sehingga kinerja radiator menjadi berkurang.Dan begitu pula oli yang tercampur dengan air didalam mesin,membuat oli berwarna kecoklatan sehingga kualitas oli menjadi tidak bagus lagi.

5.Mesin Mobil Terendam Air

Untuk sobat yang tinggal didaerah yang rawan dengan bencana alam banjir,harus benar-benar ekstra hati-hati.Karena air yang merendam mesin mobil sobat akan masuk dan tercampur kedalam mesin.Air yang masuk kedalam mesin dan terbawa ke dalam ruang bakar tentu saja akan berbahaya sekali.Karena bisa menyebabkan piston akan mengalami pecah ketika mesin mobil dihidupkan.Ini adalah akibat dari tekanan yang dialami oleh piston.Gejala seperti ini biasanya disebut water hammer.

6.Knalpot Mengeluarkan Asap Putih

Apabila knalpot pada mobil sobat sudah mengeluarkan asap berwarna putih,berarti telah terjadi masalah dibagian mesin.Asap putih yang keluar adalah akibat dari oli mesin masuk ke dalam ruang bakar dan terbakar olrh percikan api dari busi.Bila hal ini terjadi dalam kurun waktu yang lumayan lama,maka oli akan berkurang kuatintasnya.Imbas dari kurang oli akan berdampak terhadap komponen dibagian lain sperti head silinder,piston,blok silinder serta bagian lain.Kerusakan pada bagian-bagian itulah yang nanti akan membuat mesin mobil sobat bermasalah serta akhirnya terjadi turun mesin.

7.V-Belt Mengalami Putus

Kondisi v-belt yang mengalami putus bisa saja mengakibatkan mesin mobil mengalami masalah dan turun mesin.V-belt yang putus bisa mengkibatkan piston dan katup yang sedang bekerja mengalami tabrakkan.Inilah yang menjadi akar masalah sehingga mobil turun mesin.Namun ada juga dengan kejadian v-belt yang mengalami putus tidak terjadi apa-apa pada mesin sobat,tetapi hanya mengakibatkan macet atau mogok saja.

8.Suara Mesin Mobil Kasar

Layaknya suara mesin mobil pada umumnya (berbahan bakar bensin) biasanya bersuara cukup halus.Namun bila suara mesin mobil sobat sudah layaknya mesin berbahan bakar diesel berarti ada kerusakkan atau masalah dibagian mesin.Namun sebaiknya sobat melakukan pengecekkan terlebih dahulu,apakah suar kasar terjadi bukan akaibat dari mesin.Tetapi bila suara kasar berasal dari mesin berarti sobat harus melakukan turun mesin untuk memastikan hal tersebut.

KAPAN WAKTU YANG TEPAT MELAKUKAN TURUN MESIN ?

Turun mesin pada mobil dilakukan ketika mesin mengalami kerusakkan yang sangat berat.Biasanya ditandai dengan beberapa penyebab seperti yang telah disebutkan.Namun bisa saja memang karena faktor usia pemakaian mobil sobat yang sudah cukup lama,sehingga sudah ada atau terdapat komponen-komponen yang sudah aus.Dan menurut standartnya,turun mesin pada mobil ketika jarak tempuh mobil tersebut sudah mencapai 150.000 km.

BERAPA BIAYA UNTUK TURUN MESIN ?

Biaya yang dikeluarkan ketika turun mesin,tentu sangat bervariatif sekali.Semua tergantung dari tempat atau jasa pengerjaan (bengkel resmi/non resmi) serta komponen apa yang dilakukan pergantian.Sekedar etimas saja,untuk turn mesin mobil jepang ongkos jasa pengerjaannya sekitar 2 juta-5 juta.Itu belum termasuk spare part penggantinya,karena harga spare part sendiri bermacam-macam mulai dari 3 juta sampai 10 juta rupiah.

ESTMASI WAKTU PENGERJAANNYA

Antara mobil satu dengan mobil lainnya tentu akan beerbeda waktu selesai pengerjaannya.Hal ini karena tingkat kerusakan pada mesin mobil juga berbeda.Namun waktu ideal pengerjaannya biasanya selama 1 minggu untuk mendapatkan hasil pengerjaan yang lebih optimal.

Demikianlah semua informasi mengenai 8 point penyebab mobil turun mesin.Semoga informasi diatas bisa berguna bagi sobat.Dan bila mobil sobat mengalami salah satu point penyebab seperti yang disebutkan diatas,segeralah untuk membawa ke bengkel.Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerusakkan yang terjadi pada mesin mobil sobat.Jadi lebih teliti lagi dalam melakukan perawatan pada mobil yang sobat punya.


antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "8 Point Penyebab Mobil Turun Mesin"