Widget HTML Atas

4 Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus

 Bagi sobat yang sudah menggunakan motor berteknologi injeksi,antonkevas sarankan untuk membaca artikel ini.Salah satu artikel yang membahas tentang penyebab lampu indikator injeksi menyala terus.

OK,kita simak saja penjelasannya berikut ini.

Apakah sih Lampu Indikator?? Lampu indikator adalah sebuah tanda yang terdapat di setiap dashboard motor yang sudah menggunakan tekhnologi injeksi.Lampu indikator ini digambarkan dalam bentuk bongkahan mesin.

Fungsi dari lampu indikator injeksi ini,memberikan tanda bahwa telah terjadi masalah pada mesin atau komponen lain pada motor sobat.Karena pada posisi normalnya,ketika setiap sobat menghidupkan motor maka lampu indikator akan menyala dan selanjutnya akan mati sendiri dalam beberapa saat.

Maka apabila lampu indikator injeksi menyala terus,berarti telah terjadi masalah atau kerusakkan.Dan apabila dibiarkan secara terus menerus,tentu saja tidak baik karena akan memberikan efek yang buruk pada mesin hingga berujung motor sobat tidak akan menyala.

4 Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus


Salah satu point penyebabnya bisa di karenakan ada permasalahan pada bagian aki dan bagian lainnya.Nah untuk melihat beberapa peyebab lainnya,kita simak saja penjelasan antonkevas sebagai berikut:

1.Accu Mengalami Masalah

Sebagai sumber utama kelistrikkan di dalam motor injeksi,maka apabila accu ini mengalami tegangan yang menurun alias ngedrop maka akan mempengaruhi kinerja dari sensor-sensor di mesin tersebut.

Sebagai contoh saja,apabila sobat menggunakan motor injeksi merk yamaha dan lampu indikator injeksi menyala terus berkedip selama 46 kali berarti telah terjadi aliran listrik tidak normal.Simak Daftar Kode mil yamaha yang wajib sobat tahu.

Untuk masalah accu soak biasanya dikarenakan oleh komponen regulator atau kiprok sudah mengalami rusak.Sobat bisa melakukan pengecekkan accu dan kiprok dengan menggunakan avometer.Apabila accu bener-bener soax,sobat bisa melakukan perbaikkan,cara bisa dilihat pada cara service  aki dengan mudah.

2.Ecu Mengalami masalah

Bagian Ecu adalah salah satu komponen yang sangat paling penting pada motor injeksi.Ibarat manusia Ecu adalah otak yang melakukan control seperti mengatur campuran bahan bakar dengan udara,mode ridding dan lainnya.Cara pertama dalam mengatasi ecu yang bermasalah,sobat bisa melakukan tindakan cara reset ecu motor.

3.Sensor Mengalami Masalah

Salah satu sensor yang mengalami masalah biasanya terjadi pada sensor tps.Sensor TPS memiliki fungsi membaca tinggi bukaan gas dan meneruskan signal ke bagian ecu.Apabila sensor tps ini mengalami masalah maka lampu indikator injeksi akan menyala.Berikut adalah salah satu cara memperbaiki sensor tps.

4.Pulser Motor Mengalami Masalah

Pulser merupakan salah satu komponen yang berguna untuk memastikan timming pengapian ke bagian cdi atau ecu.Apabila kondisi pulser mengalami masalah,maka akan memberikan pengaruh terhadap hasil pembacaan timmingnya.Dan akibatnya akan memberikan signal yang tidak jelas kepada bagian ecu atau cdi sehingga mengakibatkan lampu indikator injeksi menyala.Simak cara mengecek pulser dengan mudah.

5.Masalah Pada Filter Udara

Filter udara yang dalam kondisi kotor akan mengakibatkan bagian lain mengalami masalah seperti injektor kotor.Simak cara memperbaiki fuel pump pada motor injeksi.Filter udara berguna untuk menyaring udara yang akan masuk ke dalam ruang pembakaran.Lakukan pembersihan filter udara secara rutin agar kinerja motor selalu terjaga.

Untuk melakukan pencegahan hal tersebut terjadi,sebaiknya sobat melakukan perawatan secara rutin seperti melakukan pergantian oli tepat waktu,melakukan pembersihan filter dan perawatan lainnya.

sedangkan penyebab lampu indikator injeksi menyala terus pada mobil adalah sebagai berikut:

1. Tutup Bensin Kurang Rapat

Menyalanya lampu penanda injeksi pasti hendak memunculkan kepanikan pada pengemudi mobil, terlebih bila pengendara tersebut masih awam. Keadaan tersebut ialah normal terjalin, sebab lampu penanda yang menyala dapat jadi peringatan dini untuk pengendara terpaut terdapatnya kendala pada mesin kendaraan.

Tetapi, kamu tidak butuh takut terlebih dulu kala indicator check engine menyala. Sebab, dapat jadi bukan terdapatnya permasalahan mesin, namun akibat dari tutup bensin yang kurang rapat.

Butuh kamu ketahui, perihal sepele ini hendak dibaca oleh sensor ECU selaku keadaan yang beresiko. Hingga dari itu, lekas cek keadaan tutup bensin serta eratkan penutup bila dirasa kurang menutup sempurna.

2. Permasalahan Pada Filter Udara

Pemicu lampu penanda injeksi menyala terus pada mobil pula dapat terjalin sebab terdapatnya permasalahan pada filter hawa. Umumnya, keadaan ini terpaut dengan filter hawa yang kotor maupun butuh ditukar.

Semacam yang dikenal, filter hawa sangat berkaitan erat dengan sensor mass air flow. Dimana, sensor tersebut berfungsi dalam memastikan bahan bakar yang digunakan.

Bila filter hawa tersebut sangat kotor, hingga dapat menimbulkan debu dan kotoran dari luar dapat masuk, sehingga bisa membatasi suplai hawa ke dalam ruang bahan bakar mobil.

Keadaan ini hendak membuat sensor mass air flow tidak bekerja dengan baik, yang kesimpulannya menimbulkan lampu penanda pada check engine menyala terus menerus.

3. Kehancuran Pada Sensor Oksigen

Kala komponen sensor ini hadapi kehancuran, secara tidak langsung hendak pengaruhi kinerja mesin, dan mengganggu catalytic converter.

Umumnya, keadaan tersebut dapat terjalin sebab sensor oksigen tertutup oleh oli, sehingga hendak kurangi keahlian dalam mencerna oksigen. Kondisi ini dapat jadi pemicu lampu penanda injeksi menyala terus pada mobil.

4. Permasalahan Pada Catalytic Converter

Rusaknya sensor oksigen pula dapat menimbulkan permasalahan pada catalytic converter. Ada pula ciri dari rusaknya komponen catalytic converter merupakan kilat habisnya bahan bakar ataupun minimnya tenaga pada mobil buat melaju walaupun pedal gas telah diinjak dengan dalam.

Oleh sebab itu, senantiasa perhatikan keadaan komponen ini supaya penanda tidak hingga menyala.

5. Keadaan Aki Butuh Pengecekan

Langkah lain yang butuh kamu jalani kala mengalami lampu penanda check engine menyala merupakan melaksanakan pengecekan pada aki mobil.Dalam perihal ini, kamu dapat mencabut kabel yang ada pada konektor negative aki sepanjang sebagian detik, kemudian pasang kembali kabel tersebut.Umumnya, aki bisa jadi pemicu lampu penanda injeksi menyala terus pada mobil. 

Demikian informasi mengenai 4 penyebab lampu indikator injeksi menyala terus,semoga bisa memberikan manfaat bagi sobat semuanya.Dan apabila hal ini terjadi,jangan panik lakukan pengecekan komponen yang disebutkan diatas.

antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "4 Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus"