Widget HTML Atas

Sudah Tahukah Anda Arti kode Angka dan Huruf Pada Ban Motor

Ban motor sudah tak asing lagi terdengar di telinga anda,namun sudah tahukah anda apa maksud arti kode angka dan huruf pada ban motor tersebut.Bila sobat semuanya belum mengetahui bisa menyimak penjelasan yang disampaikan oleh antonkevas sebagai berikut.

Ban motor saat bukan hanya sekedar sebagai pelengkap pada sepeda motor saja,tetapi sebuah komponen yang mempunyai fungsi yang tidak kalah pentingnya dengan komponen lainnya.

Nah pada saat sobat memutuskan untuk melakukan pergantian ban motor,pasti sobat harus tahu dan paham ukuran ban yang pas sesuai dengan velg motor yang sobat pakai.Karena bila ternyata sobat membeli dengan ukuran yang misal lebih besar atau kecil pasti tidak bisa terpasang dengan tepat pada velg motor.

Di Indonesia sendiri ada 14 merk ban motor terbaik yang bisa menjadi pilihan sehingga sobat tidak salah pilih.

Sudah Tahukah Anda Arti kode Angka dan Huruf Pada Ban Motor


ARTI KODE PADA BAN MOTOR

A.KODE ANGKA

Pasti disetiap dinding ban motor yang sobat pakai selalu tertera kode angka.Kode angka tersebut bukan hanya sekedar hiasan,namun mempunyai arti sebagai berikut:

1.Angka 80/90 - 14 

  • Angka 80 adalah menunjukkan lebar ukuran ban motor tersebut adalah 80 mm.
  • Angka 90 adalah menunjukkan sisi lebar dari ban motor tersebutdalam satuan mm,cara menghitung sisi lebar ban motor tersebut yakni 90/100 x 80 = 72 mm.
  • Angka 14 adalah menunjukkan ukuran velg ang digunakan adalah 14 inchi.

2.Angka 2.50 - 17

  • Angka 2.50 adalah menunjukan ukuran lebar dari ban motor tersebut adalah 2.50 inchi dan juga mempunyai lebar sisi atau tinggi dinding ban motor tersebut juga 2.50 inchi.
  • Angka 17 adalah menunjukkan ukuran velg yang digunakan adalah 17 inchi.

3.Angka 15.20 

Angka diatas biasanya menunjukkan kapan ban motor tersebut di produksi.Misal angka 15.20,dua angka dibagian depan menunjukkan minggu / week ban itu di produksi.Sedangkan dua angka dibelakang menunjukkan tahun produksi.Jadi maksud angka diatas,bahwa ban motor tersebut di produksi pada minggu ke 15 pada tahun 2020.

4.Angka 43P

43P?? Artinya bahwa 2 angka yang didepan huruf menunjukkan berat beban maksimum.Sedangkan huruf adalah untuk menunjukkan batas kecepatan maksimal ban motor melaju.Tujuannya agar membuat pengendara lebih aman dan nyaman.

KODE

BEBAN MAKS

KODE

KEC MAKS

30

106 KG

B

50 KM/JAM

31

109 KG

C

60 KM/JAM

32

115 KG

D

65 KM/JAM

33

118 KG

E

70 KM/JAM

38

132 KG

F

80 KM/JAM

40

140 KG

G

90 KM/JAM

41

145 KG

J

100 KM/JAM

42

150 KG

K

110 KM/JAM

43

155 KG

L

120 KM/JAM

44

160 KG

M

130 KM/JAM

45

165 KG

N

140 KM/JAM

46

170 KG

P

150 KM/JAM

47

175 KG

T

190 KM/JAM

48

180 KG

U

200 KM/JAM

B.Tubetype atau Tubeless

Pada umumnya ban motor memang terdiri dari 2 jenis type ban yaitu tubetype dan tubeless.Untuk ban motor yang bertuliskan tubetype adalah jenis ban yang wajib menggunakan ban dalam.Biasanya di pakai pada sepeda motor yang masih menggunakan velg jari-jari.Sedangkan ban motor yang bertuliskan tubeless adalah jenis ban yang tidak menggunakan ban dalam dan harus menggunakan pentil ban khusus.Biasanya di pakai pada sepeda motor yang menggunakan velg racing atau cast wheel.

C.Rotation

Huruf rotation selalu identik dengan tanda tanah yang menempel pada dinding ban motor.Hal ini bertujuan agar dalam pemasangan ban tidak terbalik dan selalu mengarah ke depan.Tujuannya tak lain agar putaran ban bekerja dengan sempurna.

D.Tanda Tonjolan atau Segitiga

Merupakan sebuah batas pemakaian ban motor yang ideal,biasanya di tandai dengan tonjolan atau gambar segitiga.Artinya jika ketebalan ban sudah mencapai batas tonjolan atau gambar segitiga,sebaiknya segera melalukan pergantian ban karena kondisi ban sudah gundul/botak.

E.Huruf M/C

Huruf M/C pada dinding bagian ban motor artinya motorcycle,bukan sebagai medium compound.Dan dapat di katakan bahwa kode huruf diatas dimaksudkan untuk digunakan pada sepeda motor saja,bukan jenis compound apa yang digunakan.

Itulah informasi mengenai arti kode angka dan huruf pada ban motor.Semoga dengan sobat membaca informasi diatas,sobat dapat menentukan pilihan ban yang tepat sehingga aman dan nyaman ketika digunakan.


antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Sudah Tahukah Anda Arti kode Angka dan Huruf Pada Ban Motor"