Widget HTML Atas

Fungsi Dan Cara Merawat Shockbeker Agar Tetap Awet

 Shockbeker merupakan salah satu komponen yang banyak digunakan di setiap kendaraan baik sepeda,sepeda motor maupun mobil.Dengan menggunakan komponen ini tentu saja akan membuat nyaman pengendara.Tetapi pada kenyataannya masih banyak pemilik yang lali melalukan perawatan pada bagian shockbeker tersebut.Berikut adalah tips fungsi dan cara merawat shockbeker agar awet yang sebaiknya sobat ketahui.

Fungsi Dan Cara Merawat Shocbeker Agar Tetap Awet


Apa sich Shockbeker??

Alat peredam kejut atau banyak yang menyebut dengan nama shockbeker adalah sebuah tool yang terbuat dari bahan logam bisa berupa besi atau baja dengan tujuan mempunyai daya pakai yang kuat serta tahan lama.Perangkat ini biasanya terletak di bagian kaki-kaki pada setiap kendaraan.

Sedangkan menurut fungsinya adalah untuk meredam dan meminimkan gonjangan yang berlebihan ketika sedang melintasi jalur yang berlubang,gundukkan maupun lintasan jalan yang bergelombang.

Bagian-bagian Shocbeker

Untuk sepeda motor shockbeker dibedakan menjadi 2 yakni shockbeker depan dan shocbeker belakang.Keduanya mempunyai bentuk yang berbeda tetapi memiliki fungsi yang sama.

1.Shockbeker Depan

Fungsi Dan Cara Merawat Shocbeker Agar Tetap Awet


2.Shocbeker Belakang

Fungsi Dan Cara Merawat Shocbeker Agar Tetap Awet


CARA MERAWAT SHOCKBEKER

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa sobat lakukan dalam merawat shockbeker.

1.Menjaga Kebersihan Shockbeker

Musuh utama shockbeker sebenarnya adalah debu kotoran yang menempel di bagian shockbeker tersebut.Rajin-rajinlah mencuci motor secara keseluruhan apalagi pada saat sekarang ini musim penghujan.

Perlu sobat ketahui kotoran yang menempel lama di bagian shockbeker akan mengganggj kinerja shock tersebut,bahkan bisa saja seal pada komponen tersebut rusak.Hal ini akan membuat kebocoran di bagian shockbeker.

2.Hindari Melintasi Area Jalan Yang Berlubang / Tidak Rata

Salah satu cara dalam merawat shockbeker agar selalu tetap awet adalah dengan selalu menghindari jalan yang tidak rata,berlubang dan bergelombang.Karena selain merusak bagian shockbeker juga akan menimbulkan kerusakkan di bagian yang lain.Salah satunya ban motor habis sebelah.

3.Jangan Gunakan Anting Peninggi Shock

Hindari saja menggunakan anting peninggi shock,selain membuat pembonceng merasa tidak nyaman juga resiko as shockbeker menjadi bengkok.

4.Jangan Membawa Beban Terlalu Berat

Memuat beban yang terlalu berat,selain memaksa mesin bekerja dengan sangat ekstra keras juga berpengaruh dengan kinerja shockbeker.Shock akan bekerja lebih berat dan fungsi peredam kejutnya tidak berfungsi dengan baik.Kondisi inilah yang menjadi penyebab shockbeker menjadi cepat rusak.

5.Ganti Oli shockbeker 

Salah satu cara merawat shock yang kelima adalah mengganti oli shockbeker,waktu penggantian yang paling tepat adalah ketika suspensi shock sudah mulai tidak naman lagi digunakan.Biasanya umur shockbeker mulai memasuki ke 3 tahun.

6.Rajin Membersihkan stanchion atau Tabung shockbeker

Selain menjaga kebersihan bagian stanchion,mengatur agar jarak stanchion tidak terlalu rapat juga perlu sobat perhatikan.Karena apabila terlalu rapat kinerja tabung bisa terkendala dan suspensi tidak bekerja dengan normal.

Demikian informasi dari antonkevas,semoga dengan membaca artikel fungsi dan cara merawat shockbeker agar tetap awet di atas komponen shockbeker sobat bisa menjadi lebih awet.Selain itu perhatikan komponen bagian motor yang lain,mulai dari lampu,ban motor dan bagian mesin.

antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Fungsi Dan Cara Merawat Shockbeker Agar Tetap Awet"