Widget HTML Atas

5 Cara Mengatasi Rumah Busi Motor Dol

Cara memasang busi sebuah motor memang terlihat cukup sepele,namun tetap masih ada saja yang cara memasangnya kurang tepat.Alhasil bukannya busi terpasang dengan benar,tetapi malah rumah busi mengalami dol.Berikut 5 cara mengatasi rumah busi motor dol yang bisa sobat terapkan.

Rumah busi motor yang sudah dalam kondisi aus,akan membuat busi terpasang tidak kuat dan efek buruknya busi bisa saja terlepas.Tentu akan sangat berbahaya sekali bila busi tersebut mengenai pengendara sepeda motor lain.Tanpa panjang lebar berikut beberapa cara yang bisa sobat lakukan.

5 Cara Mengatasi Rumah Busi Motor Dol


Cara Mengatasi Rumah Busi Motor Dol

1.Melapisi Busi dengan Aluminium Foil/Selotip

Cara yang paling mudah sekali sobat lakukan adalah dengan melapisi busi dengan aluminium foil/selotip atau bisa dengan grenjeng rokok.Setelah sobat lapisi pasang busi dan kencangkan dengan hati-hati.Untuk kondisi darurat,cara ini memang cukup efektif namun untuk jangka panjang tidak diperkenankan.

=> simak Kenali 6 Penyebab Busi Motor Cepat Mati

2.Mengganti Dengan Busi Motor Lain

Cara kedua yang bisa menjadi sebuah alternatif adalah dengan melakukan pergantian dengan busi motor lain yang memiliki drat lebih besar.Busi motor dengan ulir drat lebih besar akan membuat jalur drat baru ketika sobat melakukan pemasangan.Lakukan dengan perlahan dan hati-hati,agar posisi ulir drat lurus terpasang.

Untuk sobat yang menggunakan motor bebek,bisa  menggunakan busi motor honda S90 sebagai alternatifnya.Sedangkan untuk motor sport,bisa menggunakan busi motor 2 tak atau busi mobil.Untuk panjang pendeknya drat busi bisa sobat sesuaikan sendiri.

3.Melakukan Cor dan Tap ULang 

Cara selanjutnya yang bisa sobat lakukan adalah dengan melakukan pengecoran dan pembuatan drat baru.Namun untuk cara ini,sobat harus meminta bantuan ke tukang las bubut.Rumah busi akan terlebih dahulu akan dicor rapat dan kemudian akan dibor.Setelah itu baru akan di tap drat sesuai dengan ukuran busi motor yang biasa sobat pakai. 

=> Type dan Jenis Busi yang wajib sobat ketahui

Cara ini terbilang cukup mampu mengatasi masalah rumah busi dol.Tetapi ketika sobat melakukan pergantian dan pemasangan harus dengan hati-hati.Karena efek pengecoran rumah busi bisa membuat tekstur material mengalami perubahan dan dikhawatirkan akan cepat rusak.

4.Menggunakan Bos/Sok Drat Busi

Jika sobat takut tekstur material mengalami perubahan akibat dicor,menggunakan bos/sok drat busi bisa menjadi sebuah pilihan.Sekarang ini sudah banyak sekali toko onderdil motor yang menjual bos/sok drat busi.Harganya pun sangat murah dan terjangkau sekali.

Tetapi sobat tetap harus melakukan tindakan tap drat terlebih dahulu,menyesuaikan besar ukuran bos/sok busi tersebut.Setelah selesai,sobat bisa langsung memasang bos/sok dan masalah rumah busi dol teratasi.

5.Melakukan Tap Drat Busi Lebih Besar

Ada salah satu cara agar aman ketika melakukan tap drat rumah busi tanpa harus melakukan pembongkaran dibagian head silinder ( hanya untuk motor 4tak).Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Yang pertama sobat lakukan adalah memposisikan piston pada posisi TMB (Titik Mati Bawah).
  • Selanjutnya buka baut knalpot Serta buka juga baut manipol,lepaskan keduanya.
  • Kemudian lakukan pengeboran terlebih dahulu dengan mata bor 11 mm.
  • Setelah selesai lakukan pengetapan rumah busi dengan ukuran tap 12 x 10 M ( berlaku untuk busi 10 x 10 M ).
  • Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan penyemprotan dengan menggunakan kompresor.Maka ketika disemprot kotoran dari hasil tap tersebut akan keluar.
  • Untuk mengantisipasi agar kotoran tidak ikut masuk ke dalam,sobat bisa sambil melakukan starter motor dibarengi dengan penyemprotan kompresor.Tindakan ini mengakibatkan kotoran dari tap akan ikut terbuang keluar melalui lubang manipol dan lubang knalpot sehingga mesin aman.

  • Setelah semuanya dirasa cukup aman,lakukan pemasangan kembali seperti semula.Dan untuk busi motor yang dipakai carilah busi motor dengan diameter yang sesuai ukuran baru ( biasanya pakai busi motor honda win).Apabila terlalu panjang,sobat bisa melakukan penambahan ring di bagian ujung elektroda busi.
  • Selesai

=> Simak Ciri-ciri pembakaran sempurna pada busi

Itulah 5 cara mengatasi rumah busi motor dol yang dapat sobat lakukan.Pilih salah satu yang menurut sobat paling gampang untuk dilakukan.Namun apabila sobat merasa khawatir,membawa ke bengkel adalah solusi yang paling tepat.Demikian semoga bisa bermanfaat.

Salam Gas Puoll,,




antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "5 Cara Mengatasi Rumah Busi Motor Dol"