Widget HTML Atas

Kenali 6 Penyebab Busi Motor Cepat Mati

Busi mati memang bisa menjadi salah satu masalah yang sering sobat hadapi.Namun semua itu akan tidak akan terjadi bila sobat telah mengerti dan mampu mengatasi beberapa yang menjadi penyebab busi motor cepat mati.

Masalah busi cepat mati banyak dipengaruhi banyak faktor,oleh sebab itu antonkevas.com telah merangkumnya dari berbagai sumber yang bisa membantu sobat mengatasinya.

Masalah busi yang menjadi rusak bisa terjadi pada motor jenis apapun,bisa terjadi pada mesin motor 2 tak maupun pada mesin motor 4 tak dan juga untuk motor sport.

Busi juga menjadi sebuah indikator baik buruknya sistem pembakaran pada sebuah mesin.Baiknya sistem pembakaran sempurna biasanya ditandai dengan warna busi yang merah kecoklatan atau merah bata.

Nah untuk mengetahui beberapa penyebab busi motor cepat mati,kita simak saja penjelasannya sebagai berikut.

Kenali 6 Penyebab Busi Motor Cepat Mati


PENYEBAB BUSI MOTOR CEPAT MATI

Hal-hal berikut yang biasanya terjadi pada motor sobat.

1.RING PISTON DALAM KONDISI SUDAH RUSAK

Ring bertugas untuk merapatkan ruang kompresi agar menjadi padat,apabila ring piston sudah dalam kondisi yang longgar tentu saja akan terjadi kebocoran ketika piston naik keatas.Kebocoran ini juga akan membawa oli mesin sampai dan menempel di bagian elektroda busi.

Sedangkan kondisi busi yang basah akan oli akan membuat proses pembakaran menjadi kurang optimal.Sehingga akan meninggalkan kotoran serta juga busi akan menjadi rusak dan mati.Solusinya adalah ─Ćengan mengganti ring piston dan perhatikan juga cara memasang ring piston yang benar agar tidak terjadi masalah.

2.PENCAMPURAN BAHAN BAKAR DENGAN OLI SAMPING KURANG TEPAT

Oli samping juga berfungsi membantu agar pembakaran menjadi lebih sempurna.Namun bila pencampuran bahan bakar dengan oli samping kurang tepat maka busi bisa basah akibat bahan bakr atau juga karena oli samping tersebut.
Sedangkan untuk proses pembakaran diperlukan nyala api busi yang sempurna.

Dan ketika busi dalam kondisi basah akibat dari bahan bakar maka akan mengakibatkan temperatur mesin cepat panas sehingga mesin akan menjadi mogok.Hal ini yang menjadi penyebab busi motor mati pada motor 2 tak.

3 BUSI SUDAH DALAM KONDISI API KECIL

Kondisi busi yang hampir cepat mati,sangat mudah sekali menjadi basah.Ini adalah akibat busi selalu meninggalkan sisa pembakaran dan menempel di dalam ujung elektroda busi.Periksa secara berkala untuk meminimalisir hal seperti terjadi.

4.SETELAN KARBURATOR TERLALU BOROS

Selain akan menimbulkan masalah baru yang lain seperti motor dalam keadaan brebet dan busi motor cepat mati.Sebaiknya sobat memastikan setingan main jet yang digunakan dalam kondisi yang pas dengan melihat warna ujung busi setelah dilakukan penyetelan karbu.

5.TERJADI KONSLETING PADA JALUR PENGAPIAN

Kondisi cuaca yang buruk seperti hujan atau proses ketika sobat memandikan motor bisa saja terjadi konsleting di jalur pengapian.Hal ini diakibatkan ada jalur atau kabel pengapian yang terbuka dan terkena air,jadi ketika motor dihidupkan akan terjadi konslet.

Biasanya kondisi seperti ini motor akan hidup tapi brebet kemudian mati atau bahkan mati total.Apabila hal ini terjadi lakukan pengecekkan jalur kelistrikkan mulai dari spul,coil hingga ke bagian cdi.

6.PEMASANGAN BUSI YANG KURANG PAS

Pemilihan busi yang kurang tepat bisa memperpendek masa usia pakai busi dan hal ini terjadi karena pemilik kurang mengert busi apa yang dianjurkan.Sebaiknya kenali type dan jenis busi motor yang sobat pakai.Selain itu perhatikan juga proses pemasangan busi,pastikan tidak longgar akibat kondisi ulir drat yang rusak.Kondisi sederhana seperti ini akan berakibat mesin menjadi ngempos dan busi menjadi cepat rusak.

Sebagai informasi saja,beberapa penyebab diatas bisa juga menjadi penyebab busi mobil cepat mati.Karena secara prinsip sebuah mesin,baik sepeda motor maupun mobil memiliki cara kerja yang hampir sama.

Demikianlah informasi mengenai kenali 6 penyebab busi motor cepat mati,ang antonkevas rangkumkan.Semoga bisa memberikan sobat informasi yang dibutuhkan saat ini.Dan silahkan share ke temen-temen,apabila artikel ini sangat membantu.



antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Kenali 6 Penyebab Busi Motor Cepat Mati"