Widget HTML Atas

7 Penyebab Motor Matic Ngempos Beserta Solusinya

 Penyebab Motor Matic Ngempos-Masalah motor ngempos tak hanya terjadi pada motor bebek atau motor sport saja,namun bisa juga menghampiri motor matic sobat.Ngempos sendiri pada umumnya dapat diartikan juga dengan kehilangan tenaga alias loyo.Oleh sebab itu untuk mengatasi terjadinya ngempos,tentu saja sobat harus mengetahui dahulu penyebab motor matic ngempos.

Biasanya untuk menyebabkan sepeda motor menjadi kehilangan tenaga,dipengaruhi banyak faktor dan akar permasalahannya sebenarnya berasal dari pemiliknya sendiri.Hal ini dikarenakan mobilitas atau frekuesnsi pemakaian motor yang sangat tinggi sehingga pengguna melupakan kewajibannya untuk melakukan perawatan.

Ok,kalau begitu kita simak saja beberapa hal yang menurut antonkevas.com menjadi point penting terjadinya motor ngempos alias loyo.


7 Penyebab Motor Matic Ngempos Beserta Solusinya


PENYEBAB MOTOR MATIC NGEMPOS

1.FILTER UDARA KOTOR

Intensitas pemakaian yang sangat tinggi,pastinya debu atau kotoran yang masuk ke dalam filter udara menjadi lebih banyak.Dan apabila dibiarkan menumpuk terlalu lama akan ikut masuk kedalam karburator atau terbawa masuk sampai ke throttle body sehingga akan menyebabkan terjadi masalah.

Untuk mengatasai hal ini sebenarnya sangat gampang sekali,karena sobat hanya tinggal melakukan pembersihan saja.Cara pembersihan filter bisa sobat sesuaikan dengan jenis filter apa yang dipakai pada motor.

2.KARBURATOR ATAU INJEKTOR  DALAM KONDISI KOTOR

Akibat pembersihan filter udara yang jarang,maka karburator atau injektor menjadi kotor.Hal ini akan mempengaruhi dalam proses pembakaran sehingga menjadi kurang sempurna.Pembakaran yang tidak sempurna sendiri akan meninggalkan kerak,maka otomatis kompresi yang dihasilkan akan menjadi kurang padat.Maka motor matic sobat akan menjadi ngempos.

Lakukan pembersihan karburator secara rutin,untuk menghindari hal ini terjadi.Dan jangan lupa juga untuk membersihkan bagian injektor apabila motor matic sobat sudah menggunakan sistem injeksi.

3.SALAH DALAM MENGGUNAKAN BBM

Bahan bakar yang memiliki kadar oktan yang rendah akan menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna.Mungkin untuk masalah harga lebih murah di bandingkan dengan oktan yang lebih tinggi,namun imbasnya malah akan membuat motor matic sobat bermasalah.Gunakanlah sesuai yang dianjurkan pabrikan merk yang saat ini sobat pakai.

4.OVERHEATING MESIN 

Tiba-tiba motor sobat mesinnya berhenti secara mendadak ketika sedang dalam kondisi perjalanan.Hal ini bisa juga dikarenakan suhu mesin menjadi sangat panas dan akhirnya membuat mesin menjadi mati.

Dan setelah suhu mesin kembali normal,motor bisa menyala kembali tetapi untuk kondisi seperti ini jangan memaksakan untuk memacu kendaraan lebih kencang lagi.Karena malah akan menambah kerusakan mesin menjadi lebih parah lagi.Untuk mengatasi overheating salah satunya adalah mengganti oli secara rutin.

5.SETTINGAN KLEP MOTOR YANG KURANG TEPAT

Setingan motor yang kurang tepat akan berpengaruh sekali dalam kinerja sebuah sepeda motor.Setingan yang terlalu rapat atau kendor,bisa menyebabkan motor akan susah menyala dan juga tenaga motor seperti ada yang menahan bahkan loyo.Pastikan setelan klep motor sobat sesuai yang dianjurkan atau bila sobat tidak tahu cara menyetel klep bisa lakukan di bengkel motor terdekat.

6.RING PISTON MENGALAMI KEAUSAN

Ring piston yang sudah dalam kondisi aus,biasanya akan ditandai dengan tenaga mesin menjadi ngempos alias loyo.Hal ini wajar saja,karena ring piston sudah tidak bisa bekerja dengan maksimal dan kompresi yang ada menjadi bocor.Tanda-tanda ring piston aus berupa keluarnya asap putih pada knalpot ketika motor berjalan.

Bila hal ini terjadi,segera ganti ring piston motor sobat.Untuk pemasangan ring piston harap perhatikan kode,warna dan sudut ring piston.

7.PENGAPIAN MENGALAMI MASALAH

Pengapian sendiri dimulai dari spul,aki,cdi dan sampai ke bagian busi.Apabila pada bagian busi mengalami masalah yakni busi dalam kondisi nyala api yang bagus,tentu saja akan berpengaruh pada proses pembakaran.Dalam proses pembakaran sendiri juga diperlukan nyala busi yang sempurna selain bbm dan udara.Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti dengan busi yang baru sesuai busi motor yang dianjurkan.

Demikianlah 7 penyebab motor matic ngempos beserta solusinya,semoga bisa membantu dalam mengatasi masalah yang sobat hadapi saat ini.Tetapa lakukan perawatan secara berkala untuk menjaga agar motor selalu dalam kondisi prima.







antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

No comments for "7 Penyebab Motor Matic Ngempos Beserta Solusinya"