Widget HTML Atas

Cara Membuat Cas Aki Motor Dengan Mudah

 Umur pemakaian aki motor yang suda terlalu lama bisa saja membuat cel-cel didalam elemen aki mengalami penurunan kualitas.Ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan agar performa aki kembali seperti semula.Mulai dari melakukan service aki hingga melakukan recharge ulang.Nah agar sobat tidak merasa kebingungan pada saat akan mengecas ulang aki,sobat bisa membuat cas aki motor dengan mudah serta biaya super murah.

Pengecasan ulang wajib dilakukan agar kondisi tegangan aki sesuai dengan standart.Cas aki motor sendiri sebenarnya tidaklah serumit apa yang saat ini sobat bayangkan.Karena pada dasarnya,pengecasan aki tidak membutuhkan arus yang cukup besar.Cukup dengan menyesuaikan dengan spesifikasi arus yang tertera pada bagian aki tersebut.

ara Membuat Cas Aki Motor Dengan Mudah


Jika arus yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi arus aki,bisa berakibat pada performa aki itu sendiri nanti menjadi kurang bagus.Untuk melakukan cas aki pada motor,sobat hanya tinggal menghubungkan arus pada cas (+) pada katub aki (+) dan begitu pula dengan arus cas (-) dengan katub aki (-).

simak 6 Tips Memilih Aki Motor Berkualitas

Arus pengecasan aki pada motor yang disarankan adalah dengan menggunakan arus ang sangat kecil,namun kelemahannya adalah memakan waktu yang cukup lama.Nah agar sobat lebih gampang dalam mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengecas aki motor,silahkan dengan patokan rumus sebagai berikut:

Besar Ah (Aki)
---------- + 20 %   = ..........Jam
Besar Arus Charger

* 20 % adalah rata-rata waktu lebih yang diberikan pada saat melakukan pengisian aki hingga aki terisi penuh.

Cara Membuat Cas Aki Motor 

Sebelum sobat melakukan pembuatan cas aki motor,berikut adalah hal-hal yang perlu sobat siapkan:

1.Trafo 12 V

ara Membuat Cas Aki Motor Dengan Mudah


Siapkan terlebih dahulu trafo dengan kapasitas sebesar 12 volt.Sobat bisa membeli ditoko-toko elektronik terdekat.Fungsi trafo sendiri nantinya akan digunakan sebagai penyuplai arus listrik ke bagian aki tetapi dengan menurunkan tegangan listrik PLN 220 V menjadi 12 V terlebih dahulu.Sedangkan ampere yang digunakan,bisa disesuaikan dengan besaran ampere pada aki motor yang akan di cas.

2.Dioda

ara Membuat Cas Aki Motor Dengan Mudah


Fungsi dioda didalam pembuatan cas aki motor adalah sebagai pengubah arus bolak-balik AC menjadi arus yang searah DC.Seperti yang sobat ketahui bahwa arus yang dikeluarkan oleh trafo adalah arus bolak-balik oleh sebab itu memerlukan komponen dioda tersebut.

3.Kapasitor 

ara Membuat Cas Aki Motor Dengan Mudah


Fungsi kapasitor adalah sebagai pemerata arus agar stabil dalam pengisian,walaupun aki sendiri adalah kapasitor raksasa.Andaikata sobat tidak menggunakan komponen ini juga tidak apa-apa.Namun alangkah baiknya bila tetap menggunakannya.

4.Ampere Meter

ara Membuat Cas Aki Motor Dengan Mudah


Agar memudahkan pembacaan ketika aki motor dalam pengisian sehingga ketika aki dalam kondisi penuh sobat akan segera mengetahuinya.Namun bila sobat tidak tertarik menggunakan amper meter juga tidak menjadi masalah.

5.Kabel Warna

Kabel warna biasanya menggunakan warna merah dan hitam.Kabel ini yang akan digunakan sebagai penyambung arus ke bagian katub aki.Gunakan kualitas kabel yang bagus agar arus yang mengalir juga merata.

ara Membuat Cas Aki Motor Dengan Mudah


6.Penjepit Buaya atau Soket Kabel

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kabel pengisian pada katub terlepas,bisa menggunakan penjepit buaya atau soket kabel atau bisa menggunakan alat lainnya tergantung keinginan sobat.

simak 11 RekomendasiMerk Aki Motor Terbaik

Sedangkan untuk merangkainya sobat bisa dengan melihat gambar seperti dibawah ini.

Cara Membuat Cas Aki Motor Dengan Mudah

Untuk biaya yang dikeluarkan menurut antonkevas tidaklah mahal,hanya sekitar 60 ribu rupiah saja dan tentu saja bersahabat sekali dengan kantong keuangan anda.

Sangat mudah dan simpel sekali bukan,namun bila sobat masih ragu bisa dengan membeli cas aki yang sudah jadi di after maket atau ditoko onderdil terdekat.

Salam Gas Puol,,



antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Cas Aki Motor Dengan Mudah"