Widget HTML Atas

5 Cara Melakukan Over Kredit Mobil Dengan Aman

 Masalah keuangan yang buruk,bisa menjadi alasan seseorang untuk melakukan tindakan over kredit mobil.Hal ini bertujuan agar pihak lain dapat meneruskan proses pembiayaan angsuran dan mobil akan menjadi milik pihak lain tersebut.Proses over kredit mobil seperti ini bisa menjadi aman,asalkan sobat mengetahui cara aman melakukan over kredit mobil.

Dengan memahami tata cara over kredit mobil dengan benar,maka akan terhindar dari penipuan yang akan merugikan salah satu pihak.Jadi bagi sobat yang ingin melalukan transaksi over kredit mobil tidak akan merasa was-was atau khawatir,andai tatà caranya seperti dibawah ini.

 Cara Melakukan Over Kredit Mobil Secara Aman

5 Cara Melakukan Over Kredit Mobil Dengan Aman


1.Menghubungi Leasing atau Bank

Kenapa harus menghubungi Bank atau Leasing? Karena apabila pembeli dan penjual melakukan transaksi dibawah tangan dan terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap mobil tersebut.Maka sebagai pihak pertama akan menanggung akibatnya dan bisa dikatakan sebagai pelanggaran hukum.Karean status mobil sendiri adalah sebagai jaminan utang kepada pihak Bank / Leasing.

Hal dikarenakan status kepemilikan pinjaman mobil masih ditangan pertama.Oleh sebab itu proses pengalihan kepemilikan kredit mobil ke pihak kedua wajib sobat lakukan dengan diketahui oleh pihak Bank atau Leasing.Maka tidak akan terjadi masalah dikemudian hari.

2.Pihak Kedua Wajib Membayar Kompensasi

Pembayaran biaya kompensasi biasanya sudah umum dilakukan oleh pihak kedua kepada pihak pertama.Bahkan bukan hanya itu saja,bisa ditambah juga dengan beberapa uang angsuran yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.Dan pihak kedua akan melanjutkan sisa angsuran kredit mobil yang tersisa.

3.Transparan dan Lakukan Perjanjian

Proses over kredit mobil baru bisa dilakukan oleh pihak pertama,setelah pihak pertama telah membayar angsuran minimal 6X.Dan apabila terjadi penunggakkan angsuran oleh pihak pertama wajib juga untuk melunasi terlebih dahulu.Transparansi atau komunikasi secara terbuka antara kedua belah pihak adalah kunci suksesnya transaksi over kredit mobil.

Pastikan juga untuk membuat kesepakatan perjanjian agar kedua pihak merasa aman dan tidak dirugikan.

4.Melengkapi Dokumen Persyaratan

Walaupun hanya melakukan transaksi kredit mobil bekas,sobat selaku calon pembeli over kredit mobil tetap wajib untuk melengkapi dokumen persyaratan yang telah ditentukan.Biasanya seperti berikut:

  • Kartu Identitas ( KTP / SIM / PASPORT )
  • Kartu Keluarga
  • NPWP
  • Slip gaji 3 bulan terakhir
  • Rekening Koran atau tabungan
  • Rekening Listrik

5.Lakukan Pengecekan Dokumen dan Performa Mobil

Selain memastikan semua kelengkapan dokumen mobil secara lengkap,sebaiknya juga dengan melakukan pengecekan performa mobil.Ikuti Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas untuk memastikan bahwa kondisi mobil masih dalam keadaan baik.Mencocokan nomor rangka dan plat nomor sesuai dengan STNK atau BPKB juga wajib dilakukan.

Walaupun sobat tahu bahwa pihak pertama yang melakukan over kredit mobil adalah orang yang sobat kenal dengan baik.

Dengan mengikuti prosedur diatas dengan benar,antonkevas yakin proses transaksi over kredit mobil akan berjalan dengan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Simulasi Kredit Mobil Bekas

5 Cara Melakukan Over Kredit Mobil Dengan Aman


Sebagai seorang yang ingin melakukan transaksi kredit mobil bekas,tidak ada salahnya apabila sobat mengetahui terlebih dahulu simulasi perhitungan uang ganti over kredit mobil.Contohnya sebagai berikut:

Apabila sobat akan membeli dengan cara over kredit mobil yang dicicil selama 48 bulan dengan cicilan sudah terbayar 12 bulan serta asuransi allrisk 12 juta.

 Dengan rincian sebagai berikut:

  • Biaya cicilan per bulan 4 juta rupiah
  • Sisa cicilan 36 bulan
  • Bunga cicilan 10 %
  • Harga Mobil sekarang 150 juta
  • Biaya perbaikan dll 2 juta

Maka 

Rumus Perhitungannya : Harga mobil sekarang + ( Bunga x Harga mobil sekarang ) + ( Lama asuransi x Harga Asuransi ) + Biaya perbaikan dll - Sisa cicilan

150 juta +( 10% x 150 juta ) + ( 3/4 x 12 juta ) + 2 juta -  ( 36 bulan x 4 juta ) = 32 juta

Dengan menggunakan rumus diatas,maka dengan pasti si pembeli akan membayarkan uang ganti over kredit mobil sebesar 32 juta.

Keuntungan dan Kekurangan Membeli Mobil dengan Cara Over Kredit Mobil

Sebelum sobat memutuskan membeli dengan cara over kredit mobil,simak terlebih dahulu Keuntungan dan kekurangannya yang perlu sobat perhatikan.

Keuntungan Membeli Mobil dengan Over Kredit

1.Mobil Masuk Dalam.Kategori Mobil Baru / Keluaran Baru

Membeli mobil yang masih dalam proses cicilan,menandakan bahwa mobil tersebut masih dalam keadaan baru.Maka baik interior maupun eksterior tentu masih dalam kondisi yang bagus,terlebih lagi untuk urusan mesin biasanya masih dalam performa yang baik.

2.Harga Mobil Yang Lebih Murah

Dikarenakan posisi penjual yang saat ini sedang membutuhkan dana,biasanya penjual akan menawarkan mobil dengan harga yang lebih murah dibanding dengan harga pasaran.Terlebih lagi mobil masih mempunyai tanggungan angsuran setiap bulannya.

3.Cicilan Yang Lebih Pendek

Setelah dilakukan over kredit mobil,maka pembeli otomatis hanya diwajibkan untuk membayar sisa lama cicilan yang belum dibayar.Apabila masa cicilan 48 bulan dan sudah dibayarkan selama 12 bulan,maka hanya membayar 36 cicilan saja.

4.Garansi Mobil Masih Berlaku

Walaupun sobat membeli mobil secara over kredit,akan tetapi mobil tersebut masih dalam kondisi baru.Jadi otomatis masa gransi dari mobil tersebut tidak akan hilang.Tentu saja hal ini membuat sobat tidak akan merasa khawatir,apabila terjadi kerusakan karena masih memiliki garansi aktif.

5.Tidak Memerlukan Survei yang panjang

Proses membeli mobil dengan cara over kredit,tentu berbeda ketika membeli mobil dalam keadaan baru.Tentu proses pembelian baru membutuhkan proses yang lebih panjang dan tentu lebih teliti.Sedangkan untuk proses over kredit mobil sobat hanya cukup memperhatikan kondisi mobil dan sisa angsuran saja.

Kekurangan Membeli Mobil dengan Over Kredit

Berikut adalah beberapa kekurangan yang dapat terjadi ketika sobat membeli dengan cara over kredit mobil.

1.Biaya Balik Nama Cukup Besar

Biaya balik nama kendaraan yang cukup besar sangat wajar,terlebih lagi kendaraan yang sobat beli merupakan kendaran dari luar daerah.Tentu sobat harus mengurus biaya mutasi dan administrasi untuk membalik nama.

2.Tidak Ada Jaminan Mesin Sehat

Membeli mobil dengan cara over kredit,tidak menjamin mesin mobil tersebut dalam keadaan yang sehat.Oleh sebab itu sobat harus lebih teliti dan jeli untuk melakukan pengecekkan.Walaupun mobil tersebut masih memiliki garansi aktif.

3.Melibatkan Banyak Pihak

Transaksi jual beli mobil bekas secara over kredit,wajib mengikuti peraturan perundangan hukum yang berlaku.Hal ini melibatkan penjual,pembeli,pihak bank atau leasing serta saksi.Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan data dimasa mendatang.

Demikian informasi mengenai 5 Cara Melakukan Over Kredit Mobil Dengan Aman,semoga dengan membaca artikel diatas mampu memberikan informasi yang bermanfaat dan mudah untuk dipahami.



antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "5 Cara Melakukan Over Kredit Mobil Dengan Aman"