Widget HTML Atas

Jenis Fusible Link : Pengertian,Fungsi & Perbedaannya

 Fusible Link-Membahas tentang kendaraan tentu akan mendapatkan banyak hal,mulai dari eksterior,interior,permesinan maupun sistem kelistrikan.Berbicara tentang sistem kelistrikan pada sebuah mobil,tentu saja akan membahas banyak hal yaitu salah satunya fusible link.

Sistem kelistrikan pada mobil sendiri menunjang banyak hal,mulai dari kelistrikan untuk penerangan,untuk menghidupkan mesin dan juga untuk menyalakan audio video.Oleh sebab itu sistem kelistrikan mempunyai peranan yang cukup penting dan vital.Maka tidak heran jika pihak pabrikan menempatkan sekering pengaman dan fusible link untuk mengantisipasi apabila terjadi masalah kelistrikan.Pelajari juga Penyebab Relay Lampu Mobil Panas

Fusible Link Adalah??

Jenis Fusible Link : Pengertian,Fungsi & Perbedaannya




Mendengar kata fusible link tentu terasa asing bagi anda,berbeda dengan sekring atau fuse yang cukup familiar.Bahkan fungsi dan bentuk sekring pasti sudah tahu dan hafal.

Fusible link adalah sebuah komponen yang terdapat pada sistem kelistrikan kendaraan yang memiliki bentuk seperti sekring.Akan tetapi secara kemampuan,fusible link jauh lebih baik ketimbang sekring.Hal ini sesuai dengan kapasitas arus yang lebih tinggi yang melewatinya.

Fungsi Fusible Link Pada Kendaraan

Fungsi fusible link pada sebuah kendaraan adalah sebagai alat pengaman pada sistem kelistrikan kendaraan.Jadi ketika terjadi korsleting atau arus pendek tidak mempengaruhi beban.Hal ini dikarenakan arus yang tidak wajar akan terhenti ketika melewati fusible link dan kondisi fusible link akan terputus.Dan arus tersebut tidak akan mengalir selama komponen fusible link tidak diganti.Lihat Cara Pasang Relay Lampu Mobil

Jenis jenis Fusible Link

Jenis Fusible Link : Pengertian,Fungsi & Perbedaannya


Setelah sobat mengetahui tentang pengertian dan fungsi fusible link,sobat juga mengetahui beberapa jenis fusible link yang sering di gunakan pada sistem kelistrikan.Antara lain,yaitu:

• Fusible Link Tipe Link

• Fusible Link Tipe Catridge

Untuk fusible link tipe catridge sudah terdapat terminal yang menjadi satu kesatuan di bagian inti.Serta pada umumnya sudah di lengkapi dengan rumah dengan berbagai warna dan kode.

Kode Warna dan Kapasitas Fusible Link

Nah untuk mempermudah anda dalam membaca kapasitas dan kode warna dari fusible link,berikut adalah penjelasannya:

Jenis Fusible Link : Pengertian,Fungsi & Perbedaannya


Perbedaan Sekring Dan Fusible Link

Melihat dari segi fungsinya sekring dan fusible link memiliki kesamaan.Namun sebenarnya kedua komponen ini memiliki perbedaan,lalu apa perbedaan sekring dan fusible link??

1.Bentuk Ukuran Komponen

Perbedaan yang sangat nyata sekali adalah pada bentuk,konstruksi serta ukurannya.Dimana untuk bentuk dan konstruksi sekring pada umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding fusible link.

Jenis Fusible Link : Pengertian,Fungsi & Perbedaannya

2.Kapasitas Arus Yang Melewati

Perbedaan selanjutnya adalah kemampuan komponen yang mampu menahan beban arus listrik yang melewatinya.Dimana untuk komponen fusible link ukuran yang paling kecil mampu dilewati arus listrik 30 Ampere dan ukuran paling besar 100 Ampere.

Sedangkan untuk komponen sekring atau fuse hanya mampu menahan arus listrik yang melewatinya sebesar 5 Ampere sampai dengan 30 Ampere.

Demikianlah informasi mengenai Fusible link,mulai dari pengertian,fungsi,bentuk,jenis hingga perbedaan fusible link dengan sekring atau fuse.Semoga dengan membaca artikel ini,sobat menjadi lebih paham mengenai fusible link dan sekring.

Salam Gass Puoll,,


antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog

Tidak ada komentar untuk "Jenis Fusible Link : Pengertian,Fungsi & Perbedaannya"