Widget HTML Atas

Jenis Soket Lampu Mobil Dan Tips Memilihnya

 Di pasaran tersedia berbagai macam jenis mobil mobil,mulai dari mobil sedan,mobil hatchback,mobil SUV,mobil MPV,mobil station wagon,mobil jeep,mobil crossover,mobil sport,mobil mewah dan sebagainya.Oleh karena itu jenis soket lampu mobil juga akan berbeda pula.

Soket lampu mobil adalah tempat atau rumah dudukan lampu pada mobil.Fungsi soket lampu adalah untuk menyalurkan jaringan listrik sehingga lampu dapat menyala.


Jenis Soket Lampu Mobil Dan Tips Memilihnya



Rekomendasi jenis Soket Lampu Mobil


Dibawah ini adalah beberapa jenis soket lampu mobil yang paling sering digunakan dan bahkan di gunakan oleh sebagian besar jenis mobil yang ada dunia,contohnya:

Jenis Soket Lampu Mobil Xenia


1.Soket Lampu Mobil H4


Jenis Soket Lampu Mobil Dan Tips Memilihnya




Jenis soket lampu mobil H4 menjadi salah satu soket mobil yang paling banyak digunakan.Sesuai dengan namanya soket ini juga diaplikasikan untuk lampu H4.Lampu H4 bisa dikatakan sebagai lampu jauh atau headlight.Ketahui juga Penyebab Lampu Mobil Mati Sebelah dan Cara Mengatasinya


Jenis soket lampu mobil H4 disalah satu bagian filamen juga dilengkapi dengan reflektor yang berftungsi untuk memantulkan pijaran kawat ke arah bawah.Dan selanjutkan akan dipantulkan kembali oleh rumah reflektor lampu ke arah atas.Jenis soket lampu mobil H4 bisa juga digunakan untuk jenis soket lampu innova yang umumnya memiliki 2 filamen.


Untuk jenis soket lampu mobil H4 disarankan menggunakan lampu H4 dengan kapasitas sebesar 90/100 watt atau 45/55 watt.


2.Jenis Soket Lampu Mobil H11


Jenis Soket Lampu Mobil Dan Tips Memilihnya




Jenis soket lampu mobil H11 biasa juga disebut dengan jenis soket lampu kabut atau fog lamp.Jenis lampu yang digunakan juga lampu H11.Fungsi lampu H11 mampu menerangi dan menembus jalan yang berkabut,asap tebal serta hujan deras sehingga anda berkendara dengan aman.


Soket lampu mobil H11 biasanya terbuat dari material yang tahan panas dan kuat.Pasalnya lampu H11 mempunyai kapasitas daya yang cukup besar yakni 55 watt.Walaupun begitu jensi soket lampu mobil H11 tidak dapat digunakan pada jenis soket lampu H4
  

3.Jenis Soket Lampu Mobil H16


Jenis Soket Lampu Mobil Dan Tips Memilihnya




Jenis soket lampu mobil H16 juga dapat diperuntukkan untuk fog lamp.Namun kedua jenis soket lampu mobil ini memiliki perbedaan.Perbedaan jenis soket lampu mobil H16 dan H11 adalah daya yang digunakan soket lampu H16 relatif lebih rendah yakni 19 watt.


Dengan daya yang tidak terlalu besar menjadikan soket H16 lebih aman dan flebsibel.Sehingga tidak akan membuat anda sebagai pemilik mobil merasa khawatir,karna soket lampu yang meleleh.Maka tak heran jika saat ini mobil Toyota banyak menggunaka soket H16 untuk jenis soket lampu xenia.

Tips Memilih Soket Lampu Mobil


Jenis Soket Lampu Mobil Dan Tips Memilihnya




Apabila sobat sudah mengetahui jenis soket lampu mobil,sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana cara memilih soket lampu mobil yanh benar.


1.Perhatikan,Sesuaikan Jenis dan Ukuran Soket Lampu


Agar sobat tidak salah dalam memilih dudukan lampu mobil,pastikan untuk memilih fitting lampu mobil yang sesuai.Agar tidak.salah sobat bisa membawa soket lampu mobil yang rusak sebagai contohnya.


Selain itu jangan sampai tergiur dengan harga yang murah,apalagi jika sobat membeli secara online.Dan jika sobat belum cara memasangnya,bisa dengan meminta bantuan bengkel mobil terdekat di kota anda.Baca Cara Pasang Relay Lampu Mobil


2.Perhatikan Reputasi dari Brand Yang Dipilih


Demi mendapatkan fitting lampu mobil terbaik,tidak ada salahnya jika sobat mencari referensi atau review dari e-commerce atau media digital contohnya Google maupun Youtube bahkan media social.


3.Memilih Yang Bergaransi atau Layanan After Sales


Apabila sobat membeli fitting lampu mobil dari brands ternama dan berkualitas,biasanya akan memberikan garansi produk atau layanan after sales.Hal ini demi memuaskan para pelanggan serta menjaga rating review produk tetap bagus.


Jenis Jenis Lampu Mobil Yang Banyak digunakan


Setelah sobat mengetahui dan memahami beberapa jenis soket lampu mobil,alangkah baiknya bila sobat mengetahui juga beberapa jenis lampu mobil yang paling sering digunakan.


Jenis Lampu Mobil Berdasarkan Fungsinya


Jenis Soket Lampu Mobil Dan Tips Memilihnya




1.Lampu Dekat ( Low Beam )


Lampu dekat atau bisa disebut juga dengan low beam mempunyai fungsi untuk menerangi area depan mobil dengan radius jarak dekat atau sekitar 5 meter.


2.Lampu Senja ( Lampu Kota )


Adalah lampu yang selalu dinyalakan ketika saklar lampu di hidupkan.Lampu kota akan terus selalu menyala walaupun dalam kondisi cuaca terang.Oleh sebab itu banyak yang menggunakan bohlam lampu led,karena lebih awet dan efisien.


3.Lampu Tail Atau Stop Lamp


Stop lamp atau lampu rem berkedip adalah lampu yang akan menyala ketika pedal rem diinjak.Lampu tail berfungsi memberikan insyarat kepada kendaraan yang berada dibelakang bahwa mobil sedang melakukan pengereman atau akan segera berhenti.


4.Lampu Jauh Atau High Beam


Lampu jauh berfungsi untuk menerangi kondisi jalan dimalam hari ketika kondisi jalan sepi dan gelap gulita.Lampu jauh biasanya memiliki jangkauan yang cukup jauh sekitar 10 meter.Jenis lampu yang digunakan untuk lampu jauh adalah lampu halogen.


5.Lampu Rem Atau Brake Light


Merupakan lampu yang memiliki ciri khas warna merah pendar yang terletak dibagian belakang mobil.Lampu ini akan menyala ketika tuas rem bekerja.Fungsi lampu ini sama juga dengan lampu tail yaitu memberikan tanda ke pengendara lai yang berada di belakang.


6.Lampu Kabut Atau Fog Lamp


Fungsi lampu kabut adalah untuk menerangi dan menembus jalan dengan kondisi kabut,asap tebal maupun hujan yang deras.Letak fog lamp berada diarea bemper bawah yang berwarna kuning terang.


7.Lampu Sein Atau Turn Signal Lamp


Adalah lampu yang berada di bagian kanan dan kiri baik dibagian depan maupun belakang mobil.Fungsi lampu sein adalah untuk isyarat belok,jika kondisi mobil akan berbelok ke kiri maka lampu sein dibagian kiri akan menyala begitu pula sebaliknya.


8.Lampu Hazard


Merupakan lampu yang dinyalakan dalam kondisi darurat.Lampu hazard adalah lampu sein kanan kiri yang menyala secara bersamaan.


9.Lampu Mundur


Lampu mundur akan menyala ketika tuas gigi dalam kondisi mundur dan bergerak.Lampu ini biasanya berwarna kuning keputihan.Sesuai dengan fungsinya lampu mundur terletak di bagian belakang mobil.


10.Lampu Kabin


Adalah lampu yang berada di bagian atas kabin baik di kabin depan maupun di kabin belakang.Nyala lampu ini biasanya tidak terlalu silau sehingga tidak menggangu pengemudi.


Jenis Lampu Mobil


Untuk di bawah ini adalah beberapa varian jenis lampu yang sering digunakan saat ini.


1.Lampu Halogen


Jenis Soket Lampu Mobil Dan Tips Memilihnya




Lampu yang bekerja dengan filamen layaknya lampu pijar.Lampu halogen didukung dengan suhu yang tinggi sehingga mampu memancarkan cahaya dengan lebih terang.


2.Lampu HID ( Hight Intensitiy Discharge )


Jenis Soket Lampu Mobil Dan Tips Memilihnya




Merupakan jenis lampu yang kualitasnya tak kalah dengan lampu halogen akan tetapi tidak menggunakan filamen.Lampu HID bekerja dengan memanfaatkan gas xenon yang berada didalam tabung sehingga lebih tahan lama.Kekurangan lampu Hight Intensity Discharge yaitu rumit dalam melakukan pergantian.


3.Lampu LED ( Light Emitting Diodes )


Jenis Soket Lampu Mobil Dan Tips Memilihnya




Merupakan salah satu jenis lampu yangbpaling banyak digunakan dalam sebuah mobil,mulai dari lampu utama,lampu kabin,lampu rem dan sebagainya.Kualitas lampu LED lebih baik di banding dengan lampu lainnya karena mampu menyala lebih terang dangan daya watt yang lebih rendah.Lampu LED sendiri dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:


A.LED LUMILLED


yakni merupak pengembang dari lampu LED yang berdaya tinggi contoh lampu LED Phillips.Lampu Led Lumilled banyak digunakan sebagai lampu utama pada sebuah mobil.Simak 15 Merk Lampu Led Paling Terang


B.LED CREE


Merupakan salah satu jenis lampu led tambahan yang disusun sesuai dengan kebutuhan modul.Lampu Led Cree banyak diaplikasikan sebagai pengganti lampu sein atau lampu rem.


C.LED COB ( Chip On Board )


Lampu COB merupakan susunan ratusan atau ribuan chip led yang tersusun dalam sebuah papan board.Lampu chip on board sering digunakan pada lampu kabin.


Demikian informasi mengenai jenis soket lampu mobil,semoga bisa membantu sobat lebih mengerti lagi mengenai dunia otomotif.


Salam Gass Puoll,,

antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog

Tidak ada komentar untuk "Jenis Soket Lampu Mobil Dan Tips Memilihnya"