Widget HTML Atas

8 Penyebab Lampu Mobil Mati Sebelah dan Cara Mengatasinya

 Lampu mobil yang jarang sekali dilakukan perhatian dan perawatan tentu akan menimbulkan masalah.Apabila ketika digunakan pada perjalanan malam hari ternyata mati sebelah atau keduanya,tentu sangat berbahaya sekali.Lantas masalah apa saja yang menjadi penyebab lampu mobil mati sebelah atau keduanya.

Namun sebelum mengetahui penyebabnya,perlu sobat ketahui bahwa ada 3 titik lampu mobil yang memiliki peranan cukup penting.Mulai dari lampu utama (lampu depan termasuk lampu sein),lampu kabin dan lampu belakang ( lampu rem dan lampu mudur).

Terkena tilang dari pihak kepolisian adalah salah satu dampak ringan ketika lampu mobil dalam keadaan mati.Dan dampak terburuk yaitu dapat mengalami kecelakaan,baik kecelakaan ringan,sedang maupun berat.

8 Penyebab Lampu Mobil Mati Sebelah dan Cara Mengatasinya


Penyebab Lampu Mobil Mati Sebelah atau Keduanya

Ada beberapa kerusakan yang bisa menjadi faktor penyebabnya,antara lain:

1.Sekring Lampu Putus

Fungsi sekring adalah sebagai alat pengaman pertama apabila terjadi arus listrik yang berlebih atau konsleting pada kabel lampu.Konsleting pada jalur lampu bisa dipicu dari beberapa faktor mulai dari kabel yang terkelupas,soket yang kendor dan sebagainya.Apabila kondisi sekring memang dalam kondisi terputus,cara mengatasinya adalah dengan mengganti baru sekring tersebut sesuai dengan ukurannya.

2.Bohlam Lampu Tidak Sesuai

Penggunaan bohlam lampu yang memiliki voltase tidak sesuai bisa memicu terjadinya lampu mobil mati sebelah atau keduanya.Untuk bohlam lampu dipasaran ada 10 merk Led Lampu yang bisa menjadi pilihan.Tetapi pastikan untuk memilih bohlam lampu yang tepat dan sesuai.

3.Rumah Sekring Rusak

Ketika sudah dilakukan pengecekkan pada bagian bohlam dan sekring tidak kerusakan,rumah sekring rusak bisa menjadi penyebabnya.Hal ini biasanya ditandai dengan rumah sekring dalam kondisi gosong akibat terbakar.Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti rumah sekring gantung satuan.Tujuannya sebagai langkah penanganan awal bila terjadi konsleting lagi.

4.Rumah Bohlam Berkarat

Kondisi rumah bohlam yang berkarat dapat menyebabkan aliran yang terhubung ke bagian bohlam menjadi terhambat bahkan terputus.Bila hal ini terjadi lakukan tindakan pembersihan dengan menggunakan amplas.Dan coba lakukan pengujian ulang kembali dengan menyalakan lampu.Baca Juga Cara Mengatasi Lampu Depan Vario 125 Mati

5.Kondisi Relay Rusak

Relay berfungsi sebagai pemghubung kabel listrik dengan kabel yang menuju lampu.Jika kondisi relay mengalami masalah maka akan membuat lampu tidak akan menyala.Kondisi relay yang bagus akan berbunyi "tek" ketika lampu Dim dinyalakan.

6.Soket Sambungan Kabel Bermasalah

Kondisi sambungan kabel yang bermasalah akan membuat aliran listrik yang mengalir mengalami gangguan.Akibatnya membuat lampu mobil mati sebelah atau keduanya.Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengatasinya.

7.Saklar Lampu Rusak

Saklar pada lampu mobil berfungsi untuk menyambung dan memutus aliran listrik yang mengalir melalui kabel menuju bohlam.Jika kondisi saklar mengalami kerusakan maka bisa saja membuat lampu mobil sulit untuk menyala.Cara mengatasinya yaitu dengan melakukan pergantian atau bisa juga meminta bantuan ke bengkel.

8.Cara Pemasangan Bohlam Lampu Salah

Cara pemasangan bohlam lampu memang terlihat cukup mudah dan sepele.Namun pada kenyataannya ada bohlam lampu yang ternyata memiliki umur pemakain yang pendek akibat salah dalam pemasangan.Biasanya disebabkan tanpa sengaja terpegangnya tabung bohlam lampu tersebut.

Akibatnya tabung bohlam lampu menjadi kotor.Sehingga ketika bohlam lampu dinyalakan akan membuat gas pada tabung lampu terfokus pada bagian tertentu saja.Akibatnya penyebaran panas pada bohlam tidak merata dan membuat bohlam lampu mati.

Lampu Mobil Depan Redup Sebelah

Permasalahan lampu mobil depan redup sebelah juga termasuk salah satu masalah yang banyak di alami para pemilik mobil.Lampu redup biasanya ditengarai oleh kurang menempel dengan kencang kabel dengan body mobil ( ground cable ).Cara mengatasinya cukup mudah,ambil kabel ground tersebut ( warna hitam ) dan tempelkan pada baut body mobil lalu kencangkan.

Lampu Rem Mobil Mati

Lampu rem juga termasuk salah satu dari perangkat mobil yang tidak boleh diabaikan.Karena fungsi dari lampu rem adalah sebagai isyarat atau tanda bahwa mobil sedang melakukan pengereman.Kerusakan pada lampu rem biasanya tidak jauh berbeda dengan lampu depan,tindakan pengecekannya tinggal mengurutkan saja.Baca Juga Cara Reset Ecu Grand Livina 100% Work

Demikianlah informasi mengenai 8 penyebab lampu mobil mati sebelah dan cara mengatasinya.Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan membantu sobat yang saat ini sedang membutuhkan informasi diatas saat ini.

Salam Gas Puoll,,

 

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "8 Penyebab Lampu Mobil Mati Sebelah dan Cara Mengatasinya"