Widget HTML Atas

3 Macam Pelindung Kabel Motor dari Gigitan Tikus

 Tikus bisa menjadi salah satu musuh yang paling menyebalkan bagi para pemilik kendaraan bermotor.Apalagi bagi sobat yang memiliki motor matic seperti Honda beat maupun Yamaha Nmak.Karena kedua type motor ini memiliki banyak ruang kosong didalam bodynya.Hal seperti inilah yang disukai oleh hewan pengerat untuk masuk dan menggerogoti kabel motor.Akibatnya ketika sobat hendak memakai motor tidak mau dinyalakan.Oleh sebab itu penting untuk memakai pelindung kabel motor dari gigitan tikus.

Perlu sobat ketahui juga bahwa biaya urut kabel motor tarifnya tidaklah murah,jadi ketika sobat tidak bisa memperbaiki jalur kabel motor yang telah rusak secara mandiri otomatis akan meminta bantuan ke bengkel.

Tapi apabila sobat bisa memperbaiki sendiri,bisa dengan membeli kabel sesuai yang dianjurkan.Misal untuk motor beat pastikan warna kabel yang anda beli sesuai warna kabel motor beat yang terpasang.Hal ini berguna agar memudahkan sobat dalam menyambung kabel motor.

3 Macam Pelindung Kabel Motor dari Gigitan Tikus


CARA MENGATASI KABEL MOTOR YANG DIMAKAN TIKUS

Ada beberapa cara yang sobat lakukan untuk mencegah agar kabel motor terhindar dari gigitan tikus.

1.SELANG PELINDUNG KABEL MOTOR 

Dengan menggunakan selang pelindung kabel motor tentu saja akan memberikan manfaat,terutama melindungi dari panas mesin motor sobat.Biasanya pelindung kabel ini berbahan sintetis berbentuk selonsong sehingga kabel akan kelihatan lebih rapi.

3 Macam Pelindung Kabel Motor dari Gigitan Tikus


2.COVER PELINDUNG KABEL MOTOR VARIASI

Biasanya cover kabel motor ini berbahan plastik yang dapat dibelah,sehingga mudah diaplikasikan dan juga kabel motor akan lebih aman.

3 Macam Pelindung Kabel Motor dari Gigitan Tikus


3.PEMBUNGKUS KABEL MOTOR VARIASI

Pelindung kabel yang seperti ini banyak sekali dijumpai di toko onderdil listrik dan biasanya di kenal dengan istilah isolasi rubber tape.Isolasi ini terbuat dari bahan karet khusus bernama Etilen linerless Propylene Rubber yang memiliki kemampuan tahan panas yang cukup bagus serta kuat.

3 Macam Pelindung Kabel Motor dari Gigitan Tikus


Selain sebagai pelindung kabel listrik dari tikus dan panas,diperlukan juga kerapian didalam jalur kelistrikkan.Oleh karena itu diperlukan juga beberapa komponen tambahan seperti:

  • KLEM KABEL MOTOR

Ada berbagai macam klem kabel motor yang beredar dipasaran,sobet bisa membelinya di toko spare pert variasi atau bahkan di after market.Klem kabel motor berfungsi untuk merapikan jalur kabel menjadi lebih rapi.

  • SAMBUNGAN KABEL MOTOR

Tentu saja didalam jalur kelistrikkan diperlukan beberapa sambungan kabel yang fungsinya untuk menghubungkan dengan komponen lain serta memudahkan dalam pengecekkan dan penggantian.

  • TALI PENGIKAT KABEL MOTOR

Pemandangan kabel motor yang berantakan tentu saja akan membuat risih,oleh sebab itu tali pengikat kabel motor juga akan diperlukan.Pemasangannya pun juga sangat mudah dan simple.

MANFAAT PELINDUNG KABEL MOTOR

Secara umum fungsi kabel motor dapat dirangkumkan sebagai berikut:

  • Melindungi kabel motor terhadap gesekan,karena ketika kabel bergerak-gerak potensi terkelupas menjadi lebih besar.
  • Melindungi kabel motor dari tetesan zat cair,oli dan sebagainya
  • Membuat penataan kabel motor lebih rapi dan bisa dikumpulkan menjadi satu dijalur yang lebih aman.
  • Mempercantik estetika didalam penataan kelistrikan kabel,karena terdapat bermacam warna-warni pelindung kabel yang bisa diapilkasikan.

Demikian informasi mengenai 3 macam pelindung kabel motor dari gigitan tikus,semoga bisa membantu sobat dalam mencegah agar tikus tidak menggigit kabel motor.Selain kabel motor sobat sebaiknya juga memperhatikan bagian lain seperti busi motor,kampas rem dan lain-lain.


antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "3 Macam Pelindung Kabel Motor dari Gigitan Tikus"