Widget HTML Atas

Advertisements

9 Penyebab Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin

Motor Susah HIdup Saat Mesin Dingin

Waktu anda mau berangkat kerja tapi motor anda malah mengalami masalah alias mogok pasti anda akan merasa kesal sekali.Ada banyak hal yang menjadi penyebab motor susah hidup saat mesin dingin.Hal ini mungkin diakibatkan karena kurangnya perawatan yang dilakukan si pemiliki terhadap motor kesayangannya.

Permasalahan seperti ini pasti pernah dialami oleh hampir semua pemiliki kendaraan,baik motor 2 tak maupun 4 tak dan tak menutup kemungkinan juga terjadi pada motor matic dan juga motor sport.


9 Penyebab Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin


Lalu apa saja sich yang menjadi penyebab motor susah hidup??jawabannya tentu bisa beraneka ragam bisa saja terjadi masalah pada karburator,bagian busi maupun bagian lainnya.Nah untuk lebih lengkapnya antonkevas.com telah merangkum beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya;

1.Karburator

9 Penyebab Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin


Komponen ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting,karena berfungsi untuk mencampur bahan bakar dangan udara dan menyuplai ke ruang bakar dalam sebuah mesin.

Biasanya ketika dalam kondisi dingin karburator akan mengalami kesulitan dalam menemukan pencampuran yang pas karena biasanya kadar udara yang terlalu banyak.

2.Busi

9 Penyebab Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin


Komponen busi bisa menjadi salah satu penyebab biang kerok masalah pada motor kesayangan anda.Busi yang berwarna hitam pekat dan sudah berumur biasanya percikan apinya sudah tidak berwarna biru lagi serta percikannya kecil.Dan bisa juga celah busi yang sudah terlalu lebar serta kotor.

3.Celah Klep 

9 Penyebab Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin


Setelan klep yang tidak pas tentu saja akan mempengaruhi kinerja mesin anda,mungkin karena terlalu rapat dan terlalu renggang.Hal ini sangat berpengaruh sekali ketika motor akan dinyalakan,sehingga akan sulit menyala.

Berikut adalah beberapa contoh motor susah hidup saat mesin dalam keadaan dingin.

Penyebab Motor Satria Fu Susah Hidup Saat Mesin Dingin

Biasanya yang menjadi masalah pada motor satria fu adalah susah sekali hidup ketika mesin dalam keadaan dingin.Salah satu masalah biasanya terletak di bagian karburatornya.

Untuk mengatasinya anda bisa dengan menggunakan choke untuk membantu menyalakan mesin.Tarik tuas choke sampai motor anda menyala,karena dengan menarik tuas choke maka pasokan bahan bakar akan bertambah.Karena seperti yang kita ketahui masalah di karburator saat dingin kadar udaranya lebih banyak.

Atau anda juga bisa mengakalinya dengan melakukan seting spuyer pilot jet menjadi lebih besar untuk mengatisipasi hal ini terjadi terus menerus.Dan untuk membersihkan karburator bisa dilihat disini.

Penyebab Motor 

  • mio Susah hidup Saat Mesin Dingin
  •  vario 125 Susah hidup Saat Mesin Dingin

Untuk menyalakan sebuah motor tentu saja bisa mengandalkan elektrik starter maupun kickstarter.Namun kadang proses penyalaan tidak sesuai seperti yang kita harapkan,berikut yang bisa menjadi penyebabnya:

1.Lupa Menekan Tuas Rem dan Standart samping masih aktif

Kedua komponen diatas saling mempengaruhi sekali,apabila salah satu diabaikan tentu saja membuat proses penyalaan motor menjadi berkendala.

2.Aki Soak

Aki merupakan sebuah komponen yang mampu menyimpan arus listrik yang nantinya akan menyuplai kebutuhan listrik.Apabila tegangan aki ini mengalami drop atau penurunan tentu saja beberapa kebutuhan listrik tidak akan terpenuhi.

3.Relay Starter Rusak

Fungsi dari sebuah relay adalah pengalir arus utama atau jembatan yang langsung menghubungkan arus baterai ke starter.Apabila relay ini rusak tentu saja starter tidak akan menyala karena arus listrik otomatis tidak akan terhubung.

4.Kompresi Motor Rendah

Mesin memerlukan tekanan kompresi untuk meningkatkan tekanan gas agar mudah terbakar. Umumnya rasio kompresi berkisar antara 7-10 ; 1.Maka apabila kompresi kurang dari 7 maka mesin akan sulit menyala.

5.Tekanan Bahan Bakar Menurun

Hal ini biasanya dikarenakan oleh sistem injektor ( motor berbasis injeksi ) yang mengalami masalah yakni mampet.Atau bisa juga rotaknya sendiri mengalami kerusakan atau sudah lemah.

6.Kabel koil / koil Bermasalah

Hal ini bisa saja menjadi salah satu penyebab,tak hanya di motor matic saja bisa berlaku di semua motor.Untuk mengetahuinya anda bisa dengan mengeceknya secara langsung dengan menggunakan alat bantu avometer.Untuk lebih lengkap dapat di lihat pada cara cek koil motor.

7. Dimensi pilot jet yang tidak sesuai

Motor yg masih mengenakan system karburator, sangat mudah buat menduga mengapa sulit buat dihidupkan di pagi hri. Apabila telah melakukan upaya choke, tetapi masih susah buat dinyalakan di pagi hri, dapat saja dimensi pilot jet di karburator yg gak sesuai ataupun kekecilan. Pilot jet merupakan komponen di dalam karburator yg tugasnya mengendalikan system jetting motor terhadap rpm rendah( di dasar 5000). Diwaktu motor kamu hadapi kesulitan di rpm dasar semacam itu, pemecahan yg bisa dicoba ialah edit pilot jet motor kalian dengan dimensi yg lebih besar.

Konsumsi pilot jet biasanya berbanding dgn keperluan mesin& setelan yang lain. komponen ini perlu dicermati, supaya nantinya motor kamu gak susah lagi dinyalakan pada pagi hari.Lihat 100 Daftar ukuran pilot jet dan main jet semua merk motor

8.Bensin yang tidak naik ke sistem karburator

Permasalahan selanjutnya yg bisa menimbulkan motor jadi sulit dihidupkan di pagi hri ialah karena bensin yg tidak naik ke sistem karburasi. perihal ini dapat saja terjalin lantaran keran vakum yg tersumbat, maupun kondisi karburator yg kotor. perihal ini mayoritas dapat diatasi dengan memompa karburator, yg populer istilahnya merupakan dibekep, hingga bensin bakal turun ke dalam karburator dan mesin mampu menyala dgn mudah.

Namun pada biasanya utk menanggulangi permasalahan ini, pabrikan sudah membagikan pemecahan, berbentuk tuas choke terhadap motor kalian. tuas choke ini memiliki guna yg seragam semacam trick kerja bekep ini, hingga bensin mampu dituntut turun ke system karburasi.

9.Busi yang telah lemah

Pemicu yang lain yang mampu menimbulkan motor susah hidup di pagi hari ialah kondisi busi dan  seluruh piranti pengapian yang dapat saja sudah lemah. Pengapian yang sudah lemah tentu saja bakal lebih sulit buat menyalakan sebuah mesin, tidak hanya pagi hari, namun juga di siang hari.

Sedangkan untuk mobil,berikut penyebab mobil susah distarter saat mesin dingin adalah:

 Apa yang Menyebabkan Mobil Susah Distarter saat Mesin Dingin?


Mobil susah distarter saat mesin dingin dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa kemungkinan penyebab antara lain:

1.Baterai yang Lemah

Baterai kendaraan bermotor adalah sumber daya utama untuk menghidupkan mesin kendaraan. Jika baterai lemah, mobil mungkin akan kesulitan distarter, terutama pada suhu rendah.

2.Sistem Pengapian yang Bermasalah

Sistem pengapian bertanggung jawab untuk memicu api di ruang bakar. Jika ada masalah dalam sistem ini, mobil mungkin sulit distarter, terutama saat mesin dingin.

3.Kondisi Busi yang Buruk

Busi yang kotor atau rusak dapat menyebabkan masalah starter pada mobil. Busi yang buruk dapat menghambat pengapian, yang pada gilirannya dapat membuat mesin sulit dihidupkan.

4.Kondisi Starter yang Buruk

Starter adalah komponen utama dalam memulai mesin kendaraan. Jika starter rusak atau tidak berfungsi dengan baik, mobil mungkin sulit distarter saat mesin dingin.

Tips Mengatasi Mobil yang Sulit Distarter saat Mesin Dingin


Jika Anda mengalami masalah mobil yang sulit distarter saat mesin dingin, ada beberapa tips yang dapat Anda coba:

1.Pastikan Baterai dalam Kondisi yang Baik

Pastikan baterai kendaraan dalam kondisi yang baik dan terisi penuh sebelum mencoba menghidupkan mesin. Jika baterai lemah, pertimbangkan untuk menggantinya.

2.Periksa dan Ganti Busi yang Buruk

Periksa busi dan pastikan bersih serta dalam kondisi yang baik. Jika busi kotor atau rusak, gantilah dengan yang baru.

3.Periksa dan Ganti Filter Udara

Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara ke mesin, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah starter. Pastikan untuk memeriksa dan membersihkan atau mengganti filter udara yang kotor.

4.Cek Sistem Pengapian

Pastikan sistem pengapian dalam kondisi baik dan bekerja dengan baik. Jika ada masalah, segera perbaiki atau ganti komponen yang rusak.

5.Periksa dan Ganti Starter yang Buruk

Jika masalah starter pada mobil disebabkan oleh komponen starter yang rusak, pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru.

Kapan Harus Mengunjungi Bengkel


Jika setelah mencoba tips-tips di atas mobil masih sulit distarter saat mesin dingin, maka sebaiknya segera membawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki. Ada beberapa tanda bahwa masalah starter pada mobil memerlukan bantuan mekanik profesional, antara lain:

1.Suara Starter yang Berdengung atau Bunyi yang Aneh

Jika saat mencoba distarter, terdengar suara starter yang berdengung atau bunyi yang aneh, itu mungkin menandakan masalah starter yang serius.

2.Starter Tidak Berfungsi

Jika starter tidak berfungsi sama sekali, itu menunjukkan masalah yang cukup serius dan sebaiknya segera dibawa ke bengkel untuk diperiksa.

3.Lampu Indikator Check Engine Menyala

Jika lampu indikator check engine di dashboard menyala, itu bisa menunjukkan masalah pada sistem pengapian atau komponen lain yang berhubungan dengan mesin kendaraan.

4.Mobil Sulit Distarter Meskipun Sudah Mengikuti Tips-Tips di Atas

Jika meskipun sudah mencoba tips-tips di atas dan mobil masih sulit distarter saat mesin dingin, itu bisa menunjukkan masalah yang lebih serius dan perlu diperiksa di bengkel.

Dalam kasus seperti ini, sebaiknya jangan mencoba memperbaiki masalah starter pada mobil sendiri, karena dapat memperparah masalah atau bahkan membahayakan keselamatan Anda. Sebaiknya, serahkan perbaikan pada mekanik profesional yang berpengalaman dan terpercaya

Demikianlah beberapa hal penyebab motor susah hidup saat mesin dingin,tentu saja setelah anda mengetahui penyebabnya maka anda bisa melakukan pencegahannya.Lakukanlah perawatan motor secara rutin untuk meminimalisir masalah yang akan terjadi pada motor anda.

salam,antonkevas.com










antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog

Tidak ada komentar untuk "9 Penyebab Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin"

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
close
Advertisements