Widget HTML Atas

Cara Mengatasi Kabel Kopling Putus Dengan Gampang

Kabel kopling putus memang sebuah hal yang bisa menyebabkan rasa cemas,hal ini bisa terjadi kapan saja bahkan ketika sobat akan bepergian atau dalam sebuah perjalanan.Oleh karena itu perlu sekali untuk mengetahui cara mengatasi kabel kopling putus dengan gampang.

Motor kopling biasanya identik dengan motor sport,motor yang memiliki kecepatan tinggi.Jadi wajar saja apabila bila kopling akan terus bekerja untuk memindahkan gigi melalui handle kopling.

Cara Mengatasi Kabel Kopling Putus Dengan Gampang


FUNGSI DAN CARA KERJA KOPLING

Menurut salah satu sumber,kopling pada sebuah motor memiliki fungsi antara lain sebagai berikut:

  • Menghubungkan antara mesin dengan transmisi sehingga putaran pada mesin dapat diteruskan ke transmisi
  • Melepaskan antara mesin dan transmisi ketika akan terjadi proses pemindahan gigi
  • Menghubungkan kembali antara mesin dengan transmisi secara perlahan sehingga motor bisa berjalan secara perlahan-lahan


Sedangkan untuk kabel kopling sendiri  bekerja dengan meneruskan perputaran proses engkol terhadap transmisi dan akan melepaskan kembali hubungan poros engkol dengan transmisi ketika sedang memindahkan gigi melalui kerja handle kopling 

PENYEBAB KABEL KOPLING PUTUS

  • Kondisi selang kabel kopling yang sudah rusak,akan mengakibatkan gesekkan antara kabel dengan selang yang akan membuat kabel gas menjadi putus.
  • Pelindung kabel kopling dalam kondisi yang rusak sehingga bisa mengakibatkan air masuk ke dalam selang.Dan lama-kelamaan akan menyebabkan karat.
  • Kurangnya perawatan dan masa pemakaian yang sudah terlalu lama bisa juga menjadi faktor penyebab kabel kopling putus.

BAGAIMANA BILA KABEL KOPLING PUTUS

Walaupun kabel kopling putus,motor masih bisa untuk digunakan.Namun bila sobat kurang ahli dalam mengendari motor tersebut tentu akan merasa susah sekali.Berikut beberapa hal yang bisa sobat lakukan.

CARA MENGATASI KABEL KOPLING PUTUS

  • Jika kabel kopling putus dalam kondisi mesin mati,sobat bisa mendorong terlebih dahulu agar motor melaju dengan stabil.Kemudian masukkan gigi persneling motor seperti biasanya.Apabila  sudah menyala segera saja untuk membawa ke bengkel terdekat.
  • Ketika kabel kopling putus dalam kondisi motor sedang berjalan,lanjutkan saja perjalanan seperti biasa.Bila sobat ingin mengurangi atau menambah gigi persneling gunakan seperti biasa dan gunakan kopling kaki untuk mensiasatinya sambil menuju ke bengkel.
  • Langkah ketiga yang bisa sobat lakukan yaitu dengan menggantinya dengan kabel kopling vespa dan napel.Pastikan terlebih dahulu kondisi selang kabel dalam kondisi bagus.Cara ini biasanya banyak digunakan,karena biayanya lebih murah dan pemasangannya bisa dilakukan oleh sobat sendiri.
Cara Mengatasi Kabel Kopling Putus Dengan Gampang


Selain hal itu sebaiknya sobat juga mengetahui ciri-ciri kampas kopling habis,karena performa sebuah motor juga terpengaruh terhadap komponen ini.

Demikian cara mengatasi kabel kopling putus dengan mudah,semoga bisa membantu sobatt dalam mengatasi masalah kopling putus.Biasakan melakukan perawatan secara rutin agar motor anda selalu dalam keadaan prima dan tidak muncul kode eror (untuk yang menggunakan sistem injeksi).

antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

2 komentar untuk "Cara Mengatasi Kabel Kopling Putus Dengan Gampang"

  1. jadi klo mau menyalakan mesin dgn cara stater dorong ya? kondisi gigi 1?

    BalasHapus
  2. Bisa juga ms,sambil disetengah kopling pakai kaki

    BalasHapus

Posting Komentar