Widget HTML Atas

6 Cara Service Motor Injeksi Yang Bisa Sobat Lakukan Sendiri

Intensitas pemakaian motor injeksi yang terlalu sering merupakan salah satu faktor yang membuat performa motor mengalami penurunan.Oleh sebab itu penting untuk mengetahui 6 cara service motor injeksi yang bisa sobat lakukan sendiri.

Motor injeksi saat ini memang mendominasi pasar penjualan motor di tanah air.Hal ini tak lain karena motor ini sudah didukung tekhnologi yang canggih sehingga membuat motor tetap irit namun efisien.

Hal ini karena motor injeksi sudah didukung dengan komponen Ecu yang mengatur dan memerintah sensor sehingga bekerja dengan sangat tepat.

Kelebihan motor injeksi tersebut malah justru membuat para pemilik malas melakukan perawatan sehingga kualitas mesin akan menjadi berkurang.

6 Cara Service Motor Injeksi Yang Bisa Sobat Lakukan Sendiri


Menanggapi masalah tersebut diatas,maka antonkevas telah merangkum beberapa informasi mengenai cara service motor injeksi yang benar.Berikut adalah cara-cara  yang di lakukan dalam melakukan service motor injeksi:

1.Melakukan Pergantian OLi Mesin Secara Rutin

Oli mesin berfungsi agar komponen yang berada didalam mesin minim terjadi gesekkan dan juga mampu mendinginkan temperature mesin.Namun apabila jarang sekali dilakukan pergantian maka kualitas oli menjadi buruk dan berdampak negative terhadap mesin.

Pastikan sobat melakukan pergantian oli setiap 1 -2 bulan sekali atau telah mencapai jarak tempuh 2000 km.Simak juga Tips ganti oli yang benar.Perlu sobat ingat juga bahwa setiap 2X melakukan pergantian oli wajib juga melakukan perganti oli gardan.

2.Mengecek Kondisi Busi Motor

Busi adalah salah komponen yang mampu menghasilkan api di dalam proses pembakaran.Jika kondisi busi dalam keadaan kotor maka akan membuat api busi menjadi kurang besar bahkan kalau dibiarkan busi cepat menjadi mati.

Untuk busi yang melakukan pembakaran dengan sempurna warna businya berwarna merah bata.Kenali ciri-ciri pembakaran sempurna pada busi agar anda paham kondisi warna busi seperti apa yang bagus untuk mesin.

3.Memeriksa Kondisi Aki Motor

Untuk motor yang sudah menggunakan sistem injeksi,membutuhkan tegangan aki yang stabil.Apabila ternyata tegangan aki bermasalah maka kinerja sensor akan mengalami masalah juga.

Periksa tegangan aki menggunakan avo meter,apabila ternyata ngedrop sobat bisa mengakalinya dengan melakukan recharge aki.Tetapi bila memang sudah tidak dapat di isi ulang lagi,coba untuk mengakalinya.Caranya cukup mudah,silahkan simak cara memperbaiki aki motor dengan mudah.

4.Pemeriksaan di Bagian Ecu

Sebagai otak komputer pada motor injeksi,maka tugas Ecu sangat penting sekali.Jadi pastikan tidak ada masalah pada bagian Ecu tersebut.jika ada satu bagian dalam komponen mesin atau bagian lainnya terjadi masalah,maka lampu indikator injeksi akan menyala terus.

Untuk mengatasi kondisi yang seperti ini,sobat bisa membaca terlebih dahulu arti kedipan lampu indikator tersebut.Dan selanjutnya bisa melakukan tindakan seperti melakukan reset ecu.Untuk kode lampu indikator merk Honda dan Yamaha berbeda,sobat bisa melihat di Daftar Kode mil yamaha dan kode mil Honda.

5.Selalu Menggunakan Bahan Bakar Sesuai Anjuran

Ternyata menggunakan bahan bakar yang sesuai anjuran sudah termasuk salah satu service motor injeksi secara rutin.Bahan bakar yang di anjurkan adalah bahan bakar yang memiliki kadar oktan yang cukup tinggi.Untuk motor injeksi dianjurkan memakai kada oktan di angka 90 ke atas.

Apabila ternyata para pemilik motor memakai bahan bakar dengan oktan rendah,maka pembakaran menjadi kurang sempurna.Akhirnya sisa-sisa pembakaran tersebut tertinggal dan menjadi kerak di bagian silinder head atau di bagian busi.

6.Membersihkan Throtle body dan Filter udara

Untuk melakukan pembersihan throtle body dan filter udara bisa sobat lakukan sendiri dirumah.Namun dibutuhkan sedikit ketrampilan,karena letak dari throtle body sedikit tersembunyi.Sobat hanya tinggal melakukan penyemprotan dengan injector cleaner di bagian katup kupu-kupu.

Sedangkan dalam pembersihan filter udara,sobat harus mengetahui terlebih dahulu jenis filter udara apa yang sedang dipakai.Karena bila sobat salah dalam melakukan penanganan,justru membuat filter udaran menjadi rusak.

Bengkel Motor Injeksi Terdekat

Saat ini sudah banyak sekali bengkel non resmi yang mampu melakukan service motor injeksi.Bahkan ada beberapa bengkel non resmi yang sudah memiliki alat scanner motor injeksi.Alat ini bertugas untuk mendiagnosa masalah apa yang terjadi pada motor injeksi.Namun bila sobat ragu dengan bengkel non resmi,silahkan saja melakukan service di bengkel resmi.Saat ini disetiap daerah sudah pasti gampang menemukan bengkel resmi service motor injeksi.

Itulah 6 cara service motor injeksi yang bisa sobat lakukan sendiri,semoga informasi diatas bisa memberikan informasi yang berguna serta sobat dapat memahami dan mempraktekannya. 

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "6 Cara Service Motor Injeksi Yang Bisa Sobat Lakukan Sendiri"