Widget HTML Atas

Tips Berkendara Melintasi Banjir

Selama musim penghujan tiba, tidak jarang harus berkendara di tengah-tengah hujan yang intens. Masalah hujan yang intens yang terus-menerus turun sering menyebabkan genangan air di jalan yang akan sobat hadapi. Jadi, apa yang terjadi jika sobat dipaksa untuk terus melintasi genangan air?


Tips Berkendara Melintasi Banjir



Yang pertama seharusnya tidak bingung dan tidak panik, meskipun pada dasarnya mobil tidak dirancang untuk "berenang", tetapi masih bisa menyeberangi genangan air dengan batas-batas kapasitas yang berbeda di antara setiap mobil.


Intinya adalah mengenali mobil Anda, ingat seberapa tinggi posisi saluran filter udara pada mobil sobat, dan di mana posisi komponen pengapian, seperti busi, gulungan dan distributor (untuk mesin bensin ). Jangan lupa posisi komponen listrik, seperti kotak sekering dan regulator administrasi komputer dari mesin mobil sobat. Dengan memahami lokasi semua komponen, sobat akan tahu persis bagaimana membuat keputusan sesuai dengan kedalaman air di depan sobat, pilih maju  atau kembali.


Selama waktu ini, ada mitos lucu yang menghilangkan knalpot sehingga air tidak memasuki tempat knalpot, sobat harus melupakan trik jelek ini. Sementara mesin hidup, dorongan gas buang engine masih cukup kuat untuk menghilangkan air. Yang paling penting adalah mulut saluran filter udara Anda yang ada di depan, karena jika mobil kita menghisap air maka dapat membuat mesinnya berhenti.


Trik mengemudi di tengah-tengah banjir.


Untuk mobil dengan transmisi manual, gunakan gigi 1, lalu berjalan dengan kecepatan konstan, putaran mesin sekitar 1500 hingga 2000 rpm. Ingat, jangan gunakan setengah kopling saat melintasi banjir, terutama jika banjir.Ini akan membuat slip kopling pada mobil sobat  karena basah. Untuk transmisi otomatis, itu tidak benar-benar terlarang untuk menyeberangi genangan air asalkan tidak terlalu dalam, karena berbahaya bagi komponen listrik transmisi otomatis. Tempatkan tuas transmisi ke 1 atau L, lalu berjalan dengan kecepatan konstan yang sama dengan trik transmisi manual sebelumnya.Simak cara merawat mobil transmisi otomatis.


Point penting lainnya dalam pengemudi melalui genangan air adalah:


Jangan hajar genangan air dengan kecepatan tinggi, selain dapat membuat basah komponen mesin, sobat juga dapat kehilangan kendali pada waktu menyetir.Untuk berjalan dengan kecepatan konstan, jauhkan jarak dengan mobil di depan kendaraan sobat.Jangan terlalu dekat, jadi jika ada mobil didepan mengalami mogok itu tidak berhenti, tetapi sobat dapat mengantisipasinya.Pelajari juga tips berkendara aman di jalan tol


Ketika genangan air cukup dalam sehingga mampu menutupi trotoar, selain tidak mengetahui kondisi jalan,ikuti saja mobil yang ada didepan.Ada risiko bahwa mobil Anda tenggelam atau tergelincir ke dalam parit, lubang atau  menabrak benda yang tertutup air jika sobat membuat trek sendiri.


Jika mesin mati saat melintasi genangan air, jangan mencoba untuk segera mengaktifkan mesin. Mungkin saja airnya diserap ke dalam mesin. Segera tepikan mobil ke tempat kering, lalu hubungi bengkel berlangganan sobat untuk melakukan kontrol dan menghilangkan air yang terisap mesin. Jika Anda memiliki peralatan dan pengetahuan tentang prosedur, Anda dapat melakukannya sendiri.


Setelah melintasi banjir air yang cukup, tidak ada salahnya melakukan verifikasi kondisi pelumas engine, transmisi dan sumbu mobil sobat. Ketika pelumas engine berwarna layaknya susu campur,berarti tercampur dengan air, segera ganti oli mesin segera.Simak cara merawat mobil di musim penghujan.


Lupakan keinginan untuk menyeberangi genangan air ketika air terlalu dalam (melebihi setengah ban mobil Anda), lebih baik melakukan balik arah daripada menjadikan  mobil sobat rusak. Membersihkan mesin beserta interior yang rusak dan basah karena air tidak sama sekali menyenangkan,karena komponen ini sangatlah mahal.


Jangan bosan untuk belajar mengetahui karakter dan memposisikan komponen penting dari mobil sobat seperti merawat radiator,membersihkan karburator dan sebagainya.

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com