Widget HTML Atas

9 Cara Merawat Mobil di Musim Penghujan Yang Benar

 Melakukan perawatan mobil dimusim penghujan  memang membutuhkan evord yang cukup lumayan.Hal ini tak lain juga untuk meminimalkan beberapa hal buruk yang bisa menimpa mobil kesayangan sobat.Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara merawat mobil di musim penghujan yang benar.

Air hujan sendiri memiliki kandungan air garam,yang apabila dibiarkan menempel terus dibody kendaraan bahkan sampai kebagian mesin bisa menimbulkan jamur dan berkarat.

9 Cara Merawat Mobil di Musim Penghujan Yang Benar


EFEK AIR HUJAN PADA MOBIL

Berikut adalah beberapa efek yang ditimbulkan oleh air hujan :

  • Lampu mobil menjadi buram
  • Warna cat menjadi rusak
  • Knalpot mobil menjadi cepat berkarat
  • Balljoint,swing arm,velg dan bagian lainnya yang berhubungan dengan roda menjadi cepat berkarat
  • Kampas rem dan cakram performanya menjadi berkurang

Langkah yang paling tepat untuk mengatasi efek air hujan tersebut adalah dengan selalu menjaga agar mobil tetap bersih.Namun bersih saja tidaklah cukup,oleh sebab itu antonkevas.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai cara merawat mobil di musim penghujan.

CARA MERAWAT MOBIL DI MUSIM PENGHUJAN

1.SELALU MENJAGA KEBERSIHAN KACA DEPAN MOBIL

Efek air hujan mengenai kaca depan sebuah mobil akan membuat kaca mobil menjadi berembun.Apabila hal ini terjadi,selalu menyalakan AC mobil pada waktu hujan.Usahakan jangan terlalu dingin,hal ini untuk menyesuaikan suhu yang ada di luar mobil.

Cara lain yang bisa sobat lakukan adalah dengan selalu membersihkan kaca depan setelah diguyur air hujan.Gunakan sedikit sampo,oleskan dan lakukan pengeringan dengan menggunakan kain halus atau kanebo.

2.SELALU MENCUCI BERSIH MOBIL

Air hujan yang menempel pada body mobil dan dibiarkan mengering dengan sendirinya bisa menimbulkan jamur mobil.Oleh karena itu penting sekali untuk segera mencuci mobil dengan bersih.Gunakan sampo khusus agar lapisan cat selalu terlindungi.Serta lakukan pembersihan secara khusus terutama dibagian kolong mobil.

3.MEMASTIKAN KONDISI WIPER DALAM KONDISI BAIK

Fungsi dari sebuah wiper adalah membantu membersihkan kaca depan sebuah mobil ketika sedang berkendara.Pastikan karet dan gagang wiper dalam kondisi yang bagus dan berfungsi dengan normal.

Jika kondisi karet wiper yang rusak justru akan membuat kaca mobil sobat bisa tergores.Ganti secara berkala agar karet wiper berfungsi secara normal.

4.MENGGANTI OLI MESIN SECARA RUTIN

Apabila mobil sobat sering melewati daerah yang teredam banjir,alangkah baiknya bila sering melakukan pengecekkan kondisi oli.Atau segera saja lakukan pergantian oli,karena bisa saja oli masuk dan tercantum ke dalam mesin.

5.PERIKSA KONDISI BAN DAN REM 

Ban dan rem bisa menjadi masalah yang sangat krusial sekali.Kondisi ban yang sudah gundul tidak akan mencengkram dengan baik.Begitu juga ketika dilakukan pengereman,daya pengeremannya menjadi berkurang dan bisa menimbulkan bahaya.Oleh karena itu pastikan ban mobil dalam kondisi yang baik dan lakukan pengujian rem ketika akan sedang berkendara.

6.RAJIN MEMERIKSA KONDISI MESIN

Intensitas hujan yang cukup tinggi bisa saja mengakibatkan air hujan masuk ke dalam mesin sehingga bisa mengakibatkan mesin menjadi mogok.

7.MEMASTIKAN PARKIR DITEMPAT YANG TEDUH

Hal ini dimaksudkan agar mobil tidak menjadi kotor lagi setelah dilakukan pembersihan dari air hujan.Untuk lebih aman lagi,gunakan cover mobil untuk menutupi mobil kesayangan sobat.

8.MEMASTIKAN INTERIOR DAN KARPET SELALU BERSIH

Air hujan yang merembes kedalam interior bisa menimbulkan bibit jamur dan merusak komponen didalamnya.Dan karpet yang kotor juga akan menimbulkan bau yang kurang sedap.

9.SELALU RAJIN MEMANASI MESIN MOBIL

Baik dipakai maupun jarang dipakai,mesin mobil akan lebih awet apabila dilakukan pemanasan secara rutin.Terlebih lagi di musim penghujan yang intesnsitasnya cukup besar,suhu mesin bisa menjadi sangat dingin.

Demikian 9 cara merawat mobil dimusim penghujan yang benar,tetap waspada dalam berkendara dan tetap mematuhi peraturan lalu lintas.

antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "9 Cara Merawat Mobil di Musim Penghujan Yang Benar"