Widget HTML Atas

10 Tips Mengatasi Motor Yang Terkena Banjir

Di daerah Jabodetabek memang masih menjadi daerah langganan banjir.Banyak sekali harta benda yang menjadi korban musibah banjir,salah satunya adalah sepeda motor yang menjadi korbannya.Bila Kendaraan sobat,menjadi salah satu korban banjir silahkan ikuti 10 tips mengatasi motor yang terendam banjir di bawah ini.

Dengan kejadian sepeda motor yang terendam banjir,pasti akan membuat para pemilik menjadi was-was dan panik.Salah satu solusi yang biasanya sobat lakukan adalah dengan membawa ke bengkel.Namun tidak ada salahnya bila sobat mencoba melakukan beberapa tips yang akan di pandu oleh antonkevas untuk menghidupkan kembali sepeda motor kesayangan.

Karena bila sobat melakukan tindakan ngawur dalam menghidupkan dengan kondisi air yang berada didalam,bisa berakibat sangat fatal sekali.Efek terburuknya piston akan mengalami pecah dan stang piston bisa berakibat bengkok.

Jika ketinggian banjir yang merendam sepeda motor hanya mencapai setengah roda atau ketinggian sekitar 30 cm,sobat bisa melakukan tips berikut ini:

10 Tips Mengatasi Motor Yang Terkena Banjir


1.JANGAN SEGERA MENGHIDUPKAN MESIN SEPEDA MOTOR


Tindakan konyol seperti langsung menghidupkan mesin,banyak sekali dilakukan oleh para pemilik sepeda motor korban banjir dan hasilnya kerusakan mesin bertambah berat.Dan biaya yang harus dikeluarkan juga akan menjadi lebih besar.

2.Bersihkan Sepeda Motor dengan Air Bersih


Sepeda motor yang terendam banjir dalam kurun waktu yang lumayan lama,pasti akan membuat banyak kotoran yang menempel.Segeralah untuk membersihkan seluruh bagian dengan menggunakan air bersih,terutama di area/bagian vital sepeda motor.Selain itu juga sebagai antisipasi terjadinya karat yang malah akan menambah kerusakan dibagian mesin.


3.Mengganti Oli Mesin dan Lakukan Flushing


Kondisi sepeda motor yang teredam banjir dengan durasi waktu yang cukup lama,besar kemungkinan oli mesin sudah bercampur dengan air.Oleh sebab itu penting sekali untuk segera melakukan tindakan menguras oli dan mengganti oli dengan oli yang baru.Tetapi sebelum sobat mengganti dengan oli mesin yang baru,tindakan flushing sangat diperlukan sekali.

Fungsi flushing sendiri bertujuan untuk mengangkat sisa kotoran yang berada di dalam mesin.Tindakan flushing memang banyak lakukan oleh pihak bengkel ketika menerima pasien sepeda motor korban banjir.

4.Memeriksa Seluruh Komponen Mesin


Selain melakukan pergantian dan flushing oli motor,periksa juga secara menyeluruh disetiap komponen mesin.Hal ini untuk mengetahui apakah ada yang mengalami kerusakkan.Dimulai dari pengecekkan di bagian bak kopling,silinder blok,head silinder serta dibagian cvt ( bagi yang mempunyai motor matic ).


5.Membersihkan Karburator atau Throtle Body


Jangan lupa untuk melakukan pembersihan dibagian karburator atau dibagian throtle body.Pastikan dalam membersihkan karburator harus benar-benar bersih di setiap bagiannya.Untuk cara membersihkan karburator bisa dilihat disini.

Sedang bagi sobat yang memiliki sepeda motor matic,gunakan carbon cleaner untuk membersihkan throtle body.Disamping membersihkan throtle body dan karburator,bagian filter udara juga wajib dilakukan pembersihan.

Untuk membersihkan filter udara,sobat harus mengenal terlebih dahulu mengenal terlbih dahulu jenis-jenis filter udara.Karena ada beberapa filter udara yang tidak.harus dibersihkan tetapi langsung dengan mengganti dengan filter udara yang baru.

6.Memeriksa Seluruh Perangkat Kelistrikan


Kabel motor memang sudah didesain dari pabriknya dengan tahan air,tetapi bila bila sambungan kabel terendam dalam waktu yang cukup lama kemungkinan air dan kotoran masih menempel.Jika sobat langsung menghidupan mesin,kemungkinan konsleting kabel motor bisa saja terjadi.

Sobat bisa melakukan pembersihan di bagian sambungan kabel dengan menggunakan cairan penetralan.Cairan ini berguna untuk melindungi sambungan kabel agar tidak berkarat dan keringkan dengan kain lap kering.


7.Memeriksa kondisi Busi Beserta Copnya


Kondisi cop busi yang terendam banjir,kemungkinan rusak bisa saja terjadi.Lakukan pemeriksaan,bila ternyata memang dalam kondisi rusak ganti saja dengan cop busi baru.

Selain itu periksa juga kondisi Busi motor,bila ternyata kondisi dalam keadaan basah keringkan terlebih dahulu.Apabila sudah dalam keadaan kering dan bersih,lakukan pengecekkan api busi.Apakah masih dalam kondisi yang bagus atau tidak?? Bila tidak ganti saja dengan busi yang baru.

8.Memeriksa Kondisi Bahan bakar


Apabila motor terendam sampai ke bagian tangki,alangkah baiknya bila melakukan pemeriksaan dibagian tangki tersebut.Lakukan pengurasan,untuk menghindari tercampurnya bahan bakar dengan air.

9.Memeriksa Bagian Knalpot


Banjir yang merendam sepeda motor,bisa saja mengakibatkan air masuk ke dalam lubang knalpot.Air yang masuk ini kemungkinan besar bisa masuk ke dalam ruang pemabakaran melalui saluran pembuangan.

10.Lakukan Reset Ecu Terlebih Dahulu


Bagi sobat yang memiliki motor matic,melakukan reset ecu dan reset lainnya sangat penting.Selain untuk mengembalikan ke setelan pabrik juga untuk memperbaiki sensor eot,sensor tps dan sensor lainnya yang mengalami masalah.


Itulah 10 tips mengatasi motor yang terendam banjir,semoga tips tersebut bisa membantu memecahkan masalah yang terjadi pada motor sobat saat ini.Pastikan sobat melakukan urutan pemeriksaan dengan tepat dan apabila sobat merasa kebingungan,silahkan kunjungi saja bengkel motor terdekat.

Salam Gas Puoll,,,

antonkevas
antonkevas Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "10 Tips Mengatasi Motor Yang Terkena Banjir"