Widget HTML Atas

Cara Mengatasi Motor Honda Vario 125 Ngempos dan Ngegas Sendiri

 Seringnya pemakaian sepeda motor honda vario 125 tentu saja akan membuat performa motor menjadi menurun.Selain itu juga muncul beberapa masalah seperti ngempos dan bahkan sering ngegas sendiri.Maka dari itu mari kita simak saja cara mengatasi Honda Vario 125 ngempos dan ngegas sendiri.

Honda vario 125 yang sudah mengalami masalah ngempos,brebet dan ngegas sendiri bisa dikarenakan faktor umur usia pemakaiannya.Sepeda motor vario 125 merupakan salah satu pelopor motor injeksi Honda pertama kali,jadi sangat wajar bila masalah seperti mulai terjadi.

Cara Mengatasi Motor Honda Vario 125 Ngempos dan Ngegas Sendiri


Untuk masalah motor matic ngempos sebenarnya masih bisa sobat atasi sendiri,karena untuk motor yang sudah menggunakan sistem injeksi akan menunjukkan lampu mil akan menyala.Jadi bila lampu mil pada motor Honda Vario 125 menyala berarti telah terjadi masalah pada motor matic anda.Sobat hanya tinggal menghitung berapa kali kedipan panjang dan berapa kali kedipan pendek.Arti kedipan tersebut bisa sobat lihat di Cara reset ecu motor injeksi Honda.

Tetapi bila permasalahan pada sepeda motor vario 125 sobat tidak menunjukkan lampu mil menyala,berarti bisa saja terjadi beberapa kemungkinan yaitu:

  • Kerusakan pada salah satu komponen yang berhubungan dengan suplai bahan bakar dan sistem pengapian.
  • Gunakan soket Dlc untuk menganalisa,mengecek serta memunculkan kode kerusakan.

PENYEBAB HONDA VARIO 125 NGEMPOS

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sepeda motor vario 125 sobat mengalami ngempos.

1.BUSI MOTOR

Busi motor sobat sudah dalam kondisi yang hampir mati sehingga percikan apinya menjadi kurang stabil.Disamping itu kadang sobat,tidak cermat dalam memilih busi hanya asal beli dan pasang saja.Padahal untuk motor injeksi menggunakan type busi tertentu.Jangan menggunakan busi motor karbu walaupun memang plug and play.Perlu sobat ketahui bahwa busi motor injeksi menggunakan type busi dingin.Untuk type busi bisa sobat cek di.

=> Macam Type dan Jenis Busi Motor 

Cara Mengatasi Motor Honda Vario 125 Ngempos dan Ngegas Sendiri

2.COP BUSI RUSAK

Bagian cop busi memang sering kali luput dari analisa sobat semuanya,mungkin dikarenakan komponen ini sangat jarang sekali mengalami kerusakan.Untuk di motor yang masih menggunakan karburator,ketiadanya cop busi memang tidak akan membuat masalah.Beda dengan sepeda motor yang sudah menggunakan sistem injeksi,komponen ECU akan terganggu kinerjanya.Ciri-ciri kerusakan cop busi biasanya ditandai dengan kondisi berkarat dan jamur di bagian dalam cop busi.

3.FUEL PUMP BERMASALAH

Fuel pump mempunyai fungsi memompa dan menyuplai bahan bakar dari tangki menuju ke injektor.Apabila kondisi pompa bahan bakar ini rusak maka suplai bahan bakar menjadi kurang lancar.

=> Cara Memperbaiki Fuel pump dengan mudah

Selain itu,kondisi injektor yang mengalami tersumbat bisa menjadi salah satu faktornya.Biasanya kondisi seperti ini akibat kondisi tangki bahan bakar dalam kondisi kotor.

=> Cara mengatasi Injektor Mampet

4.KERUSAKAN PADA SENSOR TPS

Cara Mengatasi Motor Honda Vario 125 Ngempos dan Ngegas Sendiri


Throtle Position Sensor merupakan salah satu komponen yang menangkap dan membaca sinyal yang digunakan untuk memerintah fuel pum dan injektor bekerja.Ciri-ciri sensor tps mengalami masalah biasanya tarikan gas akan hilang / ngempos dan brebet.Untuk cara membaikinya sangat mudah sekali.

=> Cara Memperbaiki Sensor Tps Vario 125

CARA MENGATASI VARIO 125 NGEMPOS

Berikut adalah beberapa hal yang harus sobat lakukan,ketika vario 125 kesayangan mengalami ngempos.

Yang pertama harus sobat lakukan adalah dengan mengganti busi sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrikan merk motor yang sobat pakai.Gantilah busi motor vario 125 setiap 8000 km.Dan Juga selalu memastikan kondisi cop busi dalam keadaan baik.

=> Busi Motor Matic 

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pembersihan secara rutin di bagian filter udara.Pelajari dengan benar cara membersihkan filter udara karena filter udara mempunyai beberapa jenis yang memiliki perbedaan dalam cara membersihkannya.

=> Cara Membersihkan Filter Udara Yang Benar

Untuk menghindari agar fuel pump tidak mengalami masalah,sebaiknya gunakan bahan bakar yang mempunyai oktan tinggi.Hal ini agar dalam proses pembakaran tidak meninggalkan sisa.Dan jangan membiasakan mengisi tangki bahan bakar menunggu kosong terlebih dahulu.

Dan langkah yang terakhir adalah dengan melakukan perbaikkan di semua sensor motor vario tersebut.Caranya adalah dengan melakukan reset ecu dan selanjutnya setting di mode 1.

=> Cara Reset Ecu Motor Injeksi

PENYEBAB HONDA VARIO 125 NGEGAS SENDIRI

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sepeda motor vario 125 sobat mengalami ngeGAS sendiri.

1.JARAK MAIN BEBAS GAS KURANG

Menurut standartnya jarak main bebas sebuah hand grip adalah sekitar 3 - 5 mm,hal ini berlaku ketika kemudi stang dalam posisi lurus maupun ketika berbelok.Jika ternyata jarak main bebas kurang dari ukuran standart maka gas akan selalu tertarik dan ngegas dengan sendiri.

2.MEMAKAI PELINDUNG STANG

Menggunakan pelindung stang sich boleh-boleh saja,asal ketika gas ditarik masih dapat lancar kembali seperti semula.Namun pada kenyataannya masih sering ditemui pemasangan pelindung stang yang membuat gas motor susah untuk kembali.

3.KERUSAKKAN SENSOR TPS

Seperti yang sudah dijelaskan diatas,bahwa sensor tps mempunyai andil ketika motor vario 125 sobat mengalami brebet,ngempos dan ngegas sendiri.

4.AKI MOTOR NGEDROP

Untuk mototr yang sudah menggunakan sistem injeksi,harus ditunjang dengan kondisi aki motor yang selalu prima.Karena bila kondisi aliran listrik tidak stabil maka kinerja sensor-sensor juga akan terganggu.

CARA MENGATASI VARIO 125 NGEGAS SENDIRI

Cara yang pertama adalah dengan mengatur ulang jarak main bebas gas.Pastikan ada jeda dengan jarak standart 3-5 mm.Atau bisa juga dengan melakukan penyetelan baut kabel gas yang berada di bawah jok.Kendorkan dan setel sampai maju kedepan dan kencangkan kembali.

Cara Mengatasi Motor Honda Vario 125 Ngempos dan Ngegas Sendiri


Pastikan pelindung stang,ketika terpasang tidak menganggu kinerja hand grip.Dan ketika di tarik dan kembali tidak dalam kondisi seret.

Pastikan melakukan melakukan reset ecu dan juga memperbaiki sensor tps.Dan jika kondisi aki motor ngedrop,sobat bisa mencoba melakukan perbaikkan sendiri.Untuk cara memperbaiki aki yang ngedrop sudah tersedia ditutorial antonkevas.Bila sobat merasa malas untuk memperbaiki,mengganti dengan aki motor baru adalah solusi yang paling tepat.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi motor honda vario 125 ngempos dan ngegas sendiri.Semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu bagi sobat semuanya.

Salam Gas Puoll,,,

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengatasi Motor Honda Vario 125 Ngempos dan Ngegas Sendiri"