Widget HTML Atas

5 Penyebab Motor Hilang Kompresi Serta Cara Mengatasinya

 Motor tiba-tiba mengalami mogok memang sangat menjengkelkan,apalagi ketika kita sedang berburu waktu dijalan.Namun apa sich yang menjadi penyebab motor hilang kompresi serta cara mengatasinya.

Menjawab pertanyaan seperti diatas,banyak faktor yang menjadi penyebabnya.Jadi bagi sobat yang pernah atau sedang mengalami hal seperti tak usah panik,karena antonkevas akan membagikan cara mengatasi serta apa yang menjadi penyebabnya dibawah ini.

5 Penyebab Motor Hilang Kompresi Serta Cara Mengatasinya


Hilang Kompresi atau biasa disebut dengan istilah Compression Loss merupakan peristiwa bocornya tekanan gas ( campuran bahan bakar dan udara ) yang terjadi diruang bakar sebuah mesin.Jadi ketika mesin kehilangan kompresi,maka otomatis mesin akan mengalami susah menyala.

Walaupun masalah hilang kompresi,alangkah baiknya apabila sobat mengetahui apa yang menjadi ciri-ciri penyebab motor hilang kompresi.

Ciri-ciri Motor Yang Mengalami Hilang Kompresi

1.Kickstarter motor mengalami hilang tenaga pada saat diayunkan.

2.Motor mengalami mogok walaupun bahan bakar dan nyala pengapian bagus.

3.Tidak merasakan beban ketika kickstarter digunakan,apabila ada akan langsung menendang kembali ke titik semula.

=> Cara Mengatasi Vario 125 Ngempos

Penyebab Motor Hilang Kompresi

Berikut adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab motor hilang kompresi ketika di RPM atas.

1.Posisi Klep Yang Sudah Tidak Rapat

5 Penyebab Motor Hilang Kompresi Serta Cara Mengatasinya


Kondisi klep yang sudah mengalami kebocoran pasti akan mempengaruhi terhadap kinerja mesin yaitu dengan mengalami hilangnya kompresi.Hal ini biasanya dikarenakan kotoran yang tertinggal akibat sisa-sisa pembakaran yang tidak sempurna.Atau bisa juga akibat rumah payung klep yang sudah tidak rata lagi.

Cara mengatasi klep yang sudah tidak rapat lagi yaitu bisa dengan melakukan skur klep atau juga dengan mengganti seal klep.

2.Ring Mengalami Aus / Kendor

5 Penyebab Motor Hilang Kompresi Serta Cara Mengatasinya


Kondisi ring piston yang sudah mengalami kendor pasti akan memberikan efek ketika mesin dinyalakan.Ring piston sendiri terdiri beberapa ring,salah satunya adalah ring kompresi yang berfungsi untuk menahan tekanan kompresi.Maka apabila ring kompresi ini mengalami kerusakan maka otomatis tidak akan mampu menahan tekanan kompresi dengan kuat.

=> Cara Memasang Ring Piston Yang Benar

3.Packing Dibagian Head Rusak

5 Penyebab Motor Hilang Kompresi Serta Cara Mengatasinya


Walaupun kemungkinannya sangat kecil,tetapi bisa saja terjadi kerusakan dibagian packing head tersebut.Biasanya ditandai dengan keluarnya rembesan oli mesin melalui bagian ini.

4.Kondisi Batang Klep Sedikit Bengkok

5 Penyebab Motor Hilang Kompresi Serta Cara Mengatasinya


Pemasangan atau setelan klep yang tidak tepat bisa membuat klep dan piston berbenturan.Atau juga akibat per klep yang sudah dalam kondisi lemah sehingga tidak mampu mengembalikan klep ke posisi semula dengan cepat.

Untuk mengatasinya,sobat bisa mengecek dengan teliti dan melalukan pergantian dengan klep baru apabila memang sudah dalam kondisi bengkok.Pengerjaan dibagian klep ini,sebaiknya dilakukan bersamaan dengan melakukan skur klep.

5.Rumah Busi Dol

5 Penyebab Motor Hilang Kompresi Serta Cara Mengatasinya


Pemasangan busi yang kurang tepat atau sering melakukan pergantian busi,bisa saja membuat drat rumah busi menjadi cepat rusak.Efeknya akan membuat kompresi mengalami kebocoran.

Ada 5 cara mengatasi rumah busi motor dol atau rusak yang bisa sobat lakukan.Sehingga kompresi menjadi padat kembali.

Cara Mengatasi Motor Hilang Kompresi

Seperti pepatah malu bertanya sesat dijalan,sebenarnya cara mengatasi motor hilang kompresi caranya sangat gampang sekali.Namun pada kenyataanya masih sangat jarang sekali,masyarakat yang tahu cara mengatasinya.

Langkah pertama yang sobat lakukan adalah dengan melepas busi motor terlebih dahulu.Kemudian masukkan sedikit saja oli mesin melalui lubang busi motor tersebut.

Kenapa harus memasukkan oli??

Karena fungsi oli tersebut untuk melumasi bagian ring piston,agar ketika melakukan tekanan balik tidak menciut kembali sehingga mampu memberikan tekanan kompresi.

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan kickstarter sambil menutup lubang busi menggunakan kain.Ketika dirasa tekanan kompresi sudah menjadi padat,silahkan pasang kembali busi motor dan nyalakan mesin.

Agar masalah hilang kompresi pada motor ini tidak terjadi pada motor kesayangan anda.Sebaiknya untuk selalu tetap melakukan perawatan rutin setiap bulannya.Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi masalah seperti motor mogok.

Demikian informasi 5 penyebab motor hilang kompresi serta cara mengatasinya.Semoga bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang sedang sobat alami saat ini.

Salam Gas Puoll,,

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "5 Penyebab Motor Hilang Kompresi Serta Cara Mengatasinya"