Widget HTML Atas

6 Cara Stroke up Grand Yang wajib Sobat Ketahui

 Salah satu cara dalam menaikkan cc sebuah motor Honda Astrea Grand adalah dengan melakukan bore up maupun stroke up.Berikut adalah cara stroke up grand yang bisa sobat lakukan.

Stroke up adalah sebuah cara untuk memperpanjang jarak main piston dari TMA ke TMB menjadi lebih jauh.Yaitu dengan cara merubah posisi poros poros di kruk as ( crankshaf ) atau biasa disebut dengan istilah big end.

Jadi apabila sobat melakukan perubahan dengan melakukan pergantian stang piston dengan ukuran lebih panjang akan menaikkan stroke sebuah motor itu adalah persepsi yang salah.Karena posisi big end sendiri tidak mengalami perubahan.

6 Cara Stroke up Grand Yang wajib Sobat Ketahui


 CARA MELAKUKAN STROKE UP 

1. MENGGESER BIG END KEARAH LUAR

Cara ini bisa sobat lakukan dengan meminta bantuan dari tukang bubut yang sudah ahli dibidangnya.Karena dalam melakukan pemindahan posisi big end kearah luar diperlukan ukuran yang sama dan sangata presisi diantara keduanya.

Karena bila sobat menyerahkan kepada yang tidak ahli dibidangnya,resiko mesin mengalami getaran yang cukup hebat pasti akan terjadi.Untuk ukurannya sendiri sobat bisa melakukan konsultasi dengan mekanik atau tukang bubut yang menangani.

=> Rumus Porting Motor Yang Wajib Sobat Ketahui

2.MENGGANTI PEN STROKE 

Cara kedua yang bisa sobat lakukan,yaitu dengan melakukan pergantian di bagian pen stroke.Dengan melakukan pergantian pen stroke maks sobat tidak perlu repot-repot memindahkan posisi big end.

Untuk sekarang ini mendapatkan spare part pen stroke bisa dengan mudah sekali.Apalagi sekarang di aftermarket atau online shop banyak yang menjual produk ini.Untuk masalah merk tergantung selera sobat sendiri yang memastikannya.

=> 7 Rahasia Tips Bore Up Motor Secara Aman

3.MENGGANTI KRUK AS MOTOR LAIN

Cara ketiga ini sepertinya banyak yang dipakai oleh para mekanik hebat ditanah air.Karena ada beberapa merk motor lain yang memang memiliki stroke lebih besar.

Namun masalahnya adalah kruk as akan terpentok dengan batang pompa oli yang melintang dibagian kruk as.Jadi harus membutuhkan bagian krengkes kanan serta pompa oli dari motor cina.

Berikut adalah beberapa contohnya.

A.Menggunakan Kruk as Motor Cina Yang Mirip dengan Astrea Grand

Adanya beberapa motor cina yang memiliki basic hampir menyerupai mesin astrea grand.Namun motor cina yang sebaiknya dipilih adalah motor cina yang mempunyai kapasitas cc 110.Contohnya motor cina merk Jialing 110,Kanzen 110 dan Zongshen 110.

Ukuran kruk as motor cina ini,mempunyai ukuran 55 mm langkah atau 5,5 naik dari ukuran motor standart astrea grand 49,5 mm.

Selain itu untuk bagian bearing kruk as motor cina ini sama dengan ukuran yang dipakai pada astrea grand yakni 6304.Bahkan bisa masuk dan pas sekali termasuk as poros dudukan magnet dan gigi primernya.

Masalahnya seperti yang antonkevas utarakan diatas,bagian kruk as akan mentok mengenai di bagian pompa oli.Langkah untuk mengatasi hal seperti ini yaitu dengan melaKukan pengecilan kruk as sebesar 3 mm.Atau tetap menggunakan bagian krengkes kanan motor cina.

B.Menggunakan Kruk as Jupiter Z

Seperti yang sobat ketahui,bahwa motor yamaha jupiter z memiliki panjang 54 mm.Untuk cara ini sobat harus memikirkan lagi ,karena menggunak basic dari pabrikan motor lain,jadi krengkes kanan sebaiknya menggunakan motor cina  yang menggunakan pompa oli disebelah kanan.Hanya tinggal menggusur batang pompa oli bawaannya.

Untuk memudahkan kruk as masuk di krengkes astrea grand,lakukan pembubutan diameter luar kruk as dikurangi sekitar 5 mm.Dan juga diameter kruk as kanan kiri dijadikan ukuran 50 mm dari 52 mm.

Untuk bearing bawaan,gunakan bearing punya jupiter z 6205.Sedangkan untuk gigi primernya harus dilakukan bos adaptor agar bisa menyatu dengan poror kanan jupiter z.Lubang spi dibagian poros kruk as kiri dibikin ulang dengan mencari top sesuai dengan grand.Tambahkan balancer 700 gram didekat gigi primer supaya rpm atas tidak bergetar.

C.Menggunakan Kruk as Blade 

Kruk as Honda blade memiliki stroke  55 mm.Namun untuk pemasangannya dibutuhkan penyesuaian yang sama dibagian poros kanan dan kiri sesuai motor grand.Sehingga bearing kruk as yang digunakan tetap menggunakan bawaan grand 6205.

Sedangkan untuk punya blade memiliki bearing yang kecil 6304.Sedangkan batang pompa oli lakukan pembubutan sekitar 1,5 mm.

D.Menggunakan Kruk as Kharima/ Supra 125 atau Vega R

Honda kharisma maupun Yamaha Vega R mempunyai stroke yang lebih panjang yakni 57,9 mm.Didalam pemasangannya juga membutuhkan penyesuai agar bisa sesuai dengan motor grand.

Diameter kruk as supra 125 mempunyai ukuran 98mm,membutuhkan penyesuaian sedikit agar pas dibagian krengkes.Sedangkan untuk Vega R juga harus dirubah sedikit dari 103 mm menjadi 101 mm.Untuk krengkes kanan dan pompa oli juga dilakukan perubahan.

CARA MENGHITUNG CC

Untuk menentukan berapa kapasitas cc tergantung sobat sendiri yang menentukannya.Tetapi tetap menggunakan rumus perhitungan cc dibawah ini.

Rumus CC = 3,14 x Jari" x Jari" x L : 1000

Misal: 

Diamater pistor standart Granda : 50 mm,maka jari" = 25 mm.

Panjang Langkah L = 49,5 mm, angka 1000 merupakan perubahan mm ke cc.

Maka kapasistas cc motor grand standart:

CC = 3,14 × 25 x 25 x 49,5 : 1000

      = 97,14375  dibulatakan menjadi 97 cc

Jadi mau dibuat berapa cc tergantung sobat mau menggunakan kruk as motor apa,bisa motor cina,jupiter z maupun kharisma.

=> Daftar Ukuran Piston Lengkap Beserta Pennya

Namun bila sobat hanya ingin melakukan perubahan big end sekitar 3 mm,maka perhitungannya menjadi:

CC = 3,14 x 25 x 25 x ( 49,5 + ( 3 x 3) ) : 1000

       = 114,80625 dibulatkan menjadi 115 cc.

Perlu sobat ingat,bahwa melakukan metode stroke up membutuhkan biaya yang tidak sedikit.Jadi sebaiknya sobat berpikir lebih panjang lagi,lebih baik melakukan bore up terlebih dahulu saja.Karena biaya bore up lebih murah dibanding stroke up.

Demikian informasi mengenai 6 cara stroke up grand yang wajib sobat ketahui.Semoga informasi diatas bermanfaat bagi sobat semuanya.

Salam Gas Puoll

 


antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

No comments for "6 Cara Stroke up Grand Yang wajib Sobat Ketahui"