Widget HTML Atas

7 Rahasia Tips Bore Up Motor Secara Aman

 Banyak cara untuk menambah kecepatan motor,salah satunya adalah dengan melakukan metode bore up.Namun untuk melakukan bore up secara aman,silahkan ikuti 7 Rahasia tips bore up motor secara aman berikut ini.

Namun sebelum melakukan bore up motor alangkah baik bila sobat sudah mengetahui cara menghitung terlebih dahulu Rumus Menghitung CC motor.Tujuannya agar bore up yang sobat lakukan aman dan tidak terjadi masalah pada mesin.

7 Rahasia Tips Bore Up Motor Secara Aman


Rahasia Tips Bore Up Motor Secara Aman

1.Memperhatikan Tebal Dinding Linear Blok

Tebal dinding linear blog yang aman ( tebal ) biasanya memiliki tebal antara 3 - 5 mm.Jadi ketika sobat akan mengganti ukuran piston,jangan lupa untuk memperhatikan ukuran diameter piston yang akan dipakai.

Tujuannya agar dinding linear selalu dalam batas aman.Karena dinding linear yang tipis tidak mampu menyalurkan panas ke sekeliling dengan bagus.Akibatnya piston mengalami macet akibat dinding linear melintir.Misalnya pada bore up vario 125 menjadi 150 cc.

2.Mengatur Deck Clearance Ideal

Deck clearance merupakan ukuran jarak terdekat antara permukaan piston dengan squish head silinder.Jadi semakin rapat jaraknya maka semakin bagus,karena tidak akan membuat bahan bakar yang sudah tercampur menumpuk disitu.

Namun bila jarak deck clearance terlalu rapat sekali juga tidak baik,karena piston bisa menabrak head dan hancur.Jarak aman deck clearance untuk bore up harian adalah sekitar 0,6 - 0,8 mm.Dengan tetap memperhatikan posisi pembubutan yang harus dalam kondisi presisi.

Sedangkan untuk deck clearance dengan mengandalkan packing blok bawah,saat ini sudah dipermudah dengan adanya kertas pengatur deck clearance dengan berbagi macam ukuran 0,09 mm,0,11 mm dan 0,15 mm.

3.Membentuk Kubah Piston Serta Mengatur Jarak Ring Piston

Untuk bore up harian,biasanya mengandalkan bentuk kubah hemispere dengan tinggi dome piston 2 mm.Dengan tujuan agar insentitas bahan bakar tersebar merata ketika diledakkan.

Untuk pembentukan coakan klep pada kepala piston harus dibuat presisi dengan memiliki toleransi atau jarak bebas klep overlap 2 mm.

Sedangkan untuk jarak ring piston dengan dinding linear diusahakan tidak lebih dari 0,15 mm.Agar kompresi tetap selalu padat dan pastikan dari titik TMA sampai TMB gerak piston lancar dengan kondisi jarak ring rapat.

4.Mengatur Kompresi

Mengatur kompresi itu penting,karena dengan menghitung kompresi yang benar akan dapat menentukan jenis bahan bakar apa yang nanti akan diisikan pada tangki bbm anda.Misalnya saja kompresi motor sobat adalah 11 : 1 maka bbm yang cocok untuk digunakan adalah pertamax.

Untuk menentukan sebuah kompresi,dapat dihitung dengan menggunakan Rumus Kompresi berikut ini.

RUMUS KOMPRESI             RK = Vs / (Vk - Vb ) + 1

RK : Rasio Kompresi

Vs : Volume Silinder

Vk : Volume cairan yang terpakai

Vb : Volume drat busi ( biasanya 0,6 cc )

Contoh diketahui Vk = 11 cc,Vb = 0,6 cc dan Vs = 110 cc

Maka    RK    = Vs / ( Vk - Vb )

                         = 110 / ( 11 - 0,6 ) + 1

                         = 110 / 10,4 + 1

                        = 11,5769230769

Jadi  rasio kompresi adalah 11,5 : 1

5.Setting Ulang Karburator / injektor Lebih Basah

Demi mendapatkan hasil pembakaran yang sempurna untuk motor yang sudah dilakukan bore up,sebaiknya sobat melakukan penyettingan ulang karburator / injektor.Untuk karburator biasanya dengan menaikkan ukuran main jet lebih besar 1 tingkat.Hal ini bertujuan agar intensitas campuran bahan bakar dengan udara menjadi lebih padat sehingga daya ledak kompresi makin besar.Untuk mengetahui pas kurangnya setelan karburator,sobat bisa melihat pada ciri-ciri pembakaran pada busi motor.

6.Ganti Per Klep Dengan Per yang lebih keras

Tujuan dari mengganti per klep standart dengan per klep yang lebih keras,untuk menghindari payung klep bertabrakan dengan kepala piston.Karena per klep yang gagal mengembalikan klep dengan cepat,resiko klep bengkok bisa saja terjadi.Apalgi dengan durasi RPM motor yang sangat tinggi.

7.Gunakan Oli mesin Berkualitas

Banyak beredarnya oli palsu yang berada dipasaran,tentu harus membuat sobat ekstra hati-hati dalam memlilih oli mesin.Gunakan oli mesin yang sesuai dengan kriteria standart yang dianjurkan.Oli mesin yang bagus akan mampu memberikan daya pelumasan yang baik ketika mesin dalam kondisi digeber RPM tinggi.

Selain itu kondisi kampas kopling yang bagus akan mampu menambah akselerasi menjadi lebih responsif.Oli mesi yang bagus juga mampu menghindari selip dibagian kampas kopling.Simak Cara menjaga kampas kolping agar lebih awet.

Namun bila sobat memiliki budget yang lumanyn lebih,melakukan porting polish juga akan menambah meningkatkan kecepatan motor.Namun dengan tetap menggunakan rumus porting motor yang tepat.

  Demikian 7 rahasia tips bore up motor secara aman,semoga dengan sobat membaca artikel ini bisa menambah ilmu baru didunia perbengkelan motor.Dan tetap melakukan modifikasi dengan mengedepankan keselamatan.Semoga bermanfaat.

Salam Gas Puoll,,                      


antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

No comments for "7 Rahasia Tips Bore Up Motor Secara Aman"