Widget HTML Atas

7 Masalah Penyebab Motor Matic Susah di Nyalakan

Intensitas pemakaian motor matic yang cukup tinggi tanpa didukung perawatan yang baik,bisa juga menimbulkan berbagai macam permasalahan.Salah satu masalah sepele yang timbul yakni motor matic susah dinyalakan.Banyak faktor yang sebetulnya menjadi penyebabnya,salah satunya adalah bendig atau relay mengalami masalah.Namun untuk lebih jelasnya lagi.mari kita bahas saja berbagai macam penyebabnya.

7 Masalah Penyebab Motor Matic Susah di Nyalakan


1.LUPA MENAIKKAN STANDART SAMPING SERTA MENEKAN TUAS REM

Pada beberapa motor matic merk tertentu,fungsi standart samping selain untuk menyangga sepeda motor ketika berhenti juga terdapat switch yang akan memutus dan menyambung aliran listrik.Disamping itu juga switch rem pada kanan kiri 
handel terdapat sensor,jadi ketika akan menghidupkan motor wajib menarik tuas tersebut.

2.VOLTAGE AKI LEMAH

Aki yang bagus akan memiliki tegangan di angka 10 -12 V,apabila ternyata akai motor sobat berada di bawah 10 V berarti aki motor dalam kondisi soak.

Aki lemah sendiri bisa disebabkan banyak hal yaitu:

  • Pemasangan lampu yang tidak standart atau menggunakan watt yang lebih besar artinya tidak sesuai yang dianjurkan.
  • Lampu stop rem yang menyala terus menerus (switch rem mengalami kerusakan)
  • Kiprok mengalami kerusakan,fungsi kiprok sendiri adalah untuk mengatur pengisian arus ke aki.
Untuk lebih lengkap bisa sobat pada fungsi dan ciri-ciri kiprok mati.

3.SEKRING MENGALAMI PUTUS

Bila motor matic sobat tiba-tiba mengalami hal ini,periksa terlebih dahulu bagian sekring.Apabila ada yang putus,segera lakukan pencarian dan perbaikan dibagian yang mengalami konslet tersebut dan ganti dengan sekring yang baru.

4.RELAY STARTER RUSAK

Fungsi relay adalah sebagai pengalir dan pemutus arus dari baterai yang menuju ke terminal starter.Untuk memastikan bahwa kondisi relay ini dalam kondisi baik yaitu dengan menyambungkan 2 kabel langsung ke min (-) dan plus (+) baterai.Jika ada suara cetak-cetak berarti relay dalam kondisi bagus,namun bila tidak berarti dalam kondisi rusak.

5.KOMPRESI MOTOR MATIC RENDAH

Jika motor matic sobat susah dihidupkan pada waktu mesin dingin berarti telah terjadi masalah di bagian mesin.Cobalah sobat lakukan dengan cara mengengkolnya,apabila mesin motor matic bisa dihidupkan setelah 5x bahkan lebih berarti kompresi motor mengalami ngempos.

6.TEKANAN POMPA INJEKTOR MENURUN

Pada motor matic bersistem injeksi,menggunakan pompa injektor untuk melakukan penyemprotan bahan bakar.Apabila injketor pada motor matic dalam kondisi kotor maka membuat injektor tidak menyemprot dengan lancar.Untuk mengatasi injektor yang mampet,sobat bisa membaca artikel cara gampang mengatasi injektor yang mampet.

7.SETINGAN KARBURATOR TIDAK TEPAT

Untuk motor matic yang masih menggunakan karburator,perlu sekali untuk memperhatikan setingan karburator.Karena setingan karburator yang tidak tepat akan membuat proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan untuk melihat ciri pembakaran sempurna dapat sobat lihat pada ujung busi.Apakah berwarna putih,hitam atau berwarna merah bata.

Itulah 7 penyebab motor matic susah dinyalakan yang biasa terjadi pada umumnya.Semoga informasi diatas bisa membantu sobat,apabila mengalami kejadian seperti ini.

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "7 Masalah Penyebab Motor Matic Susah di Nyalakan"